Jumatulis Season 2 - 02 Hasrat - Tips Menekan Hasrat Berbelanja Buku

6:55 pm

Ada yang sering menimbun buku?
Tidak henti-hentinya membeli buku tetapi tidak memiliki waktu untuk segera membaca semuanya? Akhirnya membiarkan buku-buku tersebut menumpuk di rak buku – bagus jika memiliki rak buku, mungkin saja hanya ditumpuk di lantai atau di dalam kardus – masih terbungkus plastik dan bertahun-tahun hanya tergeletak berdebu tanpa membacanya. Dalam hati berdalih, demi membenarkan tindakan kalian, bahwa suatu saat buku itu pasti akan dibaca juga, atau buku yang dibeli itu sudah lama masuk dalam wishlist, atau takut jika buku itu akan hilang dari peredaran, atau demi perpustakaan pribadi impian.

Ada yang tidak lagi pernah membeli pakaian, tas, sepatu, maupun alat makeup karena seluruh uang bulanannya, gajinya, habis untuk membeli buku?
Pakaian, tas, dan sepatu yang dikenakan sudah kumal, tubuh (apalagi wajah dan rambut) cu’mala’ (dekil) karena tidak mendapatkan perawatan. Hayooo siapa?!! Kamar pun menjadi sesak karena buku-buku yang bertimbunan.
Gambar di ambil di sini

Ada yang berjanji di dalam hati akan puasa membeli buku tetapi ketika melihat daftar buku atau diskonan di sebuah toko buku langsung kalap berbelanja?
Ada! Pasti Ada! Saya salah satunya ._____________. #ehh

Ia saya sendiri sangat susah meredakan hasrat untuk berbelanja itu. Godaannya datang dari mana saja, membuat saya membeli buku dan terus membeli buku, padahal tumpukan buku-buku yang belum sempat dibaca terus menggunung. Sulit si karena saya memang selain suka membaca juga mengoleksi buku dan punya keinginan memiliki perpustakaan pribadi. Syukur-syukur perpustakaannya seperti punya Elinor Loredan, lebih bagus lagi jika seperti di bibbi boken ^O^ Hohoho.... serasa surga deh!!! Ehhh... ini topik udah melenceng ya. Okesip mari kita lanjut!

Untuk itu saya ingin berbagi sedikit tips yang berasal dari pengalaman saya sendiri, semoga tips ini bermanfaat dan dapat  menekan –sukur-sukur meredakan – hasrat berbelanja buku kalian...(ecieeee bahasaku! Hahahaha)

1. Jangan mampir ke toko buku! (baik fisik apalagi online)


Lah ia, niatnya mau puasa berbelanja buku tapi setiap keluar rumah mampir ke toko buku. Katanya sudah berbelanja terlalu banyak buku di bulan ini, tapi tiap hari kerjanya ngecek katalog buku di toko buku online. Gimana tidak tergoda untuk belanja dan terus berbelanja lagi jika seperti itu?!!

Ia si teorinya emang gampang banget, prakteknya itu yang susah. Rasanya memang ada yang kurang dan tidak lengkap saat keluar rumah, apalagi jika ke moll, dan tidak mampir ke toko buku. Tangan ini rasanya gatal dan gemasnya bukan main setiap melihat updatean buku terbaru yang dijual di toko buku online, inginnya langsung ngeklik dan plototin daftar bukunya lalu booked ini-itu. Ia saya tahu, itu pun saya alami. Maka dari itu perkuat tekad dulu!!! Eh harusnya perkuat tekad jadi poin pertama ya?!! Hahaha... Next~

2. Kurangi membuka media sosial! Kalau perlu selama masa puasa itu jangan membuka media     sosial.


Tau deh media sosial saat ini marak dengan toko online, toko buku online pun bertebaran tidak hanya di facebook dan twitter, tapi kini juga telah merambah di whatsapp dan instagram. Belum lagi ada teman yang hobinya pamer buku yang baru saja ia beli (siapa itu??? Siapa itu??? SIAPA ITU??? *lirik sinis*). Ada juga yang begitu baiknya mengabarkan diskon di toko ini dan itu dan bersedia dititip... ITU SANGAT MERONTOKKAN TEKAD KAWAN!!! Hufttt... eh ini tips atau curhat ya?!! Hihihi

3. JANGAN PUNYA UANG!


Nah tips terakhir ini yang paling ampuh buat saya ._.
Setergoda apapun kamu, sehancur lebur apa pun tekad mu, jika kau tidak punya uang, niscaya kau tidak akan berbelanja buku lagi. Okesip!

Semacam inilah muka bengong saya di depan toko buku pas tidak punya uang ._. btw gambar diambil di sini

Sekian tips saya di hari Jumat yang cerah ini, semoga bermanfaat bagi kalian duhai pembaca setia blog ini ^O^ Hwahahahah...



You Might Also Like

8 comments

  1. Wuaaaaaa, ada teman sesama penimbun buku :)
    Benar banget ya mbak, kudu nggak punya uang biar bisa ngerem beli buku :D

    ReplyDelete
  2. thanks tipsnya kakak, cucok deh tipsnya bisa menekan belanja negara kalau gini hehehe, eh salam kenal kunjungan siang dari saya yuli.
    sukses deh dengan tipsnya..
    kunjungi balik ya http://yulieono.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi makasih juga sudah mampir kaka ^^

      Delete
  3. *ngacung* *lirik timbunan di rak buku*
    tips no 3 itu emang paling manjur :))

    ReplyDelete
  4. ha ha sama saya juga mengalami hal yang sama, kebanyakkan buku yg belum baca di rumah. belinya semangat, bacanya enggak. makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... ^^
      kalo aku si bacanya semangat juga, cuma memang waktu saja yang tidak cukup

      Delete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan