Parenting Club Talkshow: Bebas Stres Saat Menyusui dan Persiapan MPASI

12:17 pm

Sewaktu menghadiri Media & Blogger Luncheon Mothercare & ELC kami diberitahu oleh Ibu Bertha bahwa besoknya, Sabtu 18 April 2015 ada Parenting Club Talkshow di RS Awal Bros. Karena materi pembahasannya menarik, Bebas Stress Saat Menyusui dan Persiapan MPASI, saya pun tertarik untuk ikutan, hitung-hitung persiapan menjadi ibu. Ada HTM Rp. 50.000 untuk mengikuti acara ini, tapi karena kami blogger jadi digratiskan. YES!!! Rejeki blogger!!! Alhamdulillah…

Maka hari Sabtunya pukul 10 pagi saya pun berangkat ke RS Awal Bros diantar oleh Pai. Sesampai di sana para peserta sudah pada datang, saya pikir saya sudah terlambat nih, ternyata acara belum dimulai. Saya pun duduk manis sambil memakan snack yang dibagikan (maklum ibu hamil lapar mulu).






Di belakang disediakan tempat untuk balita yang ikut bersama ibunya untuk bermain.

Acara dibuka dengan 2 materi dari pihak RS Awal Bros. Materi pertama saya tidak menyimaknya karena keasikan membaca modul materi talkshow yang ada di dalam goodiebag, pas sadar si bapak tau-tau saja sudah selesai ngomongnya. Hihihihi…
Materi kedua tentang cuci tangan yang baik. Cuci tangan yang baik sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita, juga mencegah penularan penyakit. Ada 6 langkah cara mencuci tangan yang baik, dimulai dari sela-sela jari hingga telapak tangan.


Ibu-ibu belajar cuci tangan yang baik.

Setelah itu Ibu Bertha memperkenalkan Mothercare dan ELC. Materinya tidak berbeda dengan yang kemarin. Jika ingin tahu silahkan ke sini. Kemudian tibalah waktunya untuk materi talkshow yang dibawakan oleh dr. Fith Dahlan, SpA.



Pertama-tama kita diberitahu tentang ASI eksklusif yang adalah pemberian makanan kepada bayi usia 0-6 bulan yang hanya diberi ASI saja tanpa tambahan cairan lain semisal susu formula, air jeruk, air teh, air putih atau makanan tambahan seperti pisang, pepaya, biskuit, bubur. Banyak manfaat dari ASI Eksklusif untuk ibu dan bayi diantaranya:


Untuk Ibu:
  • Menjalin hubungan kasih sayang antara ibu dengan bayi.
  • Mengurangi perdarahan setelah persalinan.
  • Mempercepat pemulihan kesehatan ibu.
  • Menunda kehamilan.
  • Mengurangi resiko terkena kanker payudara.
  • Ibu dapat memberikan ASI setiap saat bayi membutuhkan.
  • Lebih praktis dan ekonomis.
  • Menumbuhkan rasa percayadiri ibu untuk menyusui.
  • Manfaat psikologis dan emosional bagi ibu.
  • Mengurangi kemungkinan menderita kanker.
  • Mempercepat mengembalikan berat badan ibu seperti sebelum hamil.

Untuk bayi:
  • Merupakan makanan alamiah yang sempurna.
  • Merupakan makanan yang bersih dan higienis.
  • Mengandung zat gizi sesuai kebutuhan bayi untuk pertumbuhan yang sempurna.
  • Mengandung zat kekebalan untuk mencegah bayi dari berbagai penyakit infeksi (diare, batuk, pilek, radang tenggorokan, dan gangguan pernafasan).
  • Melindungi bayi dari alergi.
  • Tidak akan pernah basi, mempunyai suhu yang tepat dan dapat diberikan kapan saja dan dimana saja.

