Berlibur Ke Bali, Jangan Lupa Untuk Mencicipi Jajanan Khas Bali

11:30 pm

Siapa yang sudah pernah ke Bali, hayooo ngancung?!! 🙋🏻Tahukah kamu bahwa Bali tidak hanya terkenal dengan pantai dan pemandangannya saja yang indah, namun juga jajanan khasnya. Tentu saja mengunjungi Bali tidak akan lengkap jika kita tidak mencicipi jajanan pasar khas Bali yang pastinya menggoda selera. Apa saja jajanan itu?



Laklak, jajanan yang mirip dengan apem atau serabi


Walaupun laklak sekilas terlihat mirip seperti apem atau serabi, namun kita akan melihat perbedaanya, bahwa laklak memiliki ukuran yang lebih kecil yang dijajakan dengan dua warna, yaitu hijau muda dan putih. Laklak yang berwarna putih (versi otentiknya) dibuat dengan campuran santan, tepung tapioka, tepung beras, air hangat, santan, dan garam. Semua bahan ini dicampur dan dipanggang menggunakan cetakan khusus berbentuk bulat. Jajanan yang satu ini disajikan dengan saus gula merah dan parutan kelapa supaya lebih nikmat. Memiliki rasa yang legit dan gurih tentunya membuat kudapan ini bisa kita temukan dengan mudah di kedai kopi, pasar tradisional, bahkan acara adat.

Bendu


Eits tunggu dulu, kue yang satu ini bukan lemper ya! Memang terlihat mirip seperti lemper dikarenakan bentuknya yang lonjong yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Namun saat dibuka, bendu merupakan kue yang berkulit putih dan isian di dalamnya adalah gula unti. Kulitnya sendiri terbuat dari tepung ketan dan isiannya terbuat dari campuran gula merah, garam, dan parutan kelapa. Jajanan yang ini mirip Roko-roko Cangkuning kalau di Makassar, bedanya dari bentuknya dan teksturnya saja sih. Di Makassar berbentuk segitiga. Memiliki rasa yang legit gurih tentunya membuat anda langsung ketagihan. Anda juga bisa menemukan jajanan ini di berbagai pasar Bali. Selain itu, jajanan ini juga seringkali disajikan pada acara resmi pemerintah setempat dan upacara adat.


Pie susu


Pie susu seringkali dijadikan sebagai olah-oleh khas Bali. Hal ini dikarenakan pie susu Bali ini memang berbeda dengan pie lainnya. Apa yang berbeda? Crust atau kulit pie susu ini agak pipih dan lebih tipis. Sedangkan dibagian tengahnya diisi dengan campuran susu kental manis, vanili, dan campuran telur. Sehingga tidaklah mengherankan jika rasanya menjadi begitu nikmat dan khas, bahkan sangat cocok disantap ketika kita sedang bersantai sejenak.

Kaliadrem


Di Bali, kaliadrem adalah kue tradisional sepanjang masa. Tidak hanya sering dinikmati sehari-hari saja, biasanya kaliadrem banyak diserbu sebagai salah satu sajian pelengkap pada upacara hari raya Galungan. Sehingga tidaklah mengherankan jika kue ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional dengan kisaran harga yang terjangkau. Bahan-bahan untuk membuat kaliadrem sangat sederhana mulai dari tepung beras, kelapa, gula merah, air, dan garam.

Jika diperhatikan bahwa proses pembuatan kue ini masih sangat tradisional. Hal ini dikarenakan tepung berasnya langsung ditumbuk agar menjadi tepung. Sedangkan bentuk dari jajanan ini berbentuk donat segitiga yang memiliki 2 hingga 3 lubang. Bentuk ini sendiri dibuat dengan menggunakan kojong, yang merupakan cetakan yang berasal dari daun pisang. Biasanya kaliadrem disajikan sebagai teman minuman teh.

Pisang Rai

Apakah kamu pernah mencicipi jajanan pisang yang berbalut kulit hijau? Nah, jajanan ini merupakan pisang rai khas Bali. Eh bukannya jajanan khas Makassar ya? Pisang Ijo! Nah loh!?? Hehehe sebenarnya sih beda banget antara kedua jajanan ini.


Memiliki kulit yang lembut yang terbuat dari tepung beras, air daun suji, air kapur sirih, dan garam. Kulit ini kemudian membalut pisang uli, pisang raja, yang beraroma, kemudian dikukus serta dipotong-potong seperti kue mataroda. Selanjutnya pisang rai disajikan dengan siraman saus gula merah dan parutan kelapa. Perpaduan gurih dan manis dari jajanan ini memang sangat sulit untuk anda lupakan.

Baro-baro


Biasanya rempeyek terbuat dari teri atau kacang tanah, namun Bali membuat rempeyek khasnya menggunakan kacang hijau. Kita bisa membayangkan rasa khas kacang hijau yang berbaur dengan kerenyahan rempeyeknya. Biasanya baro-baro dijadikan sebagai teman menyantap nasi campur.

Nah, tentunya berbagai jajanan yang telah dipaparkan di atas sangat menggugah selera bukan? Untuk kamu yang saat ini sedang berlibur ke Bali, namun bingung menemukan berbagai jajanan tersebut, maka kamu tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan aplikasi Traveloka Eats. Tentunya aplikasi ini sangat membantumu untuk menemukan jajanan tersebut sehingga liburan anda selama di Bali bisa semakin menyenangkan.


 *Semua gambar diambil di Google

You Might Also Like

8 komentar

  1. Ini dia nih, jajanan bali yang selalu bikin ketagihan. Dulu pernah dibawain temen pas lagi liburan di sana. rasanya bener-bener enak banget. Kalau ada kesempatan jadi pengen langsung liburan ke Bali juga sambil jelajah kuliner trasionalnya.

    ReplyDelete
  2. Jajanan Bali tuh enakkk enakk, nggak tahan kalo ke pasar liat beginian hahaha. Laklak enak aku juga sukaa

    ReplyDelete
  3. Waduh, saya belum pernah ke Bali nih kak dan baru tahu selain panoramanya yang indah Bali juga kaya akan jajanan ya. Jadi ngiler liat jajanan yang disebutkan di atas. Nama jajanannya juga unik-unik ya. Penasaran deh sama rasanya. Pengen icip satu-satu.

    ReplyDelete
  4. Wah jadi ngiler liat gambar makanan di atas, jadi pengen makan pisang ijo tp kyknya blm ad yang jual skjtran sini, nunggu ramadhan dlu 😁

    ReplyDelete
  5. Pie susu itu sudah menjadi jajanan umum di tempat2 wisata di Indonesia hehe. Tapi tentu ada originalitasnya sendiri di berbagai daerah.

    ReplyDelete
  6. Beberapa dari kuliner ini kita temui juga di daerah Bugis dan Makassar ya Dwi. Ternyata ada kemiripan ya kuliner kita.

    ReplyDelete
  7. dari bungkusx baru mau bilang kalau bendu itu mirip ama lemper, ternyata isix kayak cangkuning, pisau rai mirip pisang ijo versi kering, trus kaliadrem mirip depatori, tp beda model,
    tp diantara semuax nih, pie susu selalu jadi oleh2 favorit dari teman klo ada yg kebetulan jalan2 ke Bali.

    ReplyDelete
  8. pie susu ini belanjaan wajib kalau ke Bali. kadang malah suka titip sama teman kalau ada yang ke sana :D

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.