Mencoba Perawatan Wajah di Arayu Aesthetic Clinic

8:30 pm

Semenjak Covid-19 memasuki Indonesia, kunjunganku ke klinik kecantikan untuk mengatasi permasalahan kulitku itu ku hentikan. Ada ketakutan sendiri menemui dokter dan melakukan perawatan, jangankan ke klinik kecantikan sih, ke luar rumah pun sangat jarang. Barulah saat mendapatkan undangan untuk menghadiri opening gedung baru Arayu Aesthetic Clinic di Jl Hasanuddin no. 61 di tanggal 9 September 2020, aku memberanikan diri untuk melakukan perawatan wajah kembali.

Alasannya selain karena menganggap gedung baru berarti peralatan yang baru (yang dalam anggapanku akan steril dari virus, meskipun sebenarnya gak berkorelasi juga kalau pengunjungnya tidak patuh protokol kesehatan), juga karena telah lama teman-temanku merekomendasikan klinik Arayu ini. Aku juga sudah melihat sendiri bagaimana kondisi kulit teman-temanku yang jauh lebih baik setelah melakukan perawatan di klinik itu. Jadi ya... siapa yang tidak penasaran bukan?!!

Arayu Aesthetic Clinic


Dibuka setiap hari
Jam operasional 10.00 - 21.00

Gedung baru Arayu ini jauh lebih luas dari klinik yang berlokasi di jalan Landak sebelumnya, selain klinik kecantikan, di gedung ini juga ada Arayu Aesthetic Dental Clinic.

Saat masuk pertama kali, kita disambut dengan ruangan lobby yang luas dan adem dengan sofa-sofa empuk yang nyaman. Ada petugas yang menyapa kita dengan ramah dan menanyakan maksud kedatangan kita... Di pojok lobby terdapat produk kecantikan yang bisa kita beli tanpa resep dokter dan di pojok seberangnya terdapat arena bermain anak. Untuk klinik kecantikannya kita akan di arahkan menuju lantai tiga, tempat dimana kita akan berkonsultasi dengan dokter dan dilakukannya tindakan. Menunggu antrian bisa kita habiskan dengan melihat-lihat produk yang dijual dan anak-anak yang dibawah juga bisa anteng bermain di arena yang telah disiapkan.

Di lantai tiga, kita dipersilahkan membuka alas kaki yang kita kenakan dan menggantinya dengan sendal yang telah disediakan. Setelah melakukan registrasi kita kembali dipersilahkan menunggu antrian untuk di foto lalu menunggu lagi untuk bertemu dengan dokter. Saat aku datang, pasien yang menunggu sudah cukup banyak, padahal kami datang sekitar jam sepuluh pagi loh. Klinik Arayu ini memang sangat terkenal di Makassar sini, bahkan ada juga pasien yang datang dari luar pulau Sulawesi, karena itu ada baiknya datang tepat saat klinik buka untuk menghindari terlalu lama menunggu. Untungnya sih di ruangan ini tak hanya disediakan air mineral, tetapi juga teh dan kopi yang menemani kita menunggu.

Saat menunggu itu aku bertemu beberapa teman di sana yang juga sedang menunggu antrian untuk konsultasi dengan dokter. Selain bertukar kabar, mereka juga menceritakan telah berapa lama melakukan perawatan di sana, bahkan menunjukkan foto-foto sebelum dan sesudah melakukan perawatan, yang tentu saja semakin membuatku bergairah dengan harapan membaiknya kondisi kulitku.

Kemudia namaku dipanggil untuk mengambil foto. Foto ini penting agar perubahan kondisi kulit dari sebelum dan sesudah perawatan bisa jelas terlihat hasilnya. Pertama-tama kita dipersilahkan membersihkan makeup dan mencuci muka terlebih dahulu lalu kita pun di foto dengan memegang kertas yang bertuliskan nama dan tanggal saat itu. Sayang sekali aku malah lupa meminta datanya untuk bahan tulisanku ini... (untungnya kebiasaan setiap malamku semenjak jerawatan ini adalah mendokumentasikan kondisi kulitku, jadi aku punya foto di malam sebelum melakukan perawatan).

Setelah itu aku dipersilahkan menemui dr Arayu untuk berkonsultasi. Setiap tindakan yang dilakukan dan krim yang diresepkan disesuaikan dengan kondisi kulit kita...

Basic Peels & Arayu Giallo Laser


Setelah dr Arayu memeriksa kondisi kulitku dan dengan tabah serta sabar mendengarkan keluh kesahku, beliau pun menyarankan tindangan untuk kulitku yang sensitif dan acne prone, yakni; Basic Peels dan Giallo Laser.

Setelah keluar dari ruangan dokter kita diminta menunggu lagi, gak lama kok, hanya sekitar waktu yang cukup untuk mempersiapkan peralatan, lalu kita dipersilahkan untuk memasuki ruangan tindakan. Ruangan ini seperti bangsal rumah sakit yang sangat bersih dan dingin, dengan ranjang dan peralatan yang berjejer rapi yang dibatasi dengan gorden. Tidak perlu khawatir dengan kebersihan dan kesteril-an ruangan mau pun peralatan serta therapis dan dokter yang menangani kita. Seperti yang kalian lihat, bahkan saat konsultasi pun dokter mengenakan APD lengkap, begitupun therapisnya. Peralatan pun diperuntukkan khusus untuk setiap satu pasien saja.

Sebenarnya di lantai empat juga tersedia ruangan VIP dimana konsultasi dan tindakan dapat dilakukan di sana. Ruangannya juga lebih nyaman dan lapang tapi sayang sekali saat itu belum digunakan.

Aku pun dipersilahkan menggunakan baju yang disediakan dan berbaring, kemudian wajahku dibersihkan kembali sambil dipijat lembut. Setelah itu dilakukan Basic Peels...

Basic Peels

Peeling merupakan metode yang sangat baik untuk mempertahankan kulit agar tetap muda, merangsang regenerasi kolagen, dan elastin kulit agar tekstur kulit semakin halus, tetap sehat, dan terhindar dari jerawat. 

Peeling yang tepat dan dilakukan oleh dokter yang berkompeten tidak akan menyebabkan kulit menjadi tipis. Tetapi akan membuat kulit sehat, kenyal, bersinar, dan bebas kerutan.

Harga: 250.000,-
Durasi 30 - 45 menit

Perawatan peeling dengan mengoleskan bahan ACID kuat dipermukaan kulit yang akan menyebabkan kulit terkelupas tipis-tebal (sesuai advis dokter). Dan cocok untuk semua jenis kulit. Berfungsih untuk mematikan kuman jerawat dan mencegah tumbuhnya kembali, mengurangi kadar minyak kulit, dan membantu memperbaiki tekstur kulit.

Saat peeling dilakukan kulit wajahku terasa panas dan rada cekat-cekit, aku diberi kipas portabel untuk mengusir rasa panas itu. Lalu dokter juga mengompres mukaku dengan handuk dingin setelah peeling selesai dan beberapa kali memberitahuku bahwa kemungkinan akan terjadi pengelupasan, aku tidak diperbolehkan untuk menarik kulit yang terkelupas itu. 

Hasil dari perawatan ini dapat terlihat beberapa hari sampai minggu setelah perawatan dan tindakan ini sangat aman dan dianjurkan setiap 3-4 minggu untuk maintenance kulit sehat dan awet muda.

Kondisi wajahku setelah peeling

Giallo Laser

Setelah kulit wajahku didiamkan kemudian dioleskan anestesi... setelahnya barulah dilanjutkan dengan Giallo Laser.

Giallo Laser yang dulu dikenal sebagai Yellow Laser telah berubah nama karena tehnik dan parameter yang digunakan telah berbeda (aplikasi dan alat berbeda). Laser ini adalah Laser Diode dengan panjang gelombang 577 nm yang sangat aman.

Dibagi menjadi 3 menu perawatan berdasarkan jumlah layer shoot laser, setinggan energi, dan jumlah total shoot yang digunakan;
✨Giallo Basic IDR 1.200.000,-
✨Giallo Clear IDR 1.500.000,-
✨Giallo Advance IDR 2.000.000

Durasi 30 - 60 menit (tergantung berat kasus vaskularnya)

Laser ini berfungsih membantu masalah kulit terutama untuk kulit yang:
  • Mudah merah (Sensitive skin).
  • Mengurangi urat-urat halus.
  • Mengurangi jerawat.
  • Mengurangi bekas jerawat merah (Eritem Post Acne).
  • Mengatasi wajah kusam karena terlihat merah.
  • Menghilangkan Freckles/Lentigo (Darkspot) dalam 1 kali pengerjaan.
  • Mencerahkan kulit.
Mataku ditutup dan gel dioleskan diseluruh wajahku kemudian laser pun dilakukan. Sensasinya lumayan cekat-cekit, dan hal ini cukup membuat syok, terutama di daerah wajah yang berambut. Tetapi masih dalam tahap bisa ditahan sih. Saking terlenanya menikmati rasa sakit aku sampai lupa waktu dan tak lagi mengingat bagaimana proses laser ini selengkapnya. Ada dua tahapan laser seingatku, pertama yang kotak dan terakhir seperti pena yang lasernya lebih terfokus dan lebih nyelekit juga rasanya heheheh...

Untungnya dokter yang me-laserku sangat ramah, setiap memulai tindakan dia mengucapkan basmalah dan selalu menanyaiku apakah sakit dan memintaku bersabar merasakannya. Akhirnya aku mengerti perkataan orang-orang bahwa cantik itu menyakitkan sayang... LOL 🤣

Hasil laser ini sendiri baru akan terlihat setelah beberapa hari sampai beberapa minggu dan hasil terbaik setelah 3 minggu pasca perawatan.

Setelah itu wajahku dibersihkan dan dioleskan antibiotik dan diberitahu bahwa setelah dua jam barulah bisa mencuci muka. Saat itu kondisi wajahku terlihat sangat merah, seperti kepiting rebus. Tetapi memang seperti itu reaksinya di awal lalu kemerahannya pun mereda setelah beberapa jam. Kemudian aku diarahkan kembali ke lobby utama untuk menebus resep.

Memerah setelah laser

Kondisi beberapa jam kemudian

Setelah dua minggu.

Kemerahannya itu mereda beberapa jam kemudian, mukaku terlihat sangat licin seperti telah disetrika. Keesokan harinya bintik-bintik hitam terlihat sangat jelas dan terdapat berbagai bekas luka akibat jerawat yang mengering. Terlihat sangat mengerikan sebenarnya tetapi karena telah diberitahu sebelumnya tentang prosesnya, aku pun tidak terlalu khawatir. Di hari ketiga kulitku mulai mengelupas dan terasa gatal, hal itu berlangsung hingga seminggu kemudian.... Terkelupasnya itu tipis dan tidak terasa sakit sama sekali, hanya terasa gatal dan cukup membuatku harus banyak menahan kesabaran agar tidak menggaruknya.

Lama kelamaan jerawatku menghilang, tetapi memang ada juga jerawat lainnya yang tumbuh, karena ya... kembali lagi kukatakan masalah jerawatku ini kompleks karena berhubungan dengan hormonal. Kulitku terlihat jauh lebih cerah dan kembali mendekati warna kulitku sebelumnya. Tau gak sih kalau tanganku itu jauh lebih cerah dari kulit mukaku? Entah sejak kapan kulit wajahku itu memerah dan menggelap, tetapi kini mulai kembali cerah kembali...

Kalian bisa melihat perbedaannya sendiri...


You Might Also Like

12 komentar

  1. Wuih, langsung nyata hasilnya ya.
    Itulah keunggulannya Arayu klinik. Masalah kulit wajah apapun bisa ditangani.

    ReplyDelete
  2. rindu ku juga ke dr. ayu, dokter andalanku ini dari tahun 2017 terbaik memang perawatannya, ndak sia-sia

    ReplyDelete
  3. Itulah kenapa suami harus pintar cari uang.
    Karena biaya perawatan itu mihil. Ahahaha

    ReplyDelete
  4. No pain, no gain. Right? Hahaha...
    Segala sesuatunya pasti harus ada usaha ya. Termasuk juga merawat wajah.

    Klinik Arayu ini top banget deh. Gak cuman di Makassar, di Jakarta juga ada lho.

    ReplyDelete
  5. Setelah peeling kulit-kulit yang mati terangkat semua ya Mbak. Yang tinggal kulit muda yang lebih sehat. Dan hasilnya emang nyata ya. Setelah peeling jerawat jadi berkurang dan kulit lebih cemerlang

    ReplyDelete
  6. Waaah iyaaa much better banget mba, kliatan hasilnya :D. GPP lah kalo memang sepadan Ama yg didapet, harga segitu worth it banget :D. Krn masalah kulit itu beda2 setiap orang. Aku pun sensi bener kulitnya. Tp memang blm prnh coba ke klinik kecantikan gini sih. Pengen juga kadang2, apalagi umur udah ampir kepala 4 :D. Perawatan hrs makin kenceng :p

    ReplyDelete
  7. tempatnya keliatan cozy banget ya mba, jadi pengen ikutan ke salon sana deh, kayaknya nyaman banget dilakukan perawatan, apalagi 6 bulan mau 7 bulan ga kemana-mana niy duuhh semoga semuanya segera membaik deh, setelah perawatan keliatan bangte ya mba hasilnya, wah senangnya pastinya

    ReplyDelete
  8. Gilaaaa, tempatnya bagus bangeeeet. Lihat foto2nya aja bikin betah, apalagi kalo treatment di sana, bisa-bisa aku lupa pulang tuh. Hahaha.

    ReplyDelete
  9. Terapisnya jg pake APD lengkap ya jadi tenang mau perawatan disitu

    ReplyDelete
  10. Semua terapisnya pakai APD jadi tenang ya mau perawatan disitu, kayaknya nyaman juga fasilitasnya

    ReplyDelete
  11. Senangnya perawatan di klinik yang hasilnya perlahan tapi memuaskan.
    Setelah ini bakal ada perawatan lanjutannya kah?
    Biayanya cukup terjangkauu....((blinkblink))

    ReplyDelete
  12. Saya juga treatmentx di Arayu. Kemarin nyoba laser co2 dan yellow. Hasilnya memuaskan.

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus. Juga yang komennya dibaca brokenlink terpaksa saya hapus.