Setelah membahas manfaat ASI, dokter mengajarkan kami cara menyusui yang benar. Katanya segera susui setelah bayi lahir (inisiasi menyusui dini), minta tolonglah kepada bidan untuk melakukan proses ini. Perah sedikit ASI (kolostrum) dan oleskan pada daerah puting dan sekitarnya, hal ini berfungsi sebagai disinfektan dan memberikan kelembaban. Kemudian letakkan bayi menghadap ibu dengan posisi; perut bayi menempel  ke perut ibu, dagu bayi menempel ke payudara, telinga dan lengan bayi berada dalam 1 garis lurus, dan mulut bayi terbuka lebar menutupi daerah gelap sekitar puting susu. Cara agar mulut bayi terbuka adalah dengan menyentuhkan puting susu pada bibir atau pipi bayi. Oh ia, sebelum menyusui, biasakan mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Sebenarnya ada gambar yang diperlihatkan sehingga kita lebih paham bagaimana posisi menyusui yang benar, sayangnya kameraku gak kuat mengambil gambarnya, hasilnya cuma putih gitu, hikssss….


Nah katanya lagi saat menyusui seorang ibu tidak boleh stres, apalagi stres merawat bayinya. Karena jika seorang ibu stres bisa menyebabkan produksi ASI berkurang. Hal ini dikarenakan stres menyebabkan seseorang cenderung merasa tertekan. Adanya tekanan itu membuat seseorang menjadi malas makan dan minum. Padahal produksi ASI sangat tergantung pada makanan dan minuman sehat yang dikonsumsi. Tidak adanya pasokan makanan dan minuman dalam tubuh inilah yang menjadi penyebab berkurangnya produksi ASI pada ibu yang mengalami stres. Saat stres, hormon stres dalam tubuh akan meningkat. Meningkatnya produksi hormon stres ini akan merusak semua fungsi organ tubuh termasuk menghambat produksi oksitosin, yakni hormon yang berfungsi memproduksi ASI. Terhambatnya produksi oksitosin inilah yang juga menjadi penyebab berkurangnya produksi ASI. Selain itu stres juga menurunkan daya tahan tubuh. Saat daya tahan tubuh menurun, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Pada saat tubuh sakit, seperti menderita anemia, produksi ASI juga menjadi berkurang.

Sesi selanjutnya adalah tanya jawab dengan dokter, tetapi sebelum itu, Ibu Dian selaku pihak dari Mothercare memperlihatkan kita produk-produk Mothercare yang berfungsi sebagai pendukung ASI dan MPASI.





Sesi tanya jawab berlangsung seru, banyak ibu-ibu yang mempertanyakan perihal mitos ASI yang akan saya singkat seperti ini:

Mitos ASI:
  • Menggemukkan. Ternyata itu tidak benar, dengan memberikan ASI berat badan ibu cenderung akan kembali keberat sebelum hamil.
  • Memberikan ASI membuat bentuk payudara menjadi jelek. Hal ini juga tidak benar, karena bentuk payudara yang mengendor itu disebabkan genetik dan proses penuaan, bukan karena menyusui.
  • Warna ASI yang keluar pertama kali berwarna kuning jangan diberikan kepada bayi. SALAH BESAR! ASI yang keluar pertama kali itu malah mengandung paling banyak gizi dan tinggi kalsium.
  • Minuman dingin yang ibu minum akan membuat bayi flu, dan minuman panas yang ibu minum akan membuat bayi radang tenggorokan. Air dingin atau air panas yang kita minum akan bersuhu normal ketika melewati tenggorokan karena itu sama sekali tidak berpengaruh kepada bayi.


Berakhirnya sesi tanya jawab maka berakhir pula Parenting Club-nya, saya segera pulang dan malamnya mendiskusikan apa yang saya dapat bersama Pai ^^

Selfie!!!!


Isi goodiebagnya ^^

You Might Also Like

8 comments

  1. ilmu yang sangat bermanfaat buat calon ibu menyusui, kereeen ulasannya mak, moga ada lagi acara kayak gini yaa.. jumpa lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe terimakasih Mak ^^ ia ia semoga ada lagi jadi kita bisa jumpa lagi~

      Delete
  2. wahhh ternyata bgitu yaa materinya
    saya telat sih datangnya hihi
    untung ada mak dwii yg mengulas di blog eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi remponga ya mak makanya telat datang?

      Delete
  3. Semoga kelasnya membawa ilmu yang bermanfaat yaaah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ^^ lebih tepatnya si semoga bisa dipraktekan~

      Delete
  4. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Terimakasih :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan