Menambah Ilmu di Kota Terang Philips Makassar

3:23 pm

Tanggal 25 Februari 2015 (Sudah berapa hari yang terlewatkan tuh? Errr… tepat dua belas hari. Hihihi aku baru ada mood buat nulisnya.), aku menghadiri Talk Show Philips Lighting, “LED Lighting: Technology, Applications & Benefits” di Atrium Mall Ratu Indah. Saya tiba di Mal Ratu Indah jam satu siang kurang lima menitan, dan dengan tegesa-gesa menuju panggung utama tempat diadakannya talkshow tersebut. Saat berjalan tergesa-gesa itu saya melihat banyak booth phillips di sepanjang lantai dasar mall. Setelah talkshow saya berniat untuk mengunjungi booth-booth tersebut, sekalian untuk mengambil beberapa foto. Tiba dipanggung ternyata talkshow belum dimulai, fyuhhhh…. Saya pun segera registrasi dan duduk nyaman.



Waktu datang masih sepi


Apa sih Phillips Lighting Week itu?



Adalah rangkaian acara bertajuk “Kota Terang Philips LED” di Makassar. Kota Terang Philips telah diadakan sejak 2012 yang telah menyinari delapan belas ikon di delapan kota di seluruh Nusantara. Makassar sendiri adalah kota pertama di Indonesia bagian Timur yang disinari. Program ini digelar sebagai dukungan agar terciptanya kota aman, nyaman, dan indah di Indonesia. Jadi… Philips Lighting Week yang berlangsung dari tanggal 25 Februari hingga 1 Maret 2015 ini menampilkan berbagai kegiatan seminar, workshop, talk show, serta pameran aplikasi pencahayaan Philips LED yang dikembangkan untuk rumah, bisnis, infrastuktur kota, dan industri.

Talk show dibuka dengan MC menyampaikan kepada kami apa sih Kota Terang Philips itu, disusul dengan kuis berhadiah payung cantik. Hehehe..
Setelah itu kami pun diperkenalkan dengan Ibu Indah Susanti selaku maneger produk philips dan Mas Renka Tili selaku arsitek. Mereka berdua ini yang akan mengisi talk show. Sebelum itu kami diperlihatkan video rumah Dewi Lestari yang hemat energi dan dengan pencahayaan yang terang dan indah. Dan setelah itu talk show pun dimulai~



Ibu Indah memperkenalkan kami dengan Lampu Philips LED (Light Emitting Diode) yang adalah generasi terbaru teknologi pencahayaan yang akan menjadi tren lampu  masa depan.

Dengan tipe ulir yang sama seperti halnya lampu pijar atau lampu hemat energi konvensional pada umumnya, Lampu Philips LED cocok digunakan sebagai pengganti lampu lama kita dan dapat dipasang tanpa mengganti rumah lampu biasa (retrofit).

Keuntungan Lampu Philips LED Dibandingkan Lampu Konvensional:
  • Tahan lama hingga 15 tahun dengan pemakaian rata-rata 2,7 jam/hari
  • Hemat energi hingga 90%
  • Tidak mudah panas
  • Aman dan ramah lingkungan
  • Cahaya lebih nyaman di mata
  • Tidak memancarkan ultraviolet (UV)
  • Lebih kuat terhadap fluktuasi tegangan
  • Bergaransi 2 tahun

 
Ibu Indah & Mas Renka

Setelah itu tibalah giliran Mas Renka Tili berbagi ilmunya Bagimana Penataan Cahaya di Rumah Agar Nyaman Huni seperti rumah Dewi Lestari di video yang ditampilkan sebelumnya itu.

Pertama-tama sebelum menata pencahayaan di rumah, kita harus mengetahui dan mengerti bagaimana sifat cahaya itu:
  1. Cahaya selalu bersamaan dengan bayangan
  2. Cahaya bergerak garis lurus
  3. Cahaya  tidak dapat disentuh tetapi efeknya menyentuh


 Dalam pencahayaan ruang, bayangan sama pentingnya dengan cahaya dalam menciptakan ruang yang nyaman. Di sini kita bermain efek terang dan gelap untuk menyesuaikan kesan ruangan yang kita inginkan. Karena ternyata, manusia itu merespon cahaya secara emosional loh. Kepengen dong ya kita merasa betah nongkrong di rumah sendiri ketimbang keluyuran gak jelas. Apalagi buat saya yang memang tipe perempuan rumahan tetapi doyan jalan-jalan.

Terus…. Dalam pencahayaan juga ada 3 jenis cahaya loh ternyata;
General. Yakni pencahayaan dari atas yang “melebar” untuk seluruh ruangan. Seperti yang ada di rumah-rumah pada umumnya.
Direct. Yakni pencahayaan yang menyorot, yang menerangi satu sudut saja. Seperi lampu baca.
Accent. Ini juga pencahayaan yang menyorot, bedanya dia menyorot objek bukan bagian dari ruang seperti Direct. Biasanya digunakan untuk menerangi karya seni yang ingin “dipamerkan”

Jadi… inspirasi rumah nyaman huni adalah dengan memahami sifat dari cahaya itu sendiri, memahami kebutuhan cahaya tiap ruangan, memilih sumber cahaya yang tepat, mengontrolnya dan memasukkan warna cahaya. Oh ia philips LED ada juga yang berwarna loh!!!

Setelah pemaparan dari Mas Renka, dibukalah sesi tanya jawab setelah itu disusul dengan kuis.  Aku mupeng berat pengen menjawab pertanyaan kuisnya, hadiahnya bikin ngiler! Terutama yang lampu baca!!! Hikssss…. Sayangnya saya tidak ditunjuk untuk menjawabnya u.u Lain kali saya harus berdiri di atas kursi!!! SEMANGAT!!!
 
Arghhhhh mupeng lampu bacanya!!! >.<

Oh ia, setelah itu kami, para peserta talk show kemudian diajak berkeliling melihat booth pameran yang ada~

Sedang berlangsung lomba menggambar lampion

Duh adik kecil serius sekali ^^

Lampion ini nantinya akan dipamerkan di acara puncak


Kalau lampunya nyala sampai atas, si ibu akan mendapatkan potongan harga saat membeli lampu philips LED di booth yang tersedia.

Yang ini juga sama dengan yang di atas, bedanya jika yang diatas dengan cara memukul, yang ini dengan cara berteriak.







Ada yang sempat hadir di Philips Lighting Week di Atrium Mal Ratu Indah?

Dapat goodiebag!

Isinya ini ^^ Kirain lampu Philips LED :p

Atau malah hadir di acara puncaknya di Parkiran Trans Studio Mall?
Di sana diresmikan penyinaran Monumen Mandala dan juga ada konser Kota Terang yang dimeriahkan dengan penampilan Ungu, Ayu Ting Ting, Sule, Ruben Onsu, Aziz Gagap, Adul, Opi Kumis, Husein, Luna Maya, dan Gilang Dirga. 

You Might Also Like

6 comments

  1. Wih seru banget acaranya..
    Kota saya kapan ada acara seminar kayak gitu ya? Oh iya kota saya kan kota bekasi. Apa yang mau disinarin? Bantar Gebang?
    Kalo saya belum pernah dateng ke acara seminar kayak gini, seringnya cuma nonton konsernya di TV :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini malah baru ada loh acara semacam ini di Makassar ^^
      yahhh setidaknya yang aku hadiri baru ini :p #plak hahahaha

      Aku malah gak ke konsernya~

      Delete
  2. Lampu hiasnya cantik-cantiik, aku sekarang juga lebih suka pake lampu LED mak, meski agak mahal tapi lebih tahan lama dan ramah lingkungan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia lampu hiasnya cantik bener ih >.<
      Aku sendiri malah belum coba lampu LED Mak >.< nantilah setelah lampu kamar mati. hehehe

      Delete
  3. top markotop...lampu hiasnya bikin ngences...

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan