Dear Dwee

9:00 am

Selamat ulang tahun yang ke-14 ^^

Apakah kau bahagia?

Apa rencanamu untuk ulang tahunmu kali ini? Mungkin meneraktir beberapa temanmu makan di Bakso Pantai Indah? Ya... kurasa kau akan melakukan hal tersebut, seperti dua tahun belakangan. Meneraktir beberapa teman sembari menikmati ucapan selamat dan beberapa hadiah ulang tahun. Selalu menyenangkan merayakan ulang tahun, merayakan telah bertambah satu tahun lagi umurmu. Kau segera akan lulus SMP dan masuk SMA. Kau akan menjadi dewasa. Hal yang sama sekali tidak kumengerti, mengapa kamu sangat antusias tentang hal tersebut.

Saat ini kau pun sedang gencar-gencarnya merancang mimpi-mimpimu bukan? Menuliskan sepuluh tahun kedepan akan seperti apa kau, hal-hal apa yang ingin kau raih, tempat-tempat apa yang ingin kau datangai. Kau bahkan menuliskan to do list mulai dari setahun, tiga tahun, lima tahun, delapan tahun, hingga sepuluh tahun hal-hal yang ingin kau capai, mimpi-mimpi mu itu. Nikmatilah! Mimpi itu gratis, mimpilah setinggi-tingginya, jangan takut jatuh, memang jatuh dari ketinggian itu amat menyakitkan bahkan mungkin kau bisa mati, tapi petualangan mendaki itu teramat sayang untuk dilewatkan, bahkan jika kamu pada akhirnya jatuh tanpa sempat mencapai puncak, kau akan jatuh dengan perasaan puas dan menikmati kejatuhan itu. Hey! Siapa bilang kau tak bisa menikmati jatuh? Dan hal-hal yang terjadi setelah kau jatuh?!!! Tapi beberapa tahun kedepan kau menyadari beberapa mimpimu berubah dan kau kehilangan ambisi untuk meraihnya. Apakah itu buruk? Tidak juga, kau menjadi jauh lebih bahagia, tidak ada tekanan, dan meskipun lambat perlahan-lahan kau meraihnya.

Apakah kau membaca surat ini sambil berdiri? Jika ia, duduklah. Aku akan memberitahumu hal yang menyedihkan. Yang akan mematahkan hatimu. Ketakutan terbesarmu, tidak akan lama lagi terjadi. Kau sudah tahu hal itu bukan? Kau sudah diberikan pertanda yang teramat jelas, meskipun tidak mempercayaiinya jauh membuatmu lebih bahagia saat ini. Rasanya akan sangat menyakitkan, kuharap kau kuat dan mampu menghadapinya. Ya memang kau akan banyak menangis, merasa marah pada dunia dan segalanya, merasa benci pada semuanya. Tapi ketahuilah semuanya akan berlalu... semuanya memang tidak akan menjadi baik-baik saja, tapi semuanya akan tertahankan pada akhirnya.

Kau akan menemukan kebahagian lain yang tidak sama dengan kebahagiaan yang teramat kau rindukan nantinya, tapi rasanya akan sepadan. Maka dari itu jangan pernah melakukan hal-hal gila yang terlintas di kepalamu nanti! Hal-hal gila karena kau marah pada Sang Kekasih, hal-hal gila karena kau merasa ditinggalkan dan mereka tidak cukup sayang padamu sehingga memilih bersama dibandingkan denganmu. Seiring berlalunya waktu, kau akan mengerti dan memahami jika memang itulah yang terbaik. Bahkan dari rasa sedih, amarah, cemburu, dan ketidakpercayaan yang kau rasakan, kau belajar banyak hal dari itu semua

Berbaik-baiklah kepada nenekmu, kasian dia sudah tua. Jangan jadiakan dia pelampiasan amarahmu, pelampiasan masa pubermu yang cukup berantakan. Dia menyayangimu. Bersabarlah menghadapi orang yang lebih tua, yang dewasa... mereka mencintaimu dengan caranya sendiri.

Menagislah sepuasmu, itu menyembuhkanmu. Meskipun keesokan paginya kau akan berakting baik-baik saja, selalu ada malam yang panjang yang bisa menemani sepimu, mendengar segala keluh kesahmu. Dan ada Sang Kekasih... ya meskipun kau sangat membencinya nanti, ketahuilah Dia selalu ada untukmu, Dia punya alasan untuk semua ini, Dia tahu yang terbaik untukmu. Dan suatu saat kau akan sangat mencintai-Nya, melebihi cintamu kepada dirimu sendiri.

Selamat ulang tahun Dwee
Semoga kau berbahagia dan selalu tersenyum~

Salam sayang,

Dweedy dari sepuluh tahun yang akan datang.

You Might Also Like

5 comments

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad