Jerawat, dan Bagaimana Aku Mengatasinya

9:00 pm

Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, "Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya."

Bagaimana menurut kalian? Pernahkah kalian jerawatan juga? Perawatan untuk kulit berjerawat apa saja yang telah kalian lakukan untuk mengatasinya?



Awal 2018, seperti yang telah sering kuceritakan di sini, adalah awal dimana kondisi kulit wajahku memburuk. Kusam, kering, dan jerawatan. Lalu di awal 2019 ditambah lagi dengan eksimku yang kambuh, yang membuat wajahku, terutama mata, hidung, dan bibirku bengkak berhari-hari. Setelah itu kondisi kulitku semakin sensitif saja dan jerawat pun beranak-pinak tak terkendali. Hal itu membuatku sangat berhati-hati untuk menggunakan skincare karena jika tak cocok malah akan membuat jerawat di wajahku semakin meradang saja. Sangat serba salah rasanya...


Kondisi mukaku di awal 2019, saat eksimku kambuh

Upayaku Mengatasi Kulit  Berjerawat


Karena hal itu di bulan Juli yang lalu akhirnya aku mendatangi Erha Apothecary untuk berkonsultasi mengenai permasalahan kulitku ini. Dokter yang kutemui saat itu menyarankanku untuk melakukan treatment Blue Light Therapy dan meresepkanku serangkaian skincare yang cocok untuk permasalahan kulitku. Untuk cerita lengkapnya bisa kalian baca di sini, Treatment di Erha Apothecary Untuk Kulit Wajah Bebas Jerawat.

Semenjak saat itu aku pun rutin melakukan perawatan di Erha Clinic. Perlahan-lahan kondisi kulitku pun membaik; jerawat semakin jarang muncul dan kulitku tidak lagi terlalu kering, juga semakin cerah saja. Dan minggu lalu saat akan treatment lagi, dokter mengatakan bahwa ini kali terakhirku melakukan treatment Blue Light Therapy di Erha Clinic tersebut. Kenapa? Karena tak ada lagi jerawat aktif di wajahku, bulan depan aku akan move on dan melakukan treatment selanjutnya, yakni peeling khusus untuk kulit berjerawat.

Kondisi kulitku saat pertama kali kali datang ke Erha

Kondisi kulitku seminggu yang lalu

ERHA Apothecary Nipah Mall



Jika awalnya aku melakukan treatment di Erha Apothecary Mall Ratu Indah, kini aku lebih seringnya konsultasi dan treatment di Erha Apothecary Nipah Mall yang lokasinya memang jauh lebih dekat dari rumahku. Sama dengan Erha Apothecary Mall Ratu Indah, di Erha Apothecary Nipah Mall ini, ruang tunggunya nyaman, dan dokter serta therapisnya ramah-ramah. Memang hal itu salah satu alasan mengapa aku akhirnya memutuskan untuk datang lagi dan lagi ke Erha untuk melakukan perawatan kulitku.

Asik melihat-lihat skincare


Menunggu sambil melihat rupa-rupa treatment yang ada di Erha Clinic

Sebagai full time mom, melakukan treatment di Erha adalah sebuah hadiah yang kuberikan untuk diriku sendiri. Caraku untuk memanjakan diri sendiri ditengah kesibukan urusan rumah tangga yang rasanya tak ada akhirnya. Karena itu juga aku sangat menghargai ruangan tunggunya yang nyaman, di mana terdapat sofa dan katalog treatment apa saja yang disediakan Erha Skin, Hair, and Laser Expert ini. Perlakukan resepsionis, dokter, dan therapis yang ramah dan siap sedia menjawab pertanyaanku itu juga membuatku merasa spesial dan dihargai. 

Konsultasi bersama dr Dewi

Blue Light Therapy


Treatment ini adalah advanced treatment yang menggunakan paparan sinar biru, dengan panjang gelombang 415nm yang membantu mengatasi acne. Sinar biru itu akan berinteraksi dengan bakteri P.acnes (bakteri penyebab jerawat) dan menyebabkan jerawat itu mati, sehingga jerawat mereda. Treatment ini hampir tanpa efek samping sehingga paling aman untuk kulit sensitif sepertiku. Apalagi, treatment ini juga sangat cocok untuk meredakan, mengatasi, dan mencegah jerawat pada kulit yang kering.

Ruang treatment yang juga super nyaman

Alat Blue Light Therapy

Seperti biasa, aku dipersilahkan berbaring dan wajahku dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian setelah wajahku bersih, bibirku diberi pelembab tebal-tebal, hal ini dilakukan agar bibirku tidak kering saat proses treatment dilakukan. Mataku lalu ditutup, dan proses treatment pun dilakukan.




Tidak seperti saat pertama melakukan treatment ini, kulitku yang disinari tidak lagi terasa gatal, cuma terasa hangat yang sama sekali tidak mengganggu. Tiba-tiba treatmentnya sudah selesai saja... Aku sempat tertidur sejenak malah, hehehe...

Oh ia treatment ini berlangsung kurang lebih 30 menit dan untuk hasil yang lebih maksimal baiknya dilakukan kurang lebih 4x atau sesuai saran dokter.

Kalian sudah lihat perbedaan besar wajahku saat pertama kali konsultasi di Erha dan seminggu yang lalu bukan?! Sebagai yang sudah hampir 2 tahun sedih banget dengan wajah yang berjerawat, aku tentu saja sangat senang dengan kondisi kulitku saat ini. Jerawat sudah sangat jarang munculnya, kalau pun ada biasanya di masa period-ku saja, itu pun tak berapa lama kemudian akan mengering kembali. Harapannya sih kulitku seiring waktu akan kembali mulus seperti sedia kala...

Sebagai yang sudah merasakan manfaat dari treatment Blue Light Therapy ini, aku sangat merekomendasikan untuk kalian yang memiliki masalah jerawat sepertiku. Aku super bahagia saat membandingkan fotoku saat pertama kali kali mendatangi Erha dan seminggu yang lalu. Sangat bahagianya sampai ingin memberitahukan kesemua orang kalau Erha ini keren abis!


ERHA Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Mouisturizer


Selain treatment Blue Light Therapy, aku juga menggunakan secara rutin skincare yang telah dokter resepkan kepadaku. Keduanya bekerja dengan baik untuk mengatasi permasalah kulitku yang tidak hanya berjerawat tetapi juga kering, sensitif, kusam, dan memiliki riwayat atopik ini.

Sebenarnya Erha sendiri telah memiliki produk skincare dan haircare yang bisa dibeli tanpa resep dokter di Erha Apothecary atau ecommerce yang bekerjasama dengan Erha. Salah satu seri produk skincarenya adalah ERHA Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Mouisturizer, yang khusus mengatasi kulit jerawat. Tapi jika kamu memiliki permasalahan kulit yang berat memang lebih baik berkonsultasi dengan dokter di Erha Clinic dan memakai skincare yang diresepkan.




Di tulisan sebelumnya aku mengatakan awalnya itu aku agak ragu untuk melakukan treatment di Erha Apothecary karena dari luar klinik ini terlihat sangat mewah, aku takutnya harganya tidak sesuai dengan isi dompetku. Ternyata saat memberanikan diri ke sana, aku mendapati harga skincare dan treatmennya sangat terjangkau. Bisalah untuk full mom sepertiku menyisakan uang untuk merawat diri dan melakukan perawatan di sana.

Bersama dr Dewi

Untuk info lebih lengkapnya kalian bisa melihatnya di:
Instagram: @erha.dermatology

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.