Liburan Gratis ke Jepang?!!

4:40 pm

Siapa sih yang tidak mau liburan gratis ke Jepang? Saya apalagi…
Tapi liburan musim dingin di Jepang?
Ngapain ya?



Berbicara tentang Jepang yang langsung terlintas di pikiranku adalah festival Hanami; berpiknik bersama teman-teman atau keluarga di bawah pohon sakura yang sedang berbunga. Indah sekali pastinya dan akan sangat menyenangkan mengunjungi Jepang saat itu. Tapi festival Hanami berlangsung pada musim semi, saat bunga sakura bermekaran. Apa yang bisa kita saksikan saat musim dingin di Jepang?

Musim dingin di jepang sendiri berlangsung dari bulan Desember hingga Februari. Untuk orang yang lahir dan besar di daerah tropis seperti saya, menyaksikan dan merasakan salju adalah pengalaman yang luar biasa dan patut untuk dinantikan. Tetapi bukan hanya itu saja yang Jepang tawarkan untuk kita yang ingin berlibur di sana saat musim dingin. Ada sederet festival yang berlangsung selama musim dingin yang bisa kita saksikan.

Awal Januari, mulai dari tanggal 1-3 ada Hatsumode, waktu untuk mengunjungi kuil. Saat itu berbondong-bondong orang Jepang akan mengunjungi kuil ataupun tempat suci yang terkenal, seperti Kuil Meiji di Tokyo, Kuil Naritasan Shinshoji di Propinsi Chiba, Kuil Kawasaki Daishi di Propinsi Kanagawa, Kuil Yasaka di Kyoto, dan Kuil Sumiyoshi di Osaka. Mereka akan berdoa untuk kesehatan, umur yang panjang, perdamaian dunia, dll. Akan menarik mengikuti keramaian sekaligus mengagumi arsitektur kuil-kuil itu dan turut berdoa di dalamnya.
 
Antrian orang-orang yang berkunjung ke kuil. Gambar diambil di sini
Tanggal 2 juga ada Shinnen Ippan Sanga, ucapan selamat tahun baru masyarakat kepada keluarga  kaisar. Lingkungan Kekaisaran di Tokyo biasanya tertutup untuk masyarakat umum, tetapi kusus di tanggal 2 Januari setiap orang bisa masuk untuk mengucapkan selamat tahun baru kepada anggota keluarga kaisar yang melambai di balkon istana. Lumayan dong kita bisa melihat langsung anggota kerajaan sambil mengkhayalkan masa-masa kejayaan kekaisaran Jepang.
 
Keluarga Kerajaan Jepang. Gambar diambil di sini

Selain itu, selama Januari ada juga perayaan; Kagamibiraki, kagamimochi, kue beras bulat besar yang secara tradisional dipersembahkan kepada para Dewa selama perayaan Tahun Baru, kini dipotong-potong kecil dan bersama-sama dimakan dengan ozoni (sup sayur) atau oshiruko (sup kacang azuki). Terakhir ada Upacara Hari Kedewasaan (Seijin no Hi), dihari itu orang-orang yang akan berulang tahun ke-20 di tahun itu akan menghadiri upacara di daerah mereka, mendengarkan pidato dan melangsungkan acara untuk menanamkan kesadaran sebagi orang dewasa. Usia 20 di Jepang adalah usia dimana seseorang telah dianggap dewasa, mendapatkan hak suara, diperbolehkan merokok dan minum alkohol. Para perempuan akan memakai kimono yang berwarna cerah dan para lelakinya memakai jas resmi.

Kagamibiraki. Gambar diambil di sini.
Para pemuda-pemudi yang berbondong-bonding menghadiri Seiji no Hi. Gambar diambil di sini.

Di bulan Februari tanggal 3 ada Setsubun, upacara Setsubun dilakukan untuk mengusir pengaruh buruk (yang disimbolkan dengan iblis hitam bertanduk) dan menyambut  hal-hal baik—keuntungan dan kebahagiaan. Acara ini dilakukan di rumah dan kuil, caranya dengan melempar kacang panggang sambil berteriak, “Oni wa soto, fuku wa uchi!” (Iblis keluar, keuntungan masuk!). Kebiasaan ini disebut mame-maki. Beberapa kuil besar biasanya mengundang pers untuk meliput mame-maki beserta artis dan atlit untuk turut serta melakukan mame-maki, memberikan kesenangan dan hiburan tambahan untuk masyarakat.

Gambar di ambil di sini

Gambar diambil di sini

Gambar diambil di sini

Setiap awal Februari di Sapporo, kota terbesar di Hokkaido, mengadakan Sapporo Yuki Matsuri, yakni festival musim dingin. Akan ada lebih dari 150 patung karya seniman Jepang yang terbuat dari salju dan es. Patung-patung itu adalah replika arsitektur dunia, karakter TV dan orang-orang terkenal. Ketika malam tiba, patung-patung itu akan disorot dengan lampu berwarna-warni yang memberikan kesan seakan kita berada di dunia mimpi. Selain itu akan ada konser dan acara menghibur lainnya sepanjang festival tersebut yang biasanya berlangsung selama seminggu. Sementara itu di Yuzawa, Propinsi Akita, setiap tanggal 10 dan 11 Februari ada festival Inukko. Di hari itu lilin dibakar di kuil-kuil dan terdapat patung-patung anjing yang terbuat dari salju. Ada juga Asahikawa Winter Festival yang mengangkat tema musim dingin seperti Sapporo Yuki Matsuri.





Gambar diambil di sini

Lalu jangan lupakan Valentine, masyarakat Jepang yang menyukai perayaan menyambut hari kasih sayang ini dengan meriah. Toko dan cafe-cafe akan menghias diri dengan tema Valentine, coklat akan dijual di setiap toko dan biasanya salju akan turun dihari itu sehingga kita dapat merasakan white valentine. Momen hari kasih sayangnya akan terasa banget dan romantis tentu saja. Pengalaman yang tak terlupakan merayakan white valentine dengan suami  di Jepang *kemudian menghayal*. Hahaha

Selain menikmati festival kita juga bisa mencoba berkunjung ke Onsen, tempat permandian air panas. Bayangkan dicuaca dingin membekukan kita berendam air panas bersama suami (ehemmm), mengusir rasa dingin itu sambil menyaksikan salju (tentu saja jika permandian air panasnya outdoor). Atau bisa juga kita mencoba bermain ski atau snowboard…

Ada Resort Ski yang bisa kita tempoh hanya dalam 77 menit dari kota Tokyo menggunakan shinkangsen (kereta peluru), resot itu bernama Gala Yuzawa, yang terletak di kota Echigo Yuzawa. Saya selalu kagum dengan transportasi di Jepang, terutama kereta apinya yang super duper cepat dan praktis. East Japan Railway Company (JR East) telah terhubung dengan 1689 stasiun! JR East juga terkenal dengan ketepatan waktunya, istilah ngaret gak ada deh di sana. Bebas stres dan macet ^^ Lah kok ini malah ngomongin kereta api? Hihihihi…
Masalahnya kita yang tidak pernah merasakan salju otomatis tidak tahu dong ya bermain ski ataupun snowboard. Gimana caranya menikmati berada di resort? Lah main ski saja tidak tahu?!! Tenang… Gala Yuzawa menyediakan pelatih ski profesional yang siap mengajari kita. Dan para pelatihnya fasih berbahasa Inggris, sayanya aja yang tidak tahu.



Area ski di Gala Yuzawa terbagi menjadi beberapa wilayah; Central Area, Southern Area, Northen Area, dan Downhill Course. Untuk pemula seperti saya si baiknya nongkrong di Central Area saja si biar aman. Oh ia semua peralatan ski dan snowboard mulai dari sepatu boots, gloves, dll bisa disewa di sana jadi tidak perlu membeli. Boros ajakan membeli peralatan ski tapi setelah itu tidak terpakai lagi di Indonesia.

Duhhh… bayangkan saja jika saya memenangkan liburan musim dingin gratis ke Gala Yuzawa ini!!! Turut serta di Tokyo Rail Days, merasakan naik kereta api super cepat... seumur hidup aku belum pernah naik kereta api loh, apalagi keluar negeri. Hitung-hitung seperti honeymoon dengan suami nih. Dan siapa tahu di sana dede bayinya jadi dan pulang-pulang sudah hamil!!! Amin!!!! Hahahaha…. 



berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [3]
JR East (Tokyo Rail Days) Official Website

Info lengkap mengenai Gala Yuzawa dan JP Raildays:
FB: https://www.facebook.com/id.jprail
Website:http://www.jp-rail-id.com/

Sumber tulisan:
http://meita-seputarjepang.blogspot.com/2008/05/macam-macam-perayaan-dan-festival-di.html
www.infojepang.net/menikmati-liburan-musim-dingin-di-jepang/
http://jalan2.com/blog/193/entry-299-wisata-musim-dingin-ke-jepang-lihat-salju-dimana/
www.snowjapan.com/japan-ski-resorts/gala-yuzawa

You Might Also Like

26 comments

  1. Replies
    1. Ikutan buat artikelnya? atau ikutan ke Jepang Mift? :p

      Delete
  2. wow indahnya Jepang... mupeng..

    ReplyDelete
  3. Jepang memang negara yg memiliki ragam budaya seperti halnya Indonesia.. Menariknya warga Jepang sngt menjunjung tinggi budaya mereka dgn cara selalu menampiljan berbagai acara fesrival budaya.. Ke Jepang dgn nuansa musim dingin sambil menikmati berbagai festival budaya adalah salah satu impianku juga..apalagikali gratis nggak nolak tuh .hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Mbak makanya aku mupeng banget ke Jepang gitu >.< Apalagi gratis kan ya, hihihi

      Delete
  4. Waaahhhh.... musim dingin di jepangny gak ada salju ya? Apa karena dserah dekat pantai ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bilang gak ada salju siapa Mbak? u.u

      Delete
  5. Liburan di musim dingin ngapain aja? Coba bikin snowman *bukan merk pena* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Jun ^^ itu sudah termasuk bermain salju ^^

      Delete
  6. jadi pengin ke Jepang. O_o Btw, semoga sukses lombanya ya, Kak.

    ReplyDelete
  7. jepang emang kece banget, suka iri sama temen2ku yg bisa bistrip kesana,, hauahaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka sirik ma teman yang bisa jalan-jalan kesana >.<

      Delete
  8. Asik jugak yaaaa maenan salju. Apalagi di Jepang. :D

    ReplyDelete
  9. Kuenya gede bingitsya, bisa kenyang buat seharian tuh hehehhe... sukses kontesnya, mbak. Salam kenal dari Bandung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuenya dibagi-bagi satu kampung deh kayaknya ^^ hehehe
      Terimakasih sudah mampir dan salam kenal juga dari Makassar ^^

      Delete
  10. Dwee.... wish us luck :)
    hehe..

    eh aku follow lho di #256, follback yaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ^^

      Huwaa salam kenal ya semoga gak nyesal follownya ^^

      Delete
  11. nice info tentang jepang, saya memang lagi akan berencana ke jepang dan nanti rekomen yang saya baca dari blog ini saya ajukan untuk perjalan saya ke travel wisata fiesta indonesia saya www.facebook.com/fiestaindonesia nice blog

    ReplyDelete
  12. wah kayanya seru nih acaranya :)

    ReplyDelete
  13. liburan ke jepang gratis? pengen dong :D

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan