Cara Membuat Surat Bebas Corona Lewat Rapid Test

7:19 pm

Tak terasa 2020 sudah memasuki pertengahan tahun saja. Semoga hal-hal baik berdatangan, dan segala duka ini berakhir... Apa kabar? Masihkah kalian waras untuk tetap di rumah? Sudahkah siap untuk wacana NewNormal? Aku sendiri sebenarnya sudah penat banget di rumah, tapi masih cukup sadar diri untuk tidak macam-macam dulu dan membetahkan diri di rumah jika memang tak ada hal yang mendesak. Selain takut menjadi carrier dan menularkan ke keluarga, aku juga berusaha menghormati para pekerja medis yang tengah berjuang di garis terdepan. 

Gambar dari Pinterest


Di Indonesia sendiri, kasus positif COVID ini masih terus bertambah setiap harinya dan dalam rangka menekan angka pasien positif virus corona, pemerintah Indonesia gencar melakukan rapid test sebagai screening awal pada penderita COVID-19. Rapid test dapat dilakukan di berbagai pusat layanan kesehatan, baik puskesmas atau rumah sakit negeri maupun swasta. Meski hasil tes tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama, namun tes yang menggunakan sampel darah pasien ini cukup membantu dalam meningkatkan penanganan kasus virus corona.

Langkah Untuk Membuat Surat Bebas Corona Menggunakan Rapid Test

Pada rapid test, pasien akan diminta untuk memberikan sampel darah. Sampel ini akan diperiksa dengan rapid test kit untuk mendeteksi adanya immunoglobulin, yaitu suatu antibodi yang akan terbentuk ketika tubuh mengalami infeksi, seperti infeksi virus corona misalnya.

Pemeriksaan ini akan menunjukkan apakah pasien ada immunoglobulin dalam tubuh pasien atau tidak. Namun, rapid test tidak bisa menjamin seseorang terkena paparan virus corona meski hasilnya positif. Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut, yaitu melalui PCR Test atau swab test.

Sebagai aplikasi layanan kesehatan terbesar yang ada di Indonesia, Halodoc juga turut serta untuk membantu pemerintah dalam menekan peningkatan kasus positif COVID-19. Halodoc menghadirkan layanan rapid test untuk masyarakat yang berlokasi di wilayah Jabodetabek.

Dalam hal ini, Halodoc telah bermitra dengan beberapa rumah sakit yang menerima pasien untuk rapid test. Lantas, bagaimana cara untuk membuat surat bebas corona menggunakan rapid test? Berikut langkah-langkahnya:

1. Download Aplikasi Halodoc

Jika belum memiliki aplikasi Halodoc di smartphone, maka segera download dan instal terlebih dahulu melalui Google Play Store. Jika sudah berhasil diinstal, maka segera buat akun Halodoc sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Jika sebelumnya sudah memiliki aplikasi ini, maka langsung saja buka aplikasi Halodoc tersebut.

2. Tentukan Lokasi dan Waktu Test

Setelah masuk ke halaman pertama aplikasi Halodoc, cari menu yang bertuliskan “COVID-19 Test”. Setelah itu, pasien atau pengguna akan diminta untuk memilih waktu beserta lokasi rapid test. Sebaiknya, pilih lokasi rumah sakit yang lokasinya terdekat dengan tempat tinggal saja.

3. Unggah Data Diri

Setelah mengisi waktu dan tempat untuk melakukan rapid test, pasien juga akan diminta untuk mengunggah scan atau foto informasi diri. Jenis data diri untuk orang dewasa adalah KTP. Sementara untuk anak di bawah umur cukup menggunakan Kartu Keluarga saja.

4. Lakukan Pemesanan dan Pembayaran

Jika semua data diri yang diminta sudah diunggah dan disetujui, berikutnya adalah melakukan pemesanan rapid test sekaligus melakukan pembayaran. Untuk pembayaran, biaya yang harus dikeluarkan tergantung dari penyediaan alat medis dari rumah sakit serta biaya dari jasa tenaga medis itu sendiri. Setelah berhasil menyelesaikan sejumlah pembayaran, maka pasien akan mendapatkan SMS konfirmasi terkait jadwal tes.

5. Datang ke Rumah Sakit untuk Melakukan Rapid Test

Pastikan untuk datang ke rumah sakit tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Selama perjalanan menuju lokasi rumah sakit, pastikan untuk selalu menggunakan masker. Jangan lupa untuk membawa KTP atau KK serta SMS konfirmasi yang telah diperoleh. Pemeriksaan ini akan dilakukan di Pos 1. Sementara itu, proses pengambilan sampel darah pasien serta penamaan rapid test kit akan dilakukan pada pos 2.

Jika serangkaian tes yang dilakukan oleh tenaga medis kepada pasien sudah selesai, maka pasien akan langsung diminta segera meninggalkan fasilitas atau area test. Pasien tidak perlu menunggu hasil tes di rumah sakit yang mungkin membutuhkan waktu tidak sedikit mengingat banyaknya pasien lain yang melakukan pemeriksaan yang sama.

Cukup menunggu di rumah saja, maka nantinya akan ada notifikasi atau SMS dari Halodoc lewat smartphone. Sangat praktis bukan? Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh layanan dan fasilitas Halodoc, maka pasien tidak perlu pulang-pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan dan pengambilan hasil test. Penting untuk diketahui bahwa rapid test lewat Halodoc dijamin aman.


Stay safe dan healthy semuanya 💕

You Might Also Like

43 komentar

  1. Mantaap mbaak saya 3 hari yg lalu jugaa baru aja rapid test dan pesan lewat halodoc. Praktis dan mudah bangeet prosesnyaa, alhamdulillah 😊😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya Mba.

      Delete
  2. Saya kmrn rapid test free dkomplwks rumah, negatif hasilnya. Cmn klo halodoc sy ud 2x pake jasa konsultasi plus nebus resep obat. Praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di kompleksnya zona merah ya Mbak? Alhamdullih hasilnya negatif. Di sini malah ada yang menolak rapid test gratis, entah mengapa...

      Delete
  3. Infonya bermanfaat mbak say.. ...
    Ini perlu nih untuk suami yang hari ini udah mulai WFO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba, semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat ya.

      Delete
  4. Wah informasinya sangat bermafaat mbak, aku share ya, kebetulan ada teman yg nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia silahkan Mba, terimakasih, semoga bermanfaat.

      Delete
  5. Makasih infonya. Nanti kl mau bepergian, bisa buat via halodoc ini sptnya gampang 🙏😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, terimakasih juga sudah mampir.

      Delete
  6. Wah, ternyata daftarnya bisa lewat Halodoc. Kadang Surat bebas corona ini diperlukan buat berbagai kepentingan. Trims udahn sharing, Mbak Dwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Mbak, jadi lumayan lah gak perlu antri. Betul banget saat ingin bepergian misalnya, meskipun jika dari dan ingin ke zona merah diperlukan test swap, rapid test ini tak berlaku lagi.

      Delete
  7. Ternyata bisa ya daftar rapid test pakai aplikasi. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mba, tapi tetap untuk testnya harus mengunjungi rumah sakit yang dipilih sih.

      Delete
  8. Pas banget mbakku lagi butuh surat keterangan bebas covid ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah 😊 Bisa kebetulan gitu ya Mba

      Delete
  9. ntar suratnya dikirim via email gt ya mba? sooo ntr klo mau pergi kita tinggla tunjukin email hasil lab kita itu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak bisa begini. Atau diprint hasilnya juga bisa

      Delete
  10. Aku belum tes nih. Masih maju mundur perlu apa gak ya. Males juga ke RS kalau gak perlu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ingin bepergian dan tidak menunjukkan gejala flu berat aku sarankan gak usah sih Mba. Selain resiko kalau ke rumah sakit, juga harganya lumayan hahaha...

      Delete
  11. Aku baru tahu bisa rapid tes bisa lewat halodoc. Lebih praktis ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftarnya yang lewat halodoc Mba, tesnya tetap kudu ke rumah sakit sih. Dan ya jauh lebih praktis jadinya

      Delete
  12. Kalau tidak berkepentingan sama sekali saya lebih baik memilih di rumah saja sih. Nambah ilmu dan wawasan juga nih, kalau udah dapat informasi begini besok² kalau mau jalan kan lebih mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ia Mba, mending di rumah aja hehehe...

      Delete
  13. Biayanya berapa kalo rapid test mandiri seperti ini? Ditambah lanjutan PCR/Swab test? Aku yang kudet mungkin ya karena nerima info yang selalu simpang siur terkait masalah biaya tes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Rapid Test mandiri sekitaran 300rbu Mbak. Kalau reactif positif, harus di swap lagi. Untuk swap mandiri terakhir yang kudengar 1,5jta?

      Delete
  14. Iya katanya kalau mau naik pesawat harus rapid test ya. Harganya di halodoc kira-kira berapa ya Kak? mungkin suatu saat harus bepergian yang mengharuskan rapid test

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kak jika akan bepergian harus rapid test dulu, bahkan untuk atau dari daerah zona merah harus swab. Harganya berubah sih Mbak tergantung rumah sakitnya, sekitaran 300an ribu

      Delete
  15. Sebenernya mahal nggak sih Mbak rapid test mandiri begini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung orangnya sih Mbak, kalau aku sendiri merasa lumayan mahal hahahaha

      Delete
  16. Wow, ternyata bisa bikin dan buat janji via Halodoc yaaaa. Waaah, informasi menarik ini buat orang tua dan mertua saya kalo kalo nanti ada kondisi yg mengharuskan mereka ke Surabaya. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, terimakasih juga sudah mampir.

      Delete
  17. JAdi mudah dan simple kalau mau rapid test ya mbak, tinggal daftar lewat aplikasi halodoc saja. jadi gak perlu ngatri lama-alama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Mbak, jadi gak perlu lama-lama juga di rumah sakitnya

      Delete
  18. Asik ini jadi lebih memudahkan nih lewat aplikasi halodoc, buat periksakan diri dengan rapid tes pun bisa memudahkan. Simpan dulu nih.

    ReplyDelete
  19. owh, begitu ya caranya...jadi dapat informasi bagus nih. makasi ya...

    ReplyDelete
  20. Bisa daftar rapid test lewat Halodoc ternyata. Wah teknologi semakin memudahlam yah. Kita ga perlu khawatir mesti antri keluar rumah. Mudah ,simple.dan aman pastinya

    ReplyDelete
  21. Wah, smkin canggih. Bisa melalui aplikasi halodoc sblm memutuskn untuk ke RS y kak. Terima kasih Kak ^^

    ReplyDelete
  22. Lebih mudah dan gampang mendapatkan surat bebas corona. Enaknya dengan memanfaatkan teknologi aplikasi halodoc

    ReplyDelete
  23. Ini sama kayak cerita teman yang di Jerman, proses rapid test-nya juga pakai aplikasi untuk pesan tempat.

    Anyway, hasilnya apa bisa dipakai untuk izin terbang? Mengingat hasilnya cuma via SMS.

    ReplyDelete
  24. Ooh... ternyata bisa ya daftar rapid test lewat aplikasi gini.

    Jadi kita tinggal nunggu pemberitahuan gitu melalui sms ya. Enak lah, ngantrinya di rumah lebih aman.

    ReplyDelete
  25. terima kasih, akhirnya ada informasi soal rapid test ini. btw, kisaran biaya berapa yah, kak?

    ReplyDelete
  26. Aku juga pengguna aplikasi Halodoc. Sejauh ini hanya dipakai untuk konsultasi kesehatan aja misalkan ada keluhan. Kayaknya nggak nyaman harus datang ke fasilitas kesehatan kalau masih bisa konsultasi online dulu.

    Beberapa kali lihat juga sih tersedia layanan rapid test di sana. Semakin kesini, fitur di Halodoc aku lihat semakin komplit, ya.

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus. Juga yang komennya dibaca brokenlink terpaksa saya hapus.