3 Pulau Yang Wajib Kudatangi Saat Berkunjung Ke Kepulauan Seribu

4:17 pm

Rampung membersihkan kamar, kemudian mencuci tumpukan piring kotor, setelah itu melipat pakaian bersih dan memasukkannya ke dalam lemari sembari menunggu cucian selesai, itu pun seringnya disela Ghaza yang minta ditemani main atau minta digendong. Perut belum sempat diisi, mandi apa lagi, aku lanjut menjemur pakaian. Setelah menjemur, mainan dan buku-buku yang sebelumnya dibereskan, sudah tersebar dimana-mana, errrr… gitu saja terus! I NEED VITAMIN SEA!!! Bunda lelah dengan rutinitas yang tak ada habisnya ini~

Rasanya sudah lama banget saat kami pergi berlibur bertiga, apalagi pergi berdua saja, merasakan manisnya masa-masa pacaran dan pengantin baru tanpa ada bocah yang merecoki. Tapi apa sudah tega meninggalkan Ghaza dan berlibur berdua?!! Jelas tidak, hahaha…

Karena itu dibandingkan ber-honeymoon, aku sangat ingin kami berlibur bertiga lagi, setidaknya lepas dari tugas-tugas rumah tangga yang menjenuhkan itu selama lima hari. Demi kewarasan bunda!!! 


Tapi kemana ya bagusnya?

Lalu teringatlah di bulan September itu kami akan ke Jakarta untuk menghadiri kawinan sepupu, jadi ya sekalian aja dirangkaikan dengan liburan, lumayankan menghemat uang tiket pesawat (emak-emak irit, hohoho). Tapi di Jakarta mau kemana? Ku lelah melihat bangunan dan mobil. Ku bosan main di mol. Ku mau lari ke pantai dan berenang di lautan, menginap di resort yang indah dan bermalas-malasan, tanpa dibuat sepet melihat tumpukan cucian dan kamar yang berantakan. Akhirnya setelah googling sana-sini kami memutuskan untuk mengunjungi Kepulauan Seribu.

Seperti liburan sebelumnya, kami mencari tahu dulu tempat-tempat di Kepulauan Seribu yang menarik hati kami untuk dikunjungi. Sebenarnya di Sulawesi banyak juga terdapat pulau-pulau kecil yang biasa kami kunjungi, karena itu kami berusaha mencari tempat yang “tidak biasa“ yang sekiranya jarang kami temui di pulau-pulau di sini. Dan inilah tempat-tempat yang ingin kami kunjungi di Kepulauan Seribu nanti:


Pulau Pramuka

Gambar diambil di google


Katanya sih Pulau ini cukup populer dikunjungi wisatawan (urutan kedua setelah Pulau Tidung yang tidak kumasukkan dalam list karena kelihatannya sama saja dengan pulau-pulau di sini) dan merupakan salah satu dari sebelas pulau berpenghuni yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Karena itu fasilitas di pulau ini terbilang lengkap seperti penginapan, pondok bersantai, penyewaan alat snorkeling dan diving, penyewaan sepeda untuk berkeliling pulau, dll. Selain wisata lautnya, Pulau Pramuka ini memiliki daya tarik berupa penangkaran penyu sisik dan penangkaran hiu, hal itulah yang membuatku sangat ingin mengunjungi Pulau Pramuka ini.




Pertimbangan kami, sembari bermain air dan pasir di pantai, kami juga bisa mengajarkan Ghaza mengenal dan mencintai hewan, terutama kedua hewan yang semakin langka itu; penyu sisik dan hiu. Karena Ghaza belum bisa diajak snorkeling apalagi diving, mengajaknya berkunjung ke penangkaran penyu sisik dan hiu merupakan keputusan yang tepat. Kami pun tertarik melihat proses menetasnya penyu hingga kembalinya mereka ke lautan. Juga bagaimana hiu ditangkarkan. Aihhh… sudah terbayangkan bagaimana antusiasnya Ghaza saat melihat kedua hewan tersebut.

Gambar dari storege.googleapis.com

Gambar dari storege.googleapis.com


Pulau Harapan

Gambar dari storege.googleapis.com

Pulau Harapan terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang membuat banyak wisatawan yang menggemari snorkeling dan diving betah berlama-lama di sini. Katanya lagi bila menyelam ke dasar laut akan melihat keindahan bentangan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Tapi karena ada Ghaza kegiatan snorkeling dan diving harus kami skip, dan awalnya kami tidak memasukkan pulau ini di daftar, tapi melihat foto-foto pulau ini yang sangat indah, dengan bentangan pasir putih yang mengelilingi kami pun tergoda untuk mengunjungi pulau ini.

Setelah mencari-cari info lebih jauh tentang pulau ini, kami pun mengetahui kalau pulau ini adalah rumah bagi sekelompok hewan langka. Huwaaa hewan langka lagi! Yakni Elang Bondol dan telah terdapat penangkarannya juga di sana. Sekalian dong kami bisa belajar lebih jauh dan melihat elang ini di habitatnya sendiri.

Pulau Onrust

Gambar oleh tirto.id

Pada masa penjajahan Belanda, Pulau Onrust ini kerap digunakan sebagai tempat persinggahan kapal kompeni sebelum berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa. Karena itu di pulau ini ditemui banyak situs peninggalan Belanda yang bisa kita kunjungi seperti benteng dan pelabuhan kuno. Ada satu bangunan peninggalan Belanda yang berdiri utuh yang kini difungsihkan sebagai museum karena keunikkan arsitekturnya dan sisi historisnya yang bisa dikunjungi wisatawan. Jadi selain wisata lautnya, kehadiran museum dan bangunan peninggalan Belanda, serta godaan menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia membuatku merasa wajib mengunjungi Pulau Onrust ini.



Gambar oleh indonesia-heritage.net

Oh ia aku juga penasaran dengan Pulau Onrust ini setelah menamatkan Rahasia Meede karangan E.S Ito, dimana di dalam buku itu dikatakan di pulau inilah tersimpan harta karun VOC dan ada terowongan panjang yang menghubungakan pulau ini dan Museum Fatahillah. Menginjakkan kaki di pulau ini bisa dikatakan sebagai menelusuri jejak Batu, Kalek, dan Cathleen, tokoh-tokoh utama di novel Rahasia Meede (ya kalau aku gak salah ingat nama pulaunya ya, hahahaha).

Nah jadi itu deh tiga tempat yang rencananya akan kami kunjungi saat berlibur ke kepulauan seribu nantinya. Tentu saja masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang ada di Kepulauan Seribu tapi, karena keterbatasan waktu dan kerempongan dengan adanya bocah, kami membatasi diri dengan tiga tempat itu saja. Semoga saat bocah sudah lebih besar dan tak minta digendong lagi kami bisa mengunjungi tempat-tempat lainnya di Kepulauan Seribu. Kalian ada saran tempat yang bisa kami kunjungi nantinya? Boleh bangetloh berbagi pengalaman berlibur kalian di Kepulauan Seribu.

Rencana sudah tersusun, kami pun berniat membooking hotel dan tiket pesawat. Seperti tahun lalu kami membooking hotel dan tiket pesawat itu melalui Traveloka, hal itu lebih memudahkan kami karena tidak ada lagi biaya tambahan dan pilihan hotelnya banyak. Saat membuka aplikasi Traveloka untuk melihat-lihat hotel di Kepulauan Seribu itu, aku baru “ngeh” kalau sekarang Traveloka menawarkan pemesanan Paket Pesawat Hotel Traveloka gitu. Jadi sekali pesan dan bayar, bookingan tiket pesawat dan hotel pun aman, tinggal tunggu hari yang dinanti-nantikan itu tiba. Jauh lebih mudah dan saving time bangetkan?!!

Oh ia, akhirnya kami memutuskan menginap di Seribu Resort Thousand Island. Letaknya yang tepat di Pulau Pramuka dengan pantai pribadi dan kamar yang nyaman serta free sarapan membuat kami memilih resort ini.


Nah selesai klik-klik membooking tiket itu, kami baru ngeh lagi kalau ternyata Paket Pesawat Hotel Traveloka ini jauh lebih murah dibandingkan jika kita memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah (tadi aku bilang kami ya? ralat deh yang sadar itu Pai aku mah apa gitu kalau soal hitung menghitung). Hematnya bisa sampai 20%! Lumayan banget loh! Kalau kalian ada niatan mau liburan juga, lebih baik dan hemat banget deh memesan paket “tiket pesawat + hotel” dari Traveloka ini. Mudah gak paket ribet dan murah tentunya… Hohohoho…





Bunda sudah tak sabar berlibur 😍🏖🌅

You Might Also Like

18 comments

  1. Wow pesona pulau seribu memang tidak diragukan lagi ya dwi. Saya belum pernah ke sana, suatu hari ingin sekali mencoba main ke sana dan berkhayal keliling pulau naik sepeda 😊.

    ReplyDelete
  2. Wah, bener, saya pun pernah membaca tentang Pulau Onrust di buku Rahasia Mede, pulau-pulau itu wajib dikunjungi ya

    ReplyDelete
  3. Aku kayaknya tertarik ke pulau pramuka mbak, mau lihat dedek penyu dan dedek hou, pasti lucu-lucu deh. Kan jarang-jarang ada tempat penangkaran hiu dan penyu

    ReplyDelete
  4. Woh ternyata di Pulau Seribu banyak tempat yang oke, ke pulau2nya juga bikin kita naksir. Paling gampang skrg booking tiket online kaya di Traveloka

    ReplyDelete
  5. Sebagai pecinta pantai, hal paling menyenangkan adalah melihat matahari sore. Pantai dikepulauan seribu ternyata ada tampilan yang bagus! kerennnn

    ReplyDelete
  6. Ghaza usia berapakah?
    Wah seru kalau ajak anak kecil ya ke pula2 itu?
    Tapi gpp ya, maksudnya apa gk melelahkan buat anak2?
    Dr dulu pengen jg bawa anak2 tapi msh maju mundur.
    Indah banget pulau2nya, moga2 kapan2 jg bisa ke sana sama anak2 :D

    ReplyDelete
  7. Wah seru juga ya liburan ke tempat yang banyak pulaunya. Kalo ga inget dompet bisa lah kemana aja. Yang penting happy dulu, pusingnya belakangan.

    ReplyDelete
  8. Indonesia emang luar biasa, begitu banyak tempat-tempat yang Indah. Aku belum pernah ke kep Seribu, semoga bisa segera berkunjung kesana...

    ReplyDelete
  9. Wuah itu di pulau pramuka ada penangkaran baby shark? Enak tuh. Nanti di sana langsung praktik nyanyi baby shark. Hehehe


    Hmmm sepertinya aku tertarik dengan pulau Onrust. Kumelihat hampir mirip Colosseum. Hahaha

    ReplyDelete
  10. Cakep banget sunset di Pulau Pramuka ya. Pulau Onrust kayaknya horor tapi kalau foto di sana bakal kece hasilnya. Kepulauan seribu termasuk list aku nih buat dikunjungi

    ReplyDelete
  11. Wah jika ditanya soal destinasi wisata di kepulauan seribu, tentu pulau tidung tidak bisa dilewatkan begitu saja, selain karena keindahan pantai dan pasir putihnya tentu dengan nuansa kampung nelayan.

    Dan tentu saja tidak.lengkap rasanya jika ke.kepulauan seribu tidak menikmati momen matahari terbit dan matahari terbenam langsung dari laut..

    ReplyDelete
  12. Waah...itu juga tiga pulau yang wajib saya kunjungi. Apalagi Pulau Harapan, duuuh bagus sekaliii!

    ReplyDelete
  13. Mau liburan jugaaa...
    Nyocokin sama jadwal suami yang hectic.

    Sejak ada Traveloka, semua jadi mudah yaa...dan hemat.
    Ini poin paling penting buat emakemak.

    ReplyDelete
  14. saya belum pernah ke ketiga pulau diatas mba.. Dulu pernah maen ke Pulau Pari doank di Kepulauan Seribu dan pengen berencana liburan ke Pulau Bira.. tapi mungkin setelah istri melahirkan saja sekalian nunggu anak besar hehe..

    ReplyDelete
  15. Ahhh gw blom kesampean mau ajak anak2 ke pulau seribu.
    Bs ya mba yg deket2 gitu jelajah kep seribu.

    Smoga one day bs kesampean ajak keluarga ke pulau seribu; pe asaran sama pulau onrust cm ga common aja sih.

    ReplyDelete
  16. Dari pulau-pulau di atas, aku belum pernah ke pulau onrust. Padahal itu paling dekat dan ada bangunan ikonik yang punya cerita sejarah deh. Aku tunggu cerita liburan'a yaa kak*

    ReplyDelete
  17. Sudah beberapa bulan merantau ke Jakarta memang kepengen bisa wisata ke Kepulauan Seribu. Sayangnya belum kesampaian hwaaaa. kalau dari beberapa yang direkomendasikan sih aku tertarik dengan pulau onrust karena lebih historikal gitu sepertinya. Thanks for sharing...

    ReplyDelete
  18. Terimakasih infonya sangat menarik. http://bit.ly/2MK7uo7

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan