6 Tips Nyaman Naik Bus Saat Berpetualang dengan Si Kecil

9:32 am

sumber:bus ze.nl

Mengenalkan berpetualang dengan kendaraan umum sebagai pengalaman baru kepada si kecil itu cukup mendebarkan. Namanya juga anak kecil, bakal ada satu atau dua hal yang mungkin bakal bikin kerepotan. Mulai dari pesan tiket bus, perasaan nggak nyaman si kecil karena hal asing yang dialaminya, sampai harus mengganti popoknya yang sudah penuh. Apalagi kalau membawa mereka untuk perjalanan jauh, wah, bakal sangat menantang untuk menghilangkan rasa bosan dari anak-anak.
Memang susah, tapi bukan berarti nggak bisa dilakukan dong. Untuk yang punya rencana membawa si kecil mudik Lebaran bareng bus, berikut adalah beberapa tips dariku untuk membuat perjalanan jadi lebih aman dan nyaman sebelum membeli tiket busnya.

🚌 Pilih Bus dengan Kenyamanan Ekstra
Saat ini, sebuah trayek nggak hanya dilayani oleh bus kelas Ekonomi atau PATAS saja. Makin banyak perusahaan-perusahaan otobus yang kreatif dalam menggoda konsumen. Mulai dari bus dengan seat terbatas dan bikin lega penumpang saat duduk, sampai kelas Sleeper Bus yang dilengkapi kasur dan televisi. Untuk perjalanan jauh dengan si kecil, ada baiknya menentukan pilihan pada bus yang memberikan layanan ekstra seperti dua contoh terakhir.
sumber:jujebi.com
Kamu bisa menentukan pilihan bus yang nyaman tanpa langsung ke terminal lho. Cukup buka aplikasi Traveloka dan pilih layanan pemesanan tiket bus yang dilengkapi dengan informasi lengkap. Mulai dari harga, rute, jam keberangkatan dan tiba di tujuan, juga foto-foto interior serta eksterior busnya. Menarik bukan?
💊 Bawa Obat-Obatan
Daya tahan tubuh anak pasti belum sekuat orang dewasa. Badan mereka akan dengan mudah terkena masuk angin atau kelelahan ketika menempuh perjalanan jauh. Apalagi kalau bus kurang memperhatikan perawatan sehingga mesin pendingin tidak bisa diatur dengan baik. Agar si kecil nggak rewel karena badannya sakit, bawalah obat-obatan pribadi dan minyak kayu putih. Oleskan pada tubuh sebelum naik ke bus agar daya tahan tubuhnya terjaga dengan baik. Bawa juga obat anti mabuk khusus anak-anak sebagai langkah pencegahan saat mereka mabuk darat.
👕 Jangan Lupa Baju Hangat
sumber:bukalapak.com
Masih tentang cara untuk menjaga kesehatan si kecil selama perjalanan dengan bus. Bawalah baju hangat, syal, dan kaos kaki untuk melindungi tubuhnya dari hawa AC yang terlalu dingin. Badan yang hangat akan menjaga daya tahan si anak agar tidak mudah sakit.
🛤 Berikan Seat di Dekat Jendela
Saat membeli tiket bus, pastikan kamu mendapatkan tempat duduk yang dekat jendela. Hal ini akan membuat si buah hati jadi lebih nyaman karena nggak bersinggungan dengan penumpang-penumpang lain yang berjalan melewati lorong. Pemandangan di luar jendela juga akan membantu si kecil agar lebih nyaman selama perjalanan.
🍱 Bawa Camilan dan Mainan
Satu lagi cara yang ampuh untuk menjaga kenyamanan sang anak saat perjalanan jauh, yaitu membawa camilan dan mainan kesukaannya. Rasa lapar bagi anak kecil adalah hal yang sangat mengganggu. Kalau nggak nyaman, situasi bisa berubah jadi genting. Selain itu, tenangkan hati mereka dengan membawa serta mainan favoritnya.
🌃 Kurangi Tidur Siang untuk Perjalanan Malam
sumber:indoinspector.blogspot.com
Kalau mendapatkan tiket bus malam, sebaiknya lakukan persiapan dengan mengajak anak-anak untuk lebih aktif di siang hari. Tujuannya, saat perjalanan malam si kecil akan lebih memilih beristirahat untuk mengembalikan energinya yang telah terbuang tadi siang.
Enam hal di atas akan mengurangi beban kamu dalam menghadapi tantangan-tantangan yang bakal terjadi saat mengajak sang anak naik bus. Yuk, dicoba agar perjalanan mudikLebaran jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

You Might Also Like

1 comments

  1. Cemilan memang penting ya, Teh. Terlebih mainan buat si kecil. Jikalau sedang pengen bermain atau rewel biasanya kalau udah dikasih maenan diam..hehe
    Ya meskipun saya mah belum berkeluarga, tapi hal seperti ini biasanya sama si kecil adik atau nggak keponakan..he

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad