Wejangan Orangtua Mengenai Kehamilan (Part 1)

4:12 pm

“Jangan makan itu, nanti anakmu bisa begini-begitu.”
“Jangan lakuin ini-itu, nanti anakmu jadi begini-begitu”



Semasa hamil, banyak banget larangan-larangan, hal-hal tabu, dan wejangan-wejangan yang disampaikan kepadaku. Sebagian mungkin hanya mitos, sebagian lagi ada benarnya dan masuk akal juga. Saking banyaknya larangan-larangan itu, kadang membuatku merasak sesak dan ya gak bisa ngapa-ngapain. Serba salah deh pokoknya. Tapi di sisi lain aku mengerti semua itu mereka-mereka (keluarga, teman, bahkan orang tak di kenal yang melihatku hamil) sampaikan karena rasa peduli dan mengharapkan kebaikan buatku dan si calon bayi.

Cara paling aman si dengan mendengarkan apa-apa yang mereka sampaikan, menjalankannya itu persoalan belakangan… tapiiii… aku seringnya mencatat dikepala juga si apa-apa yang disampaikan dan mensearching sana-sini untuk mengetahui kebenarannya atau paling tidak menganalisanya sendiri sebelum memutuskan mengerjakannya atau tidak.

Hanya saja jika ternyata kita tidak mematuhi larangan-larangan itu dan terbukti benar/kejadian ya siap-siap saja telinga memerah karena “dipacciddaki” plus diomeli. Padahal mungkin hanya kebetulan semata. Hiksss… *menjurus ke curhat*

Nah!!! Iseng, aku pengen berbagi apa saja larangan-larangan, hal-hal tabu, dan wejang-wejangan itu. Ya seingatku saja si, soalnya banyak banget! Hahahaha… Yang sudah jadi ibu dan yang sementara hamil pasti mengalami ini deh, kalau ada yang mau ditambahkan boleh banget ya di kolom komentar ^^


Untuk postingan pertama aku batesin dulu seputaran makanan; makanan apa saja yang gak boleh dimakan dan baiknya dimakan bumil!

Gak boleh makan buah nenas, durian, dan nangka semasa hamil nanti bisa keguguran!

Aku pribadi si karena sering dengar tentang ini jadi parno duluan untuk mengkonsumsi nenas dan durian sewaktu hamil. Kalau nangka si enggak, tapi kebetulan juga semasa hamil gak pernah nemu nangka jadi ya gak makan juga. Kadang juga gak tahan si kalau lihat nenas nyempil di acar atau pizza, ya akhirnya kumakan juga. Kalau durian cuma pernah makan es krimnya itu juga cuma dua kali semasa hamil. *banyak banget kata juga*

Untuk nenas dan durian aku sudah sering banget mendengar bumil yang akhirnya keguguran karena mengkonsumsi buah ini. Tanteku dulu karena makan durian sebuah sendirian di usia kehamilannya yang ketujuh, akhirnya melahirkan prematur. Dan nenas sendiri sudah terkenal dimakan untuk menggugurkan janin, apalagi nenas yang masih muda. Tapi ada juga loh orang yang semasa hamil mengkonsumsi nenas atau pun durian dengan porsi yang banyak, kandungannya tetap baik-baik saja. Ya kembali lagi pada kekuatan kandungan bumil masing-masing si.

Sebenarnya apa benar nenas, durian, dan nangka bisa menyebabkan keguguran?

Nanas ternyata mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan akan menyebabkan kontraksi sebelum waktunya.

Sementara durian mengandung asam arachidonat dan alkohol. Asam arachididonat adalah senyawa yang menjadikan biang dalam pembentukan prostaglandin atau senyawa yang mampu merangsang kontraksi yang mengakibatkan keguguran pada awal kehamilan dan kelahiran prematur pada usia trisemester akhir. Sedangkan kandungan alkohol yang terdapat di dalam buah durian akan mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin sehingga mengakibatkan lahir prematur dengan berat badan yang rendah saat kelahiran.

Nangka sendiri tidak memiliki kandungan yang dapat membahayakan kehamilan. Jadi yang katanya nangka menyebabkan keguguran sepenuhnya mitos!!!

Kandungan vitamin pada nenas dan durian pun sebenarnya baik bagi bumil loh, hanya ya itu dikonsumsinya gak boleh berlebihan saja. Untuk nenas dan durian pada bumil yang baru trisemester awal, sebaiknya dihindari dulu sampai kandungannya benar-benar kuat si.

Jangan makan udang! (yang ini gak jelas alasannya kenapa, pokoknya dilarang saja)

Ia, aku diberitahu gak boleh makan udang saat hamil dan yang menjengkelkannya larangan ini tanpa disertai alasan! Nyebelinkan!!? Nah apakah udang aman untuk bumil?

Udang dan jenis makanan seafood lainnya mengandung merkuri yang jika dikonsumsi berlebihan akan memicu sel kanker pada janin juga dapat mengganggu perkembangan otak janin. Seram ya!

Tapiiiii… udang sebenarnya termasuk seafood yang kandungan merkurinya rendah, sehingga aman dikonsumsi bumil. Asal tidak berlebihan seperti tiap hari makan udang mulu. Dan mengkonsumsi udang yang masih segar dan matang tentunya.

Kalau aku cukup jarang si makan udang semasa hamil. Aku doyannya cumi.

Jangan makan cumi-cumi!!! Nanti anakmu hitam!

Nah ini nih yang lucu… Emang makanan bisa mempengaruhi gen seseorang?!! Langsung aja deh ini MITOS banget!!! Hihihi… Sudah terbukti di aku. Semasa hamil tuh aku ada kali dalam sebulan dua-tiga kali makan cumi. Cumi dimasak item lagi (tintanya gak dibuang). Dan Ghaza tuh putih banget… putihnya bikin sirik bundanya! Hihihihi…

Berhubung cumi-cumi juga seafood, apalagi hidupnya diperairan dalam, tentunya mengandung merkuri juga. Soooooo… jangan berlebihan saja makannya.

Jangan makan kepiting nanti anakmu suka mencubit!

Oke, errr… apa-apaan ini?!!
Perlu kita bahas? Hihihihi… ya selain kalau ini seafood aja ya, makannya jangan berlebihan.

Minum air kelapa muda biar anakmu lahirnya bersih! Tapi minumnya di usia kandungan 8 bulan, jangan sebelumnya nanti anakmu kembar air (maksudnya berair ketuban banyak/polihidramnion)!

Sudah rahasia umum ya bahwa air kelapa memiliki banyak kandungan kebaikan seperti; elektrolit alami, diuretik alami, asam laurat dan kaya mineral. Dan semua itu sangat bagus untuk ibu hamil. Apalagi semasa hamil itu bawaannya haus terus, mengkonsumsi air kelapa rasanya seger-seger gimanaaaa gituuuu…
Nah kalau membuat air ketuban berlebih sampai sekarang aku belum dapat penjelasan ilmiahnya si. Tapi yang air ketubannya sedikit memang disarankan banyak mengkonsumsi air putih dan air kelapa…

Aku sendiri doyan banget minum air kelapa. Dari belum hamil hingga mau melahirkan aku sering minum air kelapa, ya setidaknya 2 minggu sekali. Apa itu masuk dalam kategori berlebihan? Karena ya… air ketubanku banyak banget dan itu salah satu penyebab sulitnya proses melahirkanku.


Kalau soal anakku bersih ya alhamdulillah… Jadi nasehat orangtua yang ini benar atau cuma kebetulan saja?

Jangan minum air dingin nanti anakmu besar dan kembar air!

Semasa hamil itu tubuh jadi 2 kali lebih gerah ditambah lagi saat itu sedang kemarau panjang dan Makassar lagi super duper panas. Karena itu, aku sering banget minum air dingin dan makan es krim. Dan alhasil Ghaza memang lahir dengan berat 3,5kg dan seperti yang aku sebutin di atas air ketubanku memang banyak.

Sebenarnya sah-sah saja minum air dingin sewaktu hamil. Hanya saja air dingin yang dimaksud adalah air putih bukan sirup ataupun minuman kemasan yang mengandung banyak gula. Dan saya? Errrr… hehehe malah gak doyan air putih dingin. Minum air putihnya pasti yang bersuhu ruang tapi minum susu, jus dll pastinya dingin. Jadilah Ghaza besar. Kalau masalah air ketuban banyak? Entah belum dapat juga penjelasan ilmiahnya.

Yang pasti aku jadi sering diejek persoalan ini… pernah ditegur waktu minum susu dingin dan dengan santai aku bilangnya dingin lebih nikmat. Hingga sekarang kalau cerita soal proses melahirkanku pasti ujung-ujungnya dibilangin akibat dingin lebih nikmat. Huftttttt... Padahal mungkin saja hanya kebetulan bukan?!!

Jangan makan yang pedas nanti muka dan mata anakmu merah serta belekan!!!

Semua artikel yang aku baca mengenai makan pedas sewaktu hamil sepakat bahwa hal itu tidak mempengaruhi janin. Kecuali jika si ibu menjadi diare saat makan makanan pedas. Jadi muka dan mata bayi yang merah serta belekkan karena si ibu makan pedas itu mitos semata!

Aku doyan makan pedas. Dan ketika hamil, aku tetap makan pedas. Ghaza si ia muka dan matanya merah ketika lahir, seperti alergi gitu. Belekan juga. Kebetulan? Mari kita anggap seperti itu saja. Hahahaha… sudah bosan bo’ dapat ceramah perkara ini. Denger-denger apa yang orangtua bilang katanya… hiks…

Mata belekan pada bayi adalah hal yang umum terjadi dikarenakan sistem aliran air mata yang belum terbentuk sempurna saat bayi baru lahir dan dalam perjalanannya mengalami sumbatan oleh penyebab yang tidak jelas. Jadiiii hal itu bukan dikarenakan si ibu yang mengkonsumsi makanan pedas. Untuk muka Ghaza yang kemerahan, aku si belum tau penyebabnya apa….

Minum nutrisari atau sprite biar anakmu putih!

Duhhh… sekali lagi, apakah makanan mempengaruhi gen seseorang?

Sewaktu hamil aku memang sering minum nutrisari, karena ya… seger aja! Apalagi diminum dingin-dingin. Dan memang Ghaza putih! Tapi itu karena ayahnya juga putih~

Sprite?! Minuman bersoda gitu… hmmmm…

Kalau bumil ngidam dan tidak terpenuhi, anaknya nanti ileran!

Sewaktu hamil aku gak ngidam macam-macam sik dan alhamdulillah hampir semuanya ngidamku terkabulkan. Kecuali makan coppeng (buah kampung seperti anggur yang rasanya sepet, dimakan dengan gula dan garam). Saat hamil itu buah coppeng sedang tidak musimnya. Dan Ghaza… ileran!!! Hihihi…

Tuh tuh banyakkan?!! Sebenarnya masih banyak lagi si perihal makanan tapi yang diatas itu yang paling nganu (alesan, padahal udah malas ngetik). Kadang aku merasa hamil itu ribet! Tapi seruuu… hihihi…

Tunggu posingan selanjutnya ya mengenai kebiasaan dan hal-hal yang harusnya dilakukan bumil dan yang gak boleh dilakukan menurut orang-orang tua~

Btw maaf ya yang komennya belum sempat kubalas dan yang belum sempat aku kunjungi balik blognya~




You Might Also Like

23 comments

  1. wkwkwkw..mitos dan fakta kadang kita bingung sendiri...tapi saat aku hamil semuanya aku makan...bismillah aja wes..hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya si jangan berlebihan saja ^^

      Delete
  2. Replies
    1. Hihihihi... Mba gimana menyikapinya? :p

      Delete
  3. Emang bener banyak nasehat kehamilan kadang gak masuk akal.
    Kalau saya pas hamil dulu jauh dari orangtua jadi nurut secara medis aja. Alhamdulillah orangtua gak bawel harus ini itu.
    Tahu kali ya kalau anaknya tinggal jauh di perantauan, jauh dari keluarga, saudara takutnya malah repot.
    Jadi paling kalau pas telepon ngingetin soal jaga kesehatan aja. Ritual adat juga gak dijalankan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak sekali mba ^^ tapi sepi juga ya gak bisa bermanja-manja ._.

      Delete
  4. Duluuu dilarang jg makan kepiting nanti tangan anak kita nda lengkap bede.... Dilarang makan udang nanti anak kita bungkuk dan bodoh... Hahahahaha padahal seafood itu bagus untuk perkembangan otak janin... Hihihikkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohhhh jadi itu alasan dak boleh makan udang >.< hahaha
      Ia seafood kaya omega 3 yang baik buat pertumbuhan otak. Tapi dak boleh berlebihan juga karena tinggi merkurinya bisa merusak perkembangan otak janin ^^

      Jadi ya ada benarnya juga~

      Delete
  5. ada baiknya juga sih ya buat masukan. karena kadang wejangan juga berdasarkan pengalaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap ^^ strateginya dengarkan, catat, cari tahu dasar ilmiahnya~

      Delete
  6. hihi, banyak banget ya mitosnya .... bismillah aja deh, smeoga semua baik2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iaaa ^^ jangan berlebihan saja si kalau kataku ^^

      Delete
  7. banyak mitos juga yang ada penjelasan dari sisi ilmiahnya

    ReplyDelete
  8. Kak Dwee, kalo yg ttg minum dingin dan manis itu yg bikin gede bayinya yaaaa si sesuatu yg ada manisnya itu bukan krna es nya. Sesuatu yg manis kan ada glukosanya, cenderung diserap bayi jadilah dia si bayi makin gede pas lairan. Tapi buat minuman dingin, selama dia ga manis sebenernya gapapa. Tapi yaa emg gtu, mitosnya ortu banyak bener, sampe aku hrus selalu nanya2 org pas lagi kerja buat kroscek mitosnya. Untung kerja di lingkungan kesehatan, ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia memang itu penyebabnya :)
      Ia loh gak ada salahnya ngecek dulu larangan-larangan mereka ^^ Wahhh dokter ya mba?

      Delete
  9. Hiks Dwi, saya jadi merasa stres .. banyaknya itu kata jangan di tulisan di atas :D

    Dulu, saya keras kepala. Dengar saja tp belum tentu melakukannya. Biasanya sih tidak saya lakukan karena rata2 mitos. Kalo makan apa2 itu ndak apa2 ji asal ndak kebanyakan. Apa2, kalo pun baik, dimakan berlebihan juga jadinya ndak baik dalam kondisi normal apalagi saat hamil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jan mi dibawa stress kak :p

      Ia baiknya di dengarkan saja ^^ intinya memang jan berlebihan di disini ^^

      Delete
  10. Makan cumi ntar anaknya hitam? Ya kali kalo makannya kuahnya mulu. :D
    Btw, kunjungan pertama ini ya?
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar makan kuahnya mulu kayaknya gak ngaruh deh :p
      Salam kenal juga ya ^^

      Delete
  11. wkwkwkwk.. selama ini kalo para emak ngasih nasehat ini itu aku iyain aja mbak, sama obgyn juga gak ada pantangan makan apa2, kalo duren, nanas, boleh tapi jgn kebanyakan.

    kalo tak liat dari foto postingan ini uda draft lama tapi baru diposting hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ia ^^ intinya jangan berlebihan :)

      Betullll baru sempat dirampungkan dan di post ^^

      Delete
  12. Hahaha, seru juga ceritanya mbak Dweedy :-)

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan