Sudahkah Bunda Mengatakan, “IYA BOLEH”?

11:34 pm

Memasuki usia dua tahun, Ghaza semakin lincah saja. Lari kesana-kemari, memanjat, melompat, hingga berguling kiri-kanan ia lakukan. Aku terkadang merasa cemas dengan tingkahnya, apa lagi jika ditinggal sebentar tau-tau dia sudah naik tangga atau menari-nari di atas meja. Bahkan pintu di rumah pun tak bisa dibiarkan terbuka, jika terbuka ia bersegera lari ke luar. Pusing! Bagaimana kalau ia jatuh dan terluka? Bagaimana jika ia tertular virus di luar sana? Dan sederetan kekhawatiran lainnya yang memenuhi kepalaku.

Rasanya aku ingin dia duduk manis saja agar tidak celaka. Tapi hal itu pun tidak mungkin bukan? Aku sadar di usianya yang sekarang adalah masa dimana ia berseksplorasi, belajar untuk mengenal dan mengetahui sekitarnya. Aku ingat bagaimana bahagianya masa kecilku yang sangat jarang diberi kata TIDAK saat ingin mencoba dan merasa hal-hal baru. Aku dibebaskan bermain hujan, memanjat pohon, mengorek-ngorek tanah, memeluk dan mencium kucing, menangkap ikan di rawa-rawa dan sederetan kegiatan lainnya, asalkan saat itu aku berada dalam pengawan orangtuaku. Aku ingin Ghaza juga merasakan kebahagiaan yang kurasakan sewaktu kecil, meskipun kekhawatiran itu terus berputar-putar di kepalaku...



Sabtu, 7 Oktober 2017, aku dan Pai mengajak Ghaza ke event Dancow Explore Your World. Dimana event yang berlangsung dua hari (7-8 Oktober) di Mall Panakukang ini menghadirkan wahana edukasi untuk mendorong kepercayaan diri orangtua dan mendukung si kecil bereksplorasi. Kegiatan ini juga mengusung tagline "IYA BOLEH" sebagai simbol kepercayaan diri orangtua untuk melepas si kecil membuka potensi maksimalnya. Aku merasa Ghaza akan senang bermain di sana dan aku bisa menambah pengetahuanku karena di prescon-nya nanti menghadirkan dokter spesialis tumbuh kembang anak, dr. Bernie Medise, SpA (K) dan Psikolog Ratih Ibrahim, serta Shahnaz Haque sebagai moderatornya.
Dancow Explore Your World sendiri dilengkapi dengan empat arena utama, yaitu Art Center dengan aktivitas hand painting dan storytelling, Central Park yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality dimana si kecil bisa mengenal fauna dan flora serta bermain hujan, Smart City dimana si kecil bisa membangun kota Dancow versinya sendiri, dan Play Park dengan aktivitas wall climbing dan mandi bola untuk si kecil bertualang. Seluruh aktivitas tersebut bertujuan untuk menstimulasi kemampuan berbahasa, memperhatikan, mengingat, menyelesaikan masalah hingga keterampilan motorik si kecil. Selain itu juga orangtua bisa berkonsultasi secara gratis dengan pakar gizi dan psikolog. Oh ia juga ada Afghan sebagai bintang tamunya.










Sesampai di sana, arena telah dipadati pengunjung. Besarnya antusias orangtua dengan event yang diadakan Dancow terus bertambah setiap tahunnya, karena itu menurutku untuk kedepannya baiknya Dancow melaksanakan eventnya ditempat yang jauh lebih luas. Akhirnya aku memilih ke berkonsultasi terlebih dahulu, berhubung ditempat itulah yang tidak terlalu ramai.





Setelah selesai berkonsultasi, Ghaza dan ayahnya melanjutkan bermain dan aku menghadiri (apa menyaksikan ya?) presscon...


Psikolog Ratih Ibrahim saat itu memaparkan tiga syarat bekal perlindungan untuk tumbuh kembang si kecil, yakni CINTA, STIMULASI, dan KECUKUPAN NUTRISI. Pentingnya cinta Bunda dan Ayah pada masa eksplorasi adalah dengan memperbolehkan si kecil bereksplorasi. Kepercayaan diri orangtua ketika berkata "IYA BOLEH" untuk melepas si kecil bereksplorasi dapat memupuk kemdirian dan keberanian si kecil. Dengan demikian, kesempatan untuk belajar hal-hal baru dan mengembangkan dirinya pun akan semakin terbuka.


Kemudian dr. Bernie menuturkan, Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernapasan dan saluran cerna si kecil. Menjaga asupan bakteri baik seperti ini sangat penting karena tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik si kecil, yang tentunya sangat penting dalam tahap tumbuh kembangnya. Apalagi jika si kecil terjangkit infeksi yang terus berulang hal itu dapat menghambat proses tumbuh kembangnya.



Senang sekali rasanya menambah pengetahuan di event Dancow Explore Your World ini, aku semakin percaya diri untuk mengatakan "IYA BOLEH" dan membebaskan Ghaza bermain...

Jadi, Bunda sendiri sudahkah mengatakan, "IYA BOLEH"?


You Might Also Like

5 comments

  1. Dengan IYA BOLEH, bunda sudah membantu si kecil untuk bisa mengeksplorasi dirinya.

    ReplyDelete
  2. Bunda Ghaza pasti akan menahan diri melarang Ghaza setelah dari acara ini
    *komen sotta* 😅

    ReplyDelete
  3. Semoga tahun depan ada lagi event Dancow seperti ini. Bermanfaat banget!

    ReplyDelete
  4. Yuhuuuu Ghaza, selamat bereksplorasi dan bermain :*

    ReplyDelete
  5. kebayang deh lincahnya ghazaa,, kin mommy puyeng juga :D tapi kudu bilang "iya boleh" aja biar perkembangannya optimal. Semangat ghazaaa... miss you :*

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad