Manfaat Mengkonsumsi Obat Cacing Sebelum Ramadhan dan Memasak Menu Berbuka Sendiri

April 19, 2021

Tidak terasa tinggal menghitung hari kita akan memasuki bulan Ramadhan. Segala persiapan untuk menjalani bulan suci ini harus kita persiapkan sebaik mungkin agar saat menjalaninya nanti kita bisa lebih fokus beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, ya setidaknya begitu menurutku. Tak terbayangkan jika misalnya tubuh kita lemas dan tak bertenaga selama bulan itu karena suatu hal. Itu tentunya bisa mengganggu proses ibadah kita. Apa lagi untuk anak-anak.

Ramadhan kali ini, kami sudah meniatkan mengajarkan Ghaza untuk berpuasa full, setelah sebelumnya di tahun kemarin dia belajar berpuasa setengah hari. Karena itu persiapan untuk Ramadhan kali ini jauh lebih hectic dibandingkan tahun lalu. Mulai dari sounding ke Ghaza mengenai puasa, menyusun daftar untuk sahur dan berbuka, membuat target hafalan doa dan surah, hingga menjaga daya tahan tubuh sekeluarga, dan mengajak semuanya untuk mengkonsumsi obat cacing.

Ghaza yang akan belajar berpuasa di tahun ini


Manfaat Mengkonsumsi Obat Cacing Menjelang Puasa

Tidak hanya anak-anak, bahkan kita pun yang telah dewasa ini bisa cacingan. Penularannya bisa dari makanan yang diolah tidak bersih atau tidak matang dengan baik. Bisa juga saat kita (terutama anak-anak sih ini) berjalan di atas tanah tanpa menggunakan alas kaki. Penularan sekeluarga semakin berpotensi besar jika kebiasaan cuci tangan tidak diamalkan.

Seperti yang kita tahu, cacingan membuat tubuh penderitanya kekurangan gizi dan lemas. Hal itu tentunya bisa mengganggu kegiatan sehari-hari, apalagi saat berpuasa.

Meskipun cacingan kadang tidak terlihat gejalanya sehingga kita tidak tahu sedang terinfeksi cacingan, tapi sebagian orang mengalami gejala; mual, muntah, diare, lemas, dan berat badan menurun. Hal itu akan terasa dua kali lebih menggangu saat kita berpuasa bukan? Bahkan mungkin puasa kita terpaksa kita batalkan jika mengalami gejala seperti itu. Bagaimana jika hal itu menimpa anak kita yang sedang berpuasa? Bunda pun menjadi dua kali lebih repot dengan berpuasa dan menjaga serta merawat si kecil. Karena itulah mengkonsumsi obat cacing sekeluarga kumasukkan ke dalam persiapanku menyambut bulan suci Ramadhan ini.

Manfaat Membuat Sendiri Hidangan Berbuka Puasa


Di bulan puasa godaan untuk jajan semakin besar hal itu didukung juga dengan banyaknya bermunculan hidangan takjil hampir disepanjang jalan dan promo tempat makan. Apa lagi aku itu sesungguhnya sangat malas berada di dapur. Padahal kita tak tahukan bagaimana kebersihan makanan yang kita beli, bagaimana dimasaknya dan dikemasnya, apakah gizinya tetap terjaga atau malah hilang saat proses memasak. Disisi lain juga, anak kita masih dalam proses tumbuh kembang, kecukupan gizinya wajib kita perhatikan.

Berangkat dari hal itu, aku pun berniat untuk membuat sendiri hidangan berbuka. Sesekali jajan bolehlah tetapi harus lebih sering membuat sendiri hidangan berbuka itu. Bunda yang rajin masak di rumah, boleh banget loh berbagai resep masakannya ke aku yang seringnya kehabisan ide di dapur. Resep-resep makanan sederhana nan bergizi yang kalian share itu sungguh sangat membantu ibu sepertiku.

Nah untuk menu berbuka di hari pertama aku sudah ada ide nih sebenarnya yakni capcay dan ayam goreng tepung yang menjadi menu favorit kami sekeluarga.Untuk takjilnya sederhana saja yakni buah apel, kurma dan segelas susu dingin. Menu sederhana ini kurasa sudah mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan vitamin kami sekeluarga. Biar proses memasaknya semakin menyenangkan dan Ghaza gak begitu bosan menunggu waktu berbuka, aku pun mengajaknya masak bersama. Hitung-hitung bonding sih dan membuatnya bersemangat menanti saat berbuka.

Nasi capcay dan ayam goreng tepung

Apel dan kurma

Oh ia aku banyak belajar dari @PanduanBunda mengenai gizi yang dibutuhkan anak seusia Ghaza. Tak hanya itu, juga ada digital activity yang bisa kita ikuti di sana. Untuk jelasnya silahkan Bunda kepoin akun IG @PanduanBunda ya...

Memasak bersama Ghaza

Minum obat cacing sekeluarga sudah, membuat daftar menu sahur dan berbuka juga sudah, sounding ke Ghaza juga sudah dari jauh-jauh hari... Tinggal fokus beribadah nih di Ramadhan nanti. Kalau Bunda bagaimana? Sudah siap menyambut Ramadhan kali ini? Sekeluarga sudah minum obat cacing?

Untuk obat cacing, kami mengkonsumsi Konvermex rutin selama 6 bulan sekali. Konvermex yang tersedia dalam bentuk tablet dan suspensi rasa jeruk dan vanilla late menjadi pilahanku untuk mencegah dan menghancurkan 6 cacing jahat yang bisa mencuri nutrisi dalam tubuh kita. Apalagi produk ini bisa dibeli secara online mau pun offline.

Untuk offline tersedia di: Kimia Farma, Century, K24, Viva Apotek, dan apotek serta toko obat terdekat.
Untuk online tersedia di: Konvermex e-store, Official store Konimex di Shopee dan Tokopedia



#MenuSehatPanduanBunda






You Might Also Like

21 Comments

  1. Eh ada obat cacing baru selain dari merk yang saya kenal selama ini!

    Obat cacing memang wajib diminum setiap 6 bulan, biar cacing2 dalam tubuh gak mengambil nutrisi makanan kita.
    Kan sayang kalo udah makan makanan bergizi tapi diserap oleh cacing. Kitanya jadi cacingan deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal lama mi juga ini merk yang ini kak 🀭

      Ia penting banget sih sebenarnya mengkonsumsi obat cacing ini.

      Delete
  2. Obat cacing emang wajib buat anak-anak setiap 6 bulan sekali ya. Aku dulu juga rutin konsumsi obat cacing. Boleh nih merk ini buat rekomendasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ya mbak. Tapi bukan cuma untuk anak sih, tapi juga untuk sekeluarga.

      Delete
  3. Jadi teringat dahulu waktu kecil, jika cacingan obatnya konvermex.

    ReplyDelete
  4. Wah, semoga tetap sehat ya untuk si buah hatinya, semoga Ghaza bisa sukses menjalankan puasanya. Oya, betul sekali kak memang anak-anak penting sekali minum obat cacing selama puasa. Anak-anak rentan terserang penyakit cacing di dalam sistem pencernaannya, karena kadang juga makan sembarang dengan teman2nya...perlu perhatian serius dari ortu juga untuk memantau gizi harian anak dan kebersihan alat makan dan makanan yang dimakan. Oya btw, obat Konvermex ini beberapa kali kami pakai untuk anak.

    ReplyDelete
  5. Emang lebih baik bikin takjil di rumah selain bersih dan sehat dan tak lupa minum obat cacing.. Puasa insyaallah aman deh

    ReplyDelete
  6. Wah, jadi diingatkan nih. Kebetulan anak2ku dan akuuuu hihi juga belum minum obat cacing lama banget hehe. Iya, aku juga pakai Konvermex ini 😊

    ReplyDelete
  7. anakku juga rutin minum obat cacing setiap enam bulan sekali. Anak-anak memang wajib mengonsumsi obat cacing agar pertumbuhannya maksimal yaa

    ReplyDelete
  8. Saya setiap keluar rumah lupa terus beli obat cacing. Padahal anak saya sempat mengeluh gatal pada an*s. Memang obat cacing ini penting sekali diberikan setiap 6 bulan sekali.

    ReplyDelete
  9. waktu anak-anak saya kecil nih, saya rutin ngasih mereka obat cacing

    hasilnya bagus lho, anak anak lebih sehat

    mungkin karena cacing yang menyedot gizi anak-anak sudah "dituntaskan" ^^

    ReplyDelete
  10. Dulu, saat anak-anak saya masih berusia di bawah 10 tahun, saya selalu memberikan obat cacing pas mereka ultah. Biar gampang ngingetnya. Supaya juga bisa memberikan obatnya secara rutin.

    ReplyDelete
  11. Anak2 memang kudu rutin konsumsi obat cacing.
    semoga senantiasa sehaatt ya
    Kuat, kuat kuaatt puasanyaaa

    ReplyDelete
  12. Memang perlu masuk dalam kotak obat, karena jangan biarkan si cacing hadir, harus dijaga dan lakukan antisipasi sehingga saat lebaran ceria dan sehat

    ReplyDelete
  13. Sehat selalu ya anaknya, memang obat cacing itu penting untuk kesehatan anak ya, selamat berpuasa dek!

    ReplyDelete
  14. Penting banget memang untuk preventif juga kuratif terkait cacingan. Kita mana tau kan kalo ada cacing masuk di tubuh kita, supaya bisa menghindari efek dari cacingan tentu penting nih minum obat cacing.

    ReplyDelete
  15. Memasak menu berbuka sendiri, selain lebih hemat biaya, pastinya juga lebih terjamin kebersihannya ya mbak. Kita tahu betul bahan-bahannya, ya karena emang buat sendiri.

    ReplyDelete
  16. Bulan puasa ini aku juga lebih sering masak sendiri. Bahkan beli makan diluar baru sekali atau dua kali saja. Untunglah anak anak oke saja dengan masakan mamanya...

    ReplyDelete
  17. Deh jadi ingatka, Ridwan belum minum obat cacing. Waktu Februari kemarin ada petugas posyandu datang ke rumah untuk timbang badan anak2, bagi vitamin dan obat cacing. Tapi na kasi hilangki obatnya Ridwan, mana cuma satu-satunya pula wkwkwkwk

    ReplyDelete
  18. Udah lama ga konsumsi obat cacing. padahal perlu juga kan ya.
    Btw, masak sendiri emang enak, apalgi klo ada kulkas nih

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus. Juga yang komennya dibaca brokenlink terpaksa saya hapus.