Peluncuran Modul Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia

7:22 pm


Dari pagi hujan turun dengan deras, untunglah mendekati sore hari hujan mereda lalu berhenti. Biasanya saat sore hari, aku mengajak Ghaza keliling kompleks. Menyalurkan energinya dengan berlari-larian sungguh cara yang ampuh untuk membuatnya tidak begadang.

Karena hujan baru saja berhenti, banyak terdapat genangan air di jalan. Saat itu Ghaza melirikku dengan muka jahilnya sembari mengangkat satu kakinya ke dalam genangan air tersebut. "Mami?" Tanyanya. "Iya boleh, main air mi, tapi pas sampai di rumah mandi nah." Dia pun mencipratkan genangan air itu dengan kedua kakinya sambil tertawa cekikikan.



Aku memang bukan tipe orangtua yang banyak larangan, selama itu tidak menyakiti seseorang atau membahayakan nyawa, aku akan membiarkan Ghaza bereksplorasi. Aku meyakini dengan mencoba berbagai hal baru rasa percaya dirinya akan berkembang dengan baik. Aku juga punya banyak kenangan indah sewaktu kecil, dimana saat itu orangtuaku pun jarang membatasiku bereksplorasi. Karenanya aku juga ingin Ghaza merasakan masa-masa bahagia sewaktu ku kecil itu.

"Dukungan cinta orang tua, stimulasi sesuai usia, serta nutrisi yang tepat untuk melindungi Si Kecil saat bereksplorasi, menjadi kombinasi terbaik agar Si Kecil menjadi 'Anak Unggul Indonesia' yang memiliki lima potensi karakter penting, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli, dan Pemimpin; karakter yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang bisa bersaing di dunia global."
_Modul #IyaBoleh untuk Anak Unggul Indonesia
Bagaimana dengan Bunda? Apakah juga sering mengatakan "Iya boleh" kepada buah hati?

Sabtu 6 April 2019, kami sekeluarga kembali menghadiri acara DANCOW Advanced Exelnutri+ yang kali ini merayakan kesuksesan gerakan "1 juta iya boleh" dengan meluncurkan Modul "Iya Boleh Untuk Anak Unggul Indonesia". Ghaza yang susah banget bangun pagi terpaksa aku bangunkan dan gendong menuju kamar mandi. Sudah bisa ditebak moodnya menjadi super buruk saat itu.

Sesampai di tempat dilaksanakannya acara, aku langsung melakukan registrasi. Kami diberi dos kue dan sebuah buku saat itu. Karena mood Ghaza masih buruk dia pun cuma mau duduk dalam pelukkanku, aku pun akhirnya membuka-buka buku itu yang awalnya kupikir adalah notes lagi, ternyata isinya sangat menarik dan membuatku sangat tersentuh. Ini hadiah terbaik yang diberikan Dancow kepadaku selama menghadiri event-eventnya.


Setelah menyantap roti yang ada di dalam dos, mood Ghaza pun membaik, dia mulai asik bermain dengan Ayahnya dan sesekali bermain dengan anak-anak yang lain. Aku pun bisa menyapa sesama blogger dan mulai mengambil gambar.




Acara pun dimulai...

Megawati Irawan, Brand Executive DANCOW Advanced Exelnutri+ mengatakan, "Sebagai mitra terpercaya orang tua, DANCOW Advanced Exelnutri+ senantiasa mengedukasi dan mendorong para orang tua Indonesia untuk berkata 'Iya Boleh' demi mendukung Si Kecil bebas bereksplorasi dan mengembangkan potensi mereka. Melanjutkan gerakan '1 Juta Iya Boleh' yang diluncurkan Februari 2019 lalu, DANCOW Advanced Exelnutri+ meluncurkan modul 'Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia'."

Iyap, kalau kalian sudah menebak, buku yang diberikan saat registrasi tadi adalah modul tersebut. Untuk kalian yang juga ingin membacanya, modul ini tersedia dan dapat diakses serta diunduh gratis melalui laman Dancow Parenting Center. Hal ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi orangtua di seluruh Indonesia dan memberi dampak positif bagi sebanyak mungkin anak Indonesia. Dengan modul ini juga diharapkan para orangtua Indonesia dapat terus mendorong Si Kecil berkembang menjadi Anak Unggul Indonesia dengan lima karakteristik kunci, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli, dan memiliki jiwa Pemimpin.


Drs. Hendra Jamal, M.Si, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia mengatakan bahwa orangtua adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter generasi mendatang. Untuk itu kami menyambut baik inisiatif pembuatan modul "Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia" sebagai panduan pengasuhan Si Kecil yang dilengkapi dengan tips-tips yang bisa diperaktekkan orangtua dalam kehidupan sehari-hari.

Modul ini juga diharapkan untuk turut berperan dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045. Diperkirakan dalam periode tahun 2020-2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi di mana 70% penduduk Indonesia berusia produktif (15-64 tahun), sehingga pada tahun 2045 Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu dari tujuh kekuatan ekonomi terbesar dunia.

"Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila kebutuhan dan pemenuhan emosional selama masa perkembangan anak dapat terpenuhi, maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta memiliki karakteristik Anak Unggul Indonesia, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli dan memiliki jiwa Pemimpin," tambah dr. Rinvil Renaldi, Sp.KJ(K), M.Kes, Psikiater anak dan remaja.


Dokter anak, Dr . Setia Budi Salekede, Sp.A(K) mengatakan bahwa ketika anak bereksplorasi, ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu, seperti infeksi saluran pernapasan dan diare. Hasil riset menunjukkan 41,9% anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernapasan dan 12,2% anak masih sering terkena diare. Oleh karena itu anak harus mendapatkan nutrisi dan perlindungan yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan asupan probiotik seperti Lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan resiko infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.



Modul "Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia" ini diluncurkan secara bersamaan di 3 kota, yakni Makassar, Jakarta, dan Yogyakarta. Peluncurannya pun dilaksanakan secara streaming loh ! Modul ini dibuat sebagai wujud apresiasi Dancow terhadap orangtua Indonesia yang telah ikut serta mendukung Gerakan 1 Juta Iya Boleh. Dancow pun berharap modul ini dapat membantu orangtua dalam mengasuh Si Kecil, memenuhi asupan nutrisinya, memberikan teladan prilaku yang positif, dan semakin sering mengatakan "Iya Boleh" untuk mendukung eksplorasi dan keingintahuan Si Kecil yang akan membuatnya terus belajar dan tumbuh berkembang menjadi Anak Unggul Indonesia.


Terimakasih Dancow ❣️

You Might Also Like

14 komentar

  1. Saya juga suka modulnya, informasinya lengkap. Udah gitu ditulis juga sama oakarnya masing masing jadi ga ada tuh akan salah baca buku dan lain halnya. Thankyou dancow

    ReplyDelete
  2. senang sekali bisa ketemu dengan Ghaza dan Mamanya di acara ini 😊 salut juga dengan inisiatif Dancow memantapkan Gerakan Iya Boleh dengan menghadirkan sebuah Modul Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia.. makin semangat deh mendukung keinginan anak untuk bereksplorasi :)

    ReplyDelete
  3. Umuran Gaza kek gini fase-fase aktifnya memang yah, jadi sama semua hal dia penasaran selalu mau coba ini itu :D

    ReplyDelete
  4. asyikk kece2 fotonya mom Ghaza
    saya gang ga ada fotoku wkwkwk ga bawa suami buat bantu fototin .
    btw modul dancow keren juga ya sudah sy baca2 kemarin

    ReplyDelete
  5. Sama kayak Ghaza, saya dulu dikasih bebas main di mana saja. Tapi kalau pulang sampai nangis atau pulang telat malah ditambahi di rumah. Sepertinya dancow lagi masif nih buat event buat anak-anak kecil, soalnya beberapa minggu yang lalu saya lihat event serupa di Jogja dan cukup banyak juga anak-anak dan orang tuanya yang ikut.

    ReplyDelete
  6. iya, boleh.. Ghaza boleh melakukan apa pun. semoga Ghaza tumbuh jadi lelaki yang penuh percaya diri dan penuh tanggung jawab.

    ReplyDelete
  7. Aaya juga akui sih bahwa Sancow memang dipercaya Ibu Ibu sudah dari dulu. Aku ingat sekali slogan "Aku Anak Dancow" saat masih kecil dulu. Hihi. Tapi saya kurang yakin apa saya anak dancow apa tidak. Haha.

    ReplyDelete
  8. Waaah menarik ini Dwi. Tadi saya mau tanya bagaimana caranya dapat modulnya, apakah berbayar atau tidak. Eh rupanya gratis, ya. Keren Dancow, mengedukasi para orang tua seindonesia.

    ReplyDelete
  9. wah ternyata susu dancow banyak juga peminatnya ,dilihat dari foto-fotonya saja kayaknya menarik, dan saya juga suka minum susu dancow. tetapi bisa untuk dewasa juga?

    ReplyDelete
  10. Wah penasaran sama tampilan bukunya seperti apa kak. Selama ini saya kira cuma guru di sekolah yang pakai modul, ternyata parenting juga ya kak. Keren banget Dancow bikin acara kyak gini.

    ReplyDelete
  11. Ghaza keren yaa...seru ikutan Dancow camp

    ReplyDelete
  12. Iya boleh lah..saya yes for dancow.. Susu yang sangat bernutrisi buat anak-anak. .dari segi pertumbuhan anak sangat mendukung skali dancow ini.. Momentnya juga di live streaming. .Luar biasa. .Apalagi Makassar salah satu kota yang terpilih. .

    ReplyDelete
  13. Keren sekali bisa hadir di event yang diselenggarakan oleh Dancow ini. Baru tahu juga gerakan aksi 1 juta iya boleh ini ada modulnya ya. Mau unduh ah di laman dancow.

    ReplyDelete
  14. Modul "Iya Boleh Untuk Anak Unggul Indonesia" merupakan salah satu strategi marketing Dancow yg cukup cerdas, apalagi sekrg org tua memang butuh bimbingan parenting, khususx org tua muda,

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.