The Very Hungry Caterpillar

2:10 pm


The Very Hungry Caterpillar
By Eric Carle
Copyright @ 1969 & 1987 by Eric Carle
Published by Philomel Books, N. Y. USA.

Ulat yang Sangat Lapar
Penerjemah: Endang Pratiwi

Cetakan pertama, Januari 1997
Teks Indonesia @ 1997
@ PT INDIRA, 1997

32 hlm; 21 cm

Buku ini telah diterjemahkan lebih dari 12 bahasa dan sudah terjual lebih dari 4 juta buku. Eric Carle, pengarang buku ini telah menciptakan buku yang sangat menarik yang tidak saja indah di dalam gambar dan warna tapi juga sekaligus memberi pelajaran bagi anak-anak tentang lahirnya seekor kupu-kupu yang berasal dari seekor ulat (metamorfosis) bahkan sekaligus juga memberikan pelajaran menghitung angka sampai 10, nama-nama hari dan memberitahukan caranya memakan makanan yang bergizi baik.

Buku ini sendiri bercerita tentang seekor ulat yang menetas di suatu pagi yang cerah. Ulat itu bertubuh mungil dan sangat kelaparan, maka dia pun mulai mencari makan. Apa saja yang ia temukan, ia lahap dengan rakusnya hingga akhirnya perutnya sakit. Kapok, ia pun akhirnya hanya memakan daun hijau yang segar.




Beberapa hari kemudian, ulat yang mungil itu tidak lagi mungil. Ia pun sudah tidak lapar lagi. Badannya kini besar dan gemuk dan dia mendirikan kepompong menutupi seluruh tubuhnya. Baru setelah kurang lebih dua minggu ia keluar dari kepompong itu tapi, kini dia bukanlah lagi seekor ulat- dia telah menjelma menjadi kupu-kupu yang cantik.



Ya, buku ini hanya berkisah tentang bagaimana seekor ulat menjelma menjadi kupu-kupu yang cantik. Sewaktu kecil karena buku ini saya gemar sekali memelihara ulat bulu dalam stoples yang atasnya diberi lubang udara. Senang sekali rasanya melihat secara langsung bagaimana ulat bulu yang jelek dan melata itu berubah menjadi kupu-kupu yang cantik. Seperti menyaksikan pertunjukan sulap. Dimana sihir dan keajaiban berlangsung di depan mata saya.

Untuk segi cerita, karena saat saya membeli buku ini saya sudah duduk di kelas dua SD, saya hanya menjadikannya bacaan sepintas lalu. Narasi di buku ini hanya sedikit, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk membacanya. Tapi ilustrasinya sungguh sangat memikat. Saya tidak puas-puasnya memandanginya dan ada suatu saat saya akhirnya tidak tahan dan menggunting-guntingnya~ duh...

Beruntung, setelah beberapa tahun berlalu, dan saya sangat menyesal atas kenakalan saya sewaktu kecil yang sangat suka menggunting-gunting itu, akhirnya saya menemukan buku ini kembali. Persis seperti punya saya dahulu, cetakan pertama. Yeahhhhh....

Kesan saya setelah membacanya kembali tidak jauh berbeda dengan saat pertama kali membacanya, buku ini adalah bacaan sambilan, hanya lima menit saya sudah menamatkannya. Saya hanya berlama-lama menikmati ilustrasinya yang memang sangat indah itu. Yang paling menarik saat si ulat memakan apapun yang ia temukan, ilustrasi di buku ini turut di beri lubang, terlihat seakan-akan nyata ulat itu memakan makanan tersebut di depan kita.



Buku ini memang cocoknya menjadi bacaan anak-anak yang baru bisa membaca atau buku yang akan kita bacakan untuk anak-anak. Narasinya yang tidak terlalu panjang, membuat kita tidak capek saat membacanya, apalagi jika diselingi pertanyaan ini itu dari anak-anak tersebut. Dan saya sangat senang menemukan buku ini kembali... sebagai pengumpul buku dengan ilustrasi cantik, buku ini tidak boleh terlewatkan.

You Might Also Like

2 comments

  1. Ilustrasinya emang indah banget ya, Mbak..
    jadi pengen cari buat anak..

    ReplyDelete
  2. May I know where to buy this Bahasa book?

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan