3 Rahasia Mengembalikan Berat Badan Setelah Melahirkan

10:39 am


Ketika mengandung Ghaza, berat badanku naik hingga 19 kg! Dari berat awal 43 kg menjadi 62 kg. Aku yang seumur-umur paling berat hanya 45 kg, merasakan sekali kesulitan bergerak saat itu. Bawaannya hanya ingin leyeh-leyeh di tempat tidur atau sofa yang empuk. Tapi kebanyakan ibu hamil memang begitu sih, bawaannya malas! Eh apa cuma aku ya? Hehehe...

Tiga bulan setelah melahirkan, alhamdulillah berat badanku kembali menjadi 43 kg, bahkan sempat terus merosot ke angka 40 kg. Aku gak pernah diet, aku juga gak pernah olahraga khusus untuk menurunkan berat badanku ini. Gila saja sih menurutku jika demi kurus aku bela-belain berdiet sementara aku dalam kondisi menyusui Ghaza, Ibu menyusui itu bawaannya laper terus! Mungkin hanya sesama ibu menyusui yang bisa mengerti bagaimana kelaparannya kami-kami ini. Makanan yang enak itu juga mendongkrak mood! Mood bagus, ASI deras! Jadi jauh-jauh deh pikiran untuk diet itu.

Terus kok bisa kurus?!!

Nah hingga saat ini banyak yang bertanya-tanya kok bisa sih setalah melahirkan badanku singset, langsing macam model victoria secret beda ditinggi badan saja sih?!! Karena banyak banget yang bertanya, mulai dari nada penasaran hingga nada nyinyir, maka aku memutuskan membuat tulisan ini. Jadi jika ada yang bertanya lagi, aku tinggal arahin mereka ke postingan ini. Lumayanlah ya menaikkan traffic blog. LOL.

Sebelum melanjutkan membaca tulisan ini, aku peringatkan jangan terlalu serius ya, apalagi jika sampai di bawa baper. Jangan, hidup terlalu singkat, dari pada sedikit-sedikit tersinggung, sedikit-sedikit baper, mending energi itu dipake buat meladeni anak bermain. Setuju kan ya?

Jasi rahasiaku tuh cuma ini:

1. Menyusui. 

Menyusui Ghaza itu membantu banget mengembalikan berat badanku. Sebanyak apa pun yang kumakan, aku rasa semuanya diolah menjadi ASI. Gak ada sisa untuk lemak! Hehehe... Bahkan kadang yang kumakan itu terasa kurang, karena ketika Ghaza selesai menyusu aku lapar lagi! Apalagi Ghaza itu menyusunya kuat banget, bisa sampai dua jam dia menyusu tanpa henti.

Proses menyusui itu sendiri membakar banyak kalori yang sangat baik untuk mengembalikan berat badan kita. Jadi, ayo menyusui bu ibuuuu~

Baca juga: My Breasthfeeding Story

2. Mengurus Anak Sendiri.

Yup! Rasakan dan nikmati menjadi ibu baru tanpa bantuan orang lain (kecuali suami ya, pecat aja kalau ada suami yang gak mau membantu mengurus anak). Nikmati baper dan paniknya, resapi tiap tangisan anak kita, hayati momen-momen panjang tanpa tidur malam, dan syukuri wajah mungil si kecil ketika ia terlelap. Dijamin! Berat badanmu akan kembali seperti semula!

Sewaktu Ghaza lahir, bisa dikatakan aku hanya bertiga dengan Pai di rumah. Dan saat Pai ke kantor, ya aku hanya berdua dengan Ghaza. Hampir 12 jam! Nikmat menjadi ibu baru itu sungguh kurasakan betul.

3. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Sendiri.

Meskipun Pai tetap membantu pekerjaan rumah tangga, tetap saja sebagian besar aku yang mengerjakannya. Karena jika bukan aku, siapa lagi?! Disela-sela menemani Ghaza, aku juga mengerjakan pekerjaan rumah tangga itu. Susah cari waktu untuk merawat diri, mandi dan buang hajat pun terburu-buru. Sedangkan untuk mempekerjakan ART masih diluar budget banget, hingga saat ini.

Akhirnya aku anggap saja olahraga, waktu yang tepat untuk membakar tumpukan lemak semasa hamil terdahulu.

Jadi itulah 3 rahasia untuk mengembalikan berat badan setelah melahirkan versi Bunda Ghaza. Kalau ada yang mau ditambahkan boleh banget loh di tulis di kolom komentar. Dan jika ada yang mencoba tips diatas tetapi berat badannya gak kembali juga itu diluar tanggung jawabku loh ya... Syukuri aja apa  yang telah Tuhan berikan. ✌☺

You Might Also Like

19 comments

  1. betuuuuuuuul banged kak mengurus anak sendiri.. wkkwkw menurunkan betul berat badan apalagi kalau anak sudah 2 tahun menuju 3 tahun WOW malah mau program penggemukan saya wkwkkww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu dong kak 🙌😁
      Ia ya, kalau sudah bisa lari-lari malah tambah ribet lagi ngurus anaknya 😂

      Delete
  2. Saya juga merasakan berat badan di atas 60 kg hanya saat hamil. Mau lebih berisi, tp kok yang nambah hanya lingkar perut yak. Huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ia keelokan perut yang susah dikembalikan 😂😅

      Delete
  3. Aku trmasuk yg pusing banget krn berat bdnku justru jd makin kurus dr sebelum hamil mbak.. Sebelum hamil 45, trs pas hamil cm mentok di angka 53, trs abis lahiran menyusut jd 41 ampe skr :(. Padahl aku ga menyusui, baby jg ama babysitter. Aku ga yakin sih kerjaan di kantor yg bikin berat bdnku jd nyusut , krn toh aku kerja jg banyakan duduk.. Makanya lg planning mw ke ahli gizi ini supaya bisa naik at least balik 45 deh.. Percaya deh, terlalu kurus juga bikin stress soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayodong mba jangan stres, dibawa happy aja 😊

      Delete
  4. Saya baru lahiran dua bulan mak, dan ketiganya saya kerjain, emang iya, berat badan jadi lebih cepat kembali xixixi makin semangat nih ngerjain pekerjaan rumah tangga.. Thanks for sharing n salam kenal mak

    ReplyDelete
  5. Iya, menyusui cepet balikin BB. Dulu saat menyusui..nafsu mkanku juga naek drastis. Hanya ada dua rasa makanan, enak dan enak bgt!😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ia mba 😊 jatuhnya jadi lebih banyak bersyukur ya. Semua makanan dimakan aja 😂

      Delete
  6. Setuju banget mak..
    Sebelum hamil rutin ikut senam seminggu sekali. Skg baru selesai masa cuti, belum sempet lagi. Tapi dgn menyusui, ngurus kakaknya c baby, masak, nyuci Dan beres-beres aja udh cukup. Saya ingin nurunin bb 5kg lagi nih.. Sblm hamil 65kg, pas hamil 83kg, sekarang 70kg.
    Semangat mak busui semuanya!
    Mampir ke blog ku ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat ya mba 💪😊 sisa 5kg lagi!
      Nanti aku jalan-jalan ke blognya ya mba~

      Delete
  7. tapi juga tgt ya, temanku juga melakukan tiga hal di atas tapi ya tetap gemuk mungkin krn dulu gadisnya saja sdh kelihatan bakal gemuk. Lah aku mah gitu dari duu kurus saja, baru montok setelah masuk usia 50 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ada juga orang yang punya bakat gemuk 😊. Hihihi montok seksih dong mak 😉

      Delete
  8. Toss! Untuk sesama supermom yang menyusui, mengurus anak anak sendiri & tanpa ART. Diet alaminya pasti berhasil :)

    ReplyDelete
  9. wah ini rahasia yang sudah tidak jadi rahasia lagi. Bermanfaat sekali kak. Untuk istri saya suatu hari nanti. Kamu harus baca artikel ini

    ReplyDelete
  10. Kak, bagi rahasia mengembalikan berat badan bagi yang belom punya anak dong, hehe : )

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan