Dongeng Untuk Putra Terkasih

12:53 pm


Illustrated Story for Boys
First published in 2016 by Usborne Publishing Ltd.,
Copyright @ 2006, 2004, 2003, 2002, 1982, 1980 Usborne Publishing Ltd.
All rights reserved
This Indonesian language edition was published by Bhuana Ilmu Populer in 2012
by arrangement with Usborne Publishing Ltd.

Editor: Lesley Sims dan Louie Stowell
Desainer: Tom Lalonde
Desainer sampul: Zoe Wray
Ilustrator sampul: Ian McNee
Efek digital: Tom Lalonde dan Mike Wheatley

Dongeng Untuk Putra Terkasih

Pengalih bahasa: Gabriella Felicia
Penyunting: Cheryl Rosa
Redesain: Aditya Ramadita

Siapa yang mau berlayar di lautan luas?
Atau berperang melawan naga sampai mati?
Selami koleksi cerita-cerita menegangkan dan pilihlah petualanganmu.
Ada bajak laut, robot, kesatria, dan hantu yang menunggu untuk menyenangkanmu atau membuatmu merinding!



Yang sering mampir ke HONEYSUCKLE ini dan membaca tulisanku terkait buku pasti sudah tahu betapa aku sangat suka mengumpulkan buku cerita anak-anak; aku senang membacanya, aku suka melihat-lihat ilustrasinya, dan aku punya niat mewariskannya kepada anakku kelak.

Seri Dongeng Sepanjang Masa terbitan BIP ini telah lama masuk dalam whislistku, cuma memang harganya cukup menguras dompet, sehingga seri ini berakhir nongkrong saja di wishlist. Beruntung seri dongeng ini di diskon oleh BIP dan harganya tinggal TUJUH-PULUH-RIBUAN saja. Meskipun begitu, aku tidak bisa membeli semua Seri Dongeng Sepanjang Masa ini sekaligus, aku hanya bisa mencicil membelinya. Satu untuk setiap bulannya. Sejauh ini aku baru mengumpulkan 3 dan sialnya sekarang sudah tidak ada lagi di toko buku manapun di sini. Hiksssss… Lah kok malah curhat ya?!! Buku bagus dengan harga bersahabat memang menjadi rebutan! Huhuhu…

Ada 17 cerita di buku Dongeng Untuk Putra Terkasih ini dan seperti judulnya, buku ini memang diperuntukkan untuk anak laki-laki. Ke-17 cerita itu berkisah tentang bajak laut atau pelaut, hantu atau monster, robot, penyihir dan kesatria. Hal-hal yang kurasa akan menarik minat anak laki-laki. Tapi bukan tidak mungkin menarik perhatian anak perempuan juga, soalnya mamak-mamak macam aku pun tetap terhibur saat membaca buku ini.

Layaknya buku anak-anak lainnya, buku ini dipenuhi ilustrasi berwarna yang memikat. Kisah beragam dengan ilustrator berlainan menambah daya tariknya. Kualitas kertas dan cetakannya serta sampulnya yang hardcover disertai ilustrasi yang memberikan kesan nyata, membuat buku ini memang layak dihargai mahal. Dan senangnya ketika BIP bermurah hati mendiskonnya apalagi kalau saya diberi gratis.

Dari ke-17 cerita di buku ini;



4 kisah bercerita tentang Bajak Laut/Pelaut.




Adalah Sam Sardine yang bermimpi menjadi pelaut, mengarungi samudra dan berperang melawan bajak laut yang haus darah. Segera setelah cukup umur, Sam bekerja di sebuah kapal, menjadi seorang kelasi. Tetapi kehidupan di atas kapal tidaklah semenarik yang dia bayangkan… Apakah Sam menyerah dan berhenti menjadi pelaut? Dan ketika ia diberi tanggung jawab yang lebih besar apakah ia telah siap, mampu, dan tidak ceroboh? Dan ketika ia berbuat salah, bisakah ia memperbaiki kesalahannya?


Lalu ada Sinbad si Pelaut. Seorang pedagang asal Bagdad yang berkeliling dunia menjual dagangannya. Sinbad gemar bertualang, dia tak bisa hanya diam saja menikmati kekayaannya. Ia senang melaut dan bertemu orang-orang baru dan mahkluk-makhluk aneh. Kemalangan dan keberuntungan silih berganti mendatanginya selama pelayaran. Apakah hal itu membuatnya kapok berlayar? Tentu tidak! Menyenangkan memang pulang ke rumah setelah pelayaran yang panjang dan melelahkan, tapi setelah itu, waktunya memulai petualangan yang baru!


Lain Sinbad, lain lagi Charlie Crossboness, seorang bajak laut pemula. Setelah bersekolah selama 10 tahun di Sekolah Bajak Laut, dia siap memulai karirnya. Beruntung, Charlie mewarisi kapal bajak laut tua milik kakeknya dan semua kostum untuk berlayar. Tinggal seekor burung beo saja untuk ia beli agar menemani pelayarannya. Karena setiap bajak laut perlu burung beo! Masalahnya burung beo terlalu mahal, uang Charlie tidak cukup. Ketika ia ditawari beo dengan harga yang murah, tanpa ragu ia langsung membelinya, apalagi beo itu sangat indah. Masalah pun muncul ketika ia memulai karirnya, burung beo itu hanya bisa mengucapkan dua kata, “Berhenti, pencuri!”, membuat semua pekerjaannya gagal. Apa yang akan Charlie lakukan terhadap beo tersebut? Apalagi saat berusaha membuangnya, burung beo itu selalu saja kembali lagi ke bahu Charlie?


Kemudian ada Jim Hawkins, seorang bocah pengurus penginapan Admiral Benbow Inn. Setiap hari berlangsung biasa saja untuknya, sampai pada suatu hari seorang asing tiba. Dia seorang kapten kapal dan bertingkah sangat aneh, namanya Billy Bones. Kedatangannya mengubah kehidupan Jim Hawkins yang tenang dan biasa saja.

3 kisah bercerita tentang Robot.



Ada Squeaky si robot pembersih yang tidak menyukai pekerjaannya. Keinginan terbesarnya adalah memenangkan balapan Botsville. Apakah Squeaky berani mengikuti balapan tersebut? Sementara kondisinya berkarat dan selalu berderit?


Kemudian ada Luke, si anak lelaki paling malas di dunia! Kamar Luke begitu berantakan, bahkan ibunya kesulitan untuk masuk karena tumpukan barang yang bertebaran di kamarnya. Luke kerjanya hanya bermain komputer saja, karena itu ibunya mengultimatumnya, jika dalam seminggu kamarnya tidak rapi juga, ibunya akan menyita komputernya! Luke takkan mungkin bisa hidup tanpa komputernya, tetapi membersihkan kamarnya akan makan waktu yang lama. Luke membutuhkan seseorang untuk membantunya! Adalah Tidybot, robot pembersih yang hebat, gratis 14 hari percobaan di rumah! Tanpa biaya sedikitpun! Dan inilah yang Luke butuhkan! Bisakah Tidybot membantu Luke?


Dan ada Jay C.B, robot pekerja paling keras di sebuah gedung. Dia punya sepuluh peralatan berbeda, jadi dia selalu sedang menggali atau mengebor. Suatu malam, saat Jay sedang mengisi beterainya, seseorang masuk ke gedung itu dan menculiknya. Ketika baterainya sudah penuh, ia bangun dan sadar bahwa dia berada di tempat yang tidak dikenalnya dan seorang pria sedang mengutak-atik panel kontrolnya. Siapakah pria itu? Mengapa ia menculik dan mengutak-atik panel kontrol Jay? Dan ketika ia memerintahkan Jay mencuri uang di bank, maukah Jay bekerjasama?

5 kisah bercerita tentang kesatria.



Saat malam Tahun Baru di Istana Camelot ketika Raja Arthur sedang mengadakan pesta, seorang kesatria raksasa menerobos masuk ruangan. Tubuhnya sebesar beruang dan terlihat sebengis serigala. Tapi yang paling aneh, tubuhnya berwarna hijau. Raksasa itu memandangi kesatria Raja Arthur yang duduk mengelilingi meja dan menantang mereka untuk bermain penggal kepala. ‟Kau memenggal kepalaku, lalu aku akan memenggal kepalamu!” Tentu saja tak ada yang mau bermain dengannya! Tapi Kesatria Hijau itu tidak mau pergi. Akhirnya Sir Gawain setuju untuk bermain… Bisakah Sir Gawain bertahan dalam permainan itu?


Sementara itu di tempat lain di kisah yang berbeda, Pinchbeck si tukang sihir dan Pogo si goblin sedang berjalan bersama menyusuri hutan. Begitu asiknya mereka mengobrol, tahu-tahu saja mereka telah disergap perampok. Kantong emas mereka diambil dan Pinchback mendapatkan pukulan di kepalanya. Merasa sakit kepala luar biasa, akhirnya mereka menuju kastil untuk mencari bantuan. Kastil itu milik Raja dan Ratu yang baik hati. Dengan hangat mereka menyambut kedatangan Pinchback dan Pogo. Kastil itu juga tak lolos dari serbuan perampok, sialnya mereka akan kembali besok managih dua kantong emas lagi, jika tidak, kastil itu akan mereka ambil alih. Pinchback dan Pogo berharap bisa melakukan sesuatu untuk membantu Raja dan Ratu…


Victor adalah seorang pembuat gentong terbaik di desanya. Untuk membuat gentong, ia menggunakan kayu terbaik dari pohon tertinggi dan terlurus. Saat mencari pohon terbaik, dia tidak selalu memperhatikan ke mana dia pergi. Hingga suatu hari, dia berjalan cepat dan terjatuh… ke dalam gua yang dalam. Akankan Victor bisa keluar dari gua tersebut? Dan bisakah ia selamat dari para penghuni gua itu?


Sam seorang pemburu. Suatu hari dia melihat 3 raksasa yang sedang menyantap makan malam mereka. Pikiran jahil menghantuinya, ia pun mengarahkan senjatanya pada garpu raksasa tergemuk. Saat Sam mencoba bersembunyi, ia kurang cepat, raksasa itu sudah melihatnya. Ia melompat dan menangkap Sam! Sam dalam kesulitan besar kecuali ia mau membantu ke-3 raksasa itu. Maukah Sam membantu raksasa itu? Apa yang mereka inginkan?


Seorang pemuda asing tiba di kastel Raja Arthur. Pemuda itu memiliki tangan putih yang indah, tetapi bajunya terlihat tua dan compang-camping. Dia tidak punya tujuan dan meminta izin untuk tinggal di kastel selama setahun. Raja Arthur menyukai pemuda itu dan mengutusnya ke dapur istana di bawah pengawasan Sir Kay yang penggerutu. Ia membuat pemuda itu bekerja sangat keras, tapi pemuda itu tak pernah mengeluh. Ketika sudah hampir setahun pemuda itu tinggal di kastil, datanglah seorang Lady meminta bantuan. Sayangnya tak ada yang bisa membantunya… Lalu dengan berani pemuda itu maju ke depan dan mengatakan bersedia membantu… Bantuan seperti apakah yang dibutuhkan Lady itu? Bisakah pemuda itu melakukannya sementara kesatria yang lain telah menyerah?

Dan 5 kisah bercerita tentang hantu dan monster.



Ben Boggle terbaring dalam keadaan terjaga sambil berkeringat dingin. Bagaimana dia bisa tidur dengan monster di bawah tempat tidurnya?


Jon adalah anak petani miskin di dekat pegunungan Skotlandia. Saat musim semi dan musim panas, Jon dan ayahnya bekerja keras di ladang. Pada musim gugur, mereka menutup ladang dan pergi ke laut untuk memancing. Tapi pada suatu hari ayah Jon merasa sudah terlalu tua untuk melakukan perjalanan, sehingga Jon harus pergi seorang diri. Sebelum pergi, ayah Jon berpesan agar ia tak berhenti di batu hitam yang besar karena di situ adalah tempat tinggal Trol. Tapi saat dalam perjalanan, badai datang dan Jon melupakan pesan ayahnya…


TV di rumah Glen Google rusak. Ayahnya membawa TV itu ke dalam mobil vannya dan kembali dengan TV pengganti yang ketinggalan zaman. Lebih baik dari pada tak ada sama sekali. Saat Glen pertama kali menyalakannya, ada hal aneh yang terjadi…


Shiverham Hall hotel yang unik. Semua tamunya sudah meninggal dunia. Tak ada satu pun makhluk hidup berani mengunjungi hotel ini. Hotel ini terlalu menyeramkan, karena itu para hantu bisa tinggal dengan tenang di sana. Tapi pada suatu siang ketenangan itu terusik…


Tom Smudge suka mendengarkan cerita seram tentang masa lalu dari Kakek Jess. Hari itu Kakek Jess bercerita tentang monster rawa. Saat di bagian menyeramkannya, ibu Tom masuk dan meminta tolong membeli beberapa barang di toko. Setelah membeli barang di toko, Tom bertemu teman-temannya dan tinggal bermain bola. Saat permainan berakhir, hari sudah mulai malam. Tom memutuskan mengambil jalan pintas ke rumahnya, melalui rawa…

Buku ini kubaca bersama Ghaza, karena itu memakan waktu yang lama untuk menamatkannya. Jika Ghaza sudah tidak menyimak lagi saat aku membaca buku ini, aku menutupnya kemudian menyimpannya hingga keesokan harinya atau kapan saja aku merasa Ghaza mau mendengarkan cerita.

Kisah-kisah tentang robot menjadi cerita kesukaannya. Dia pun tertarik memperhatikan ilustrasinya dan menunjuk gambar-gambar robot tersebut. Sampai-sampai ada bagian yang robek karena dia terlalu bersemangat, hikssss… Dan cerita-cerita kesukaanku yang bertemakan hantu. Hantunya ngegemesin dan bikin kangen, hehehe…




Semoga saja aku bisa mengumpulkan kesemua seri buku ini…





You Might Also Like

14 comments

  1. Saya punya buku ini gara-gara dikado seorang sahabat saat lahiran kemarin. Suka banget dengan cerita dan ilustrasinya. Paling seneng sih bagian Tom Smudge dan hantu rawa, apalagi hadiahnya adalah boleh nggak mandi seminggu ahahaha. Bikin ngakak.

    Saya selalu suka buku yang benar-benar bisa bikin tertawa dan sesuai dengan dunia anak-anak tanpa ada embel-embel nasihat-nasihat yang kesannya menggurui. kalau dibaca sepintas kan kisah-kisah di buku ini banyak yang absurd tapi menyenangkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget lahiran dikadoin buku dongeng!!! *envy*
      Cerita favoritku yang televisi berhantu. Hehehe

      Iya, ceritanya absurd, lucu, menyenangkanlah dibacanya. Hehehe

      Delete
  2. Memang ya mbak, harga buku cerita/dongeng utk anak2 itu masih mahal2.
    Di salah satu toko buku di kotaku, sebut saja gramedia, rata2 buku dongengnya dihargai di atas 100ribuan :')

    Mau gak mau, harus sabar dalam beli, mungkin bisa diakali tuh mbak, dengan membeli buku bekasnya. Ada banyak kok, kalo gak di toko buku bekas, ya di onlen shop :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya emang buku anak-anak full ilustrasi berwarna, juga kualitas kertasnya bagus, belum lagi kalau hardcover, aku rasa pantas si harganya. Kecuali pemerintah mau mensubsidi buku >.<

      Ia bener banget! Aku suka membeli buku bekas

      Delete
  3. Dan diriku juga menyukai dongeng >_<

    ReplyDelete
  4. kalau mau bacain dongeng buat si kecil di rumah, yang ada bukunya direbut, kira-kira kalau mau bacain dongeng sejak umur berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe emang gitu si seringnya ^^ ya biarin aja Mas, selama bukunya gak dirobek. Ajak baca bersama sambil tunjukin gambarnya.
      Bacain dongeng sejak umur berapa? Sejak SEKARANG! Aku sendiri malah semenjak Ghaza masih dalam kandungan sudah ta bacain buku cerita :p

      Delete
  5. Gambarnya lucu-lucu, Dweeee.. :D

    Aku jugak jadi kepengen beli. Tapi berhubung harganya mayan, keknya harus sistem nyicil deh kek kamu. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia lucu banget >.<

      Hahaha selamat menyicil ya belinya 😊 semoga masih ada bukunya.

      Delete
  6. Maaak...titip beli buku didiriku mumpung sale *racuuun 😝😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kalap belanja di sana kak 😂 CUKUP!!!! 🙈 hahhaa

      Delete
  7. Coba anak-anak saya masih kecil, ya. Saya beli pasti ini buka. Waktu mereka kecil, saya suka bacain buku ke mereka setiap hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya umur berapa mbak? Aku aja masih suka kok mbak baca buku beginian. Ya gak apa kalau beliin untuk anaknya~

      Delete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan