B Blog’s, I A.M a Blogger

10:05 am

Hai semuanya  ^^

Sebagai seorang blogger, apalagi blog ini telah bersama saya selama hampir tujuh tahun,  saya sering mendapatkan pertanyaan dari beberapa orang yang kepo penasaran bagaimana saya bisa mulai ngeblog, mengapa saya ngeblog, dan berbagai pertanyaan lainya tentang blog saya. Saya sebenarnya senang-senang saja menjawab pertanyaan itu, masalahnya, terlalu sering orang-orang yang berbeda menanyakan hal yang sama membuat saya lama-lama menjadi eneg. Mungkin rasanya sama dengan menerima pertanyaan kapan sarjana ketika teman-teman seangkatanmu telah terlebih dahulu sarjana, atau pertanyaan kapan nikah ketika teman-temanmu telah beranak dua...

Hihihi kok jadi ngelantur ya?
Intinya karena bosan juga terus-terusan menjawab pertanyaan yang sama, saya pun berniat menuliskan perihal tersebut di blog ini. Jadi, jika ada yang bertanya lagi, saya tinggal memintanya untuk membaca postingan saya tentang itu di blog ini. Tapi... rencana itu pun lagi-lagi hanya mengendap menjadi file draft dan akhirnya terlupakan. Untungnya kali ini saya menemukan sebuah alasan yang bagus dan menyingkirkan jauh-jauh kemalasan saya untuk bercerita tentang blog ini melalui tulisan.

Oke, duduk yang manis ya dan mari berkenalan dengan blog HONEYSUCKLE ini ^^


Kenapa saya membuat blog?

Alasannya mungkin sama saja dengan semua orang yang membuat blog, yup, karena saya suka menulis. Suka menulis tentunya timbul karena saya suka membaca. Dari kesukaan membaca itu timbullah keinginan dalam hati untuk bisa juga menciptakan sebuah dunia milik saya sendiri yang nantinya bisa dinikmati dan syukur-syukur bermanfaat oleh orang lain. Maka saya pun menulis. Saya menulis di mana pun dan kapan pun selagi saya sempat. Di buku diary, di halaman depan novel, di selembar kertas, di notes hp, di mana saja ketika keinginan menulis dan inspirasi itu muncul. Saya suka kesal sendiri jika menunda menulis apa yang sudah ada di kepala saya, biasanya idenya itu bisa terlupakan, lenyap di bawah lari waktu.

Tulisan-tulisan saya itu pada mulanya hanya saya nikmati sendiri. Sampai saya mengenal blog saat duduk di kelas dua SMA. Karena sangat ingin membuat blog dan agak segan meminta bantuan orang lain, saya pun membeli buku yang mengajarkan cara-cara membuat blog di sebuah toko buku. Dan semenjak itulah blog ini ada.

Awalnya isinya cuma kutipan-kutipan dari buku yang saya baca dan berbagai cerita sehari-hari yang tidak penting dan menggunakan diksi yang enggak banget. Hihihi... semakin kesini, blog ini pun tetap eksis dengan isi yang campur aduk yang merangkum segala minatku pada banya hal. Alasan lainnya karena saya gak mampu mengurus banyak hal secara bersamaan, cukuplah satu blog ini saja. Hahahaha....

Jadi saya ngeblog karena suka menulis, menyebarkan ide dan menciptakan dunia sendiri, dan tempat untuk curhat dan melarikan diri sejenak dari dunia nyata. Kalian sendiri mengapa ngeblog?

Bagaimana saya memilih nama dan tema untuk blog saya?

Saya sebenarnya kurang kreatif dalam pemberian nama. Awalnya blog ini menggunakan namaku saja, Dweedy. Mudah diingat dan aku gak begitu perlu pusing-pusing membuat nama. Tapi ketika sedang membaca kembali salah satu buku favoritku, Secret Garden, karangan Frances Hodgson dan menemukan nama sebuah bunga (HONEYSUCKLE) yang terlihat manis dan enak banget pelafalannya di lidahku, maka nama bunga itu pun kugunakan sebagai nama blog ini. Eh gak langsung juga si, sebelumnya aku browsing dulu tentang bunga honeysuckle itu.

Honeysuckle mewakili saya atau yang saya harapkan dari diri saya. Bunganya indah berukuran mungil dan panjang serta menguarkan aroma manis ketika sedang mekar, rasanya sangat mirip dengan diri saya yang mungil dan semoga akan “mengeluarkan keharuman yang manis” untuk sekelilingnya. Maksa ya? Hahahaha... Yah jadi begitulah mengapa blog ini bernama HONEYSUCKLE...

Untuk tema sendiri, sudah saya singgung di atas, mungkin bisa dikatakan kalau tema blog ini adalah saya. Ia, saya memang narsis. Beragam hal yang menarik minatku, segala hal yang saya sukai, ada di dalam blog ini. Campur aduk, karena saya memiliki banyak hal yang saya minati dan akan terlalu merepotkan untuk mengurus lebih dari satu blog itu.

Keuntungan apa yang saya dapatkan selama ngeblog?

Yang pertama, cara saya menulis mengalami kemajuan. Kemajuan yang saya maksud pada pemilihan kata, penggunaan tanda baca, dan isi dari tulisan saya. Bisa dicek bagaimana cara saya menulis pada postingan-postinga awal di blog ini dan bandingkan dengan beberapa postingan terbaru saya. Ada perbedaan dan kemajuan bukan?!! Tentunya hingga sekarang saya masih terus belajar bagaimana menulis yang baik dan sesuai EYD. Terkadang pun tulisan saya masih typo di sana sini juga. Tapi ya dengan terus menulis, saya yakin tulisan-tulisan saya itu akan terus berkembang. Juga adanya orang yang membaca tulisan saya lalu meninggalkan komentar, menambah semangat saya untuk terus menulis.

Kedua, ngeblog membuat saya mengenal banyak orang-orang baru dengan segala kepribadian mereka yang unik. Dari yang memiliki kesamaan minat dengan saya sehingga kami bisa mengobrolkan banyak hal dan saling bertukar informasi mengenai kesukaan kami, hingga yang sama sekali memiliki minat yang berbeda dengan saya sehingga kami bisa saling mengenalkan minat kami yang berbeda itu.

Ketiga, saya jadi bisa memamerkan hasil karya saya kepada dunia, kepada siapa saja yang kebetulan nyasar ke blog ini. Saya yang suka membuat kerajinan tangan dan menggambar akhirnya bisa juga mengadakan pameran tunggal... di blog... ^^

Keempat, saya sering mendapatkan barang-barang gratis dari ngeblog. Kebanyakan berupa buku, tapi kadang juga berupa hasil craft dan vocher belanja. Siapa yang tak suka barang gratisan? Hehehehe...

Tips & trik sebagai seorang blogger

  • Mulailah ngeblog dan tulislah apa yang menjadi minatmu, apa yang kau sukai.

Suka membaca? Buatlah blog buku, tulislah review buku yang telah kau baca atau hal apa pun yang terkait buku. Suka membuat cerpen dan puisi? Tulislah cerpen dan puisi karyamu itu. Suka makeup? Buatlah blog beauty, tulislah review produk yang kau gunakan, tutorial makeup, tips dan trik merawat muka, dan segala hal lainnya mengenai kecantikan. Suka fashion? Buatlah blog fashion dan jadilah fashion blogger, tulislah tips dan trik berpakaian, postinglah foto-fotomu dan pakaian yang kau gunakan, hadirilah dan ceritakanlah tentang fashion week, dll. Suka menggambar? Postingalah hasil karyamu beserta sedikit cerita mengenainya, bisa juga dengan membagi ilmumu dengan mengajarkan bgaimana menggambar dan mewarnai itu. Suka membuat kerajinan tangan? Jadilah blogger crafter dan pamerkanlah hasil karyamu tersebut beserta suka dukanya saat membuatnya, juga posting-lah tutorial membuat beberapa barang, siapa tahu ada yang tertarik membuatnya sendiri di rumah. Hanya ingin curhat dan menceritakan pengalaman sehari-hari? Atau mengomentari tentang sesuatu hal? Tentu saja boleh. Atau mungkin kau menyukai semuanya? Seperti saya. Tak masalah, tulislah dan menjadi kreatiflah.

  • Buatlah tampilan blog yang semenarik mungkin.

Tampilan blog yang cantik, menarik banyak pengunjung ke sebuah blog. Kebanyakan mereka melihat dulu bagaimana tampilan sebuah blog, apakah cantik dan menarik mata, baru mulai membaca postingannya (eh, jika begitu harusnya ini diurutan pertama yah). Perlu diperhatikan, blog yang menarik bukan berarti yang ramai dan ngejreng, simpel saja tetapi enak dilihat. Karena jika terlalu berat, dan blog itu membutuhkan waktu yang lama untuk di buka, biasanya pengunjung akan malas dan menutup blog tersebut.

  • Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti. Saya pribadi kurang suka jika berkunjung di sebuah blog dan blog tersebut menggunakan istilah di daerahnya tanpa memberikan catatan kaki yang berisikan arti dari istilah tersebut, juga jika blog tersebut menggunakan bahasa alay atau menyingkat-nyingkat kata yang ia tuliskan.

  • Konsistenlah dalam mengupdate tulisan. Mungkin memang akan sulit jika mengupdate tulisan sehari sekali, tapi paling tidak, dalam sebulan setidaknya updatelah minimal dua tulisan. Jangan sampai pengunjung setia blogmu, melupakanmu... hehehehe

  • Rajin-rajinlah blogwalking. Dengan blogwalking selain menambah teman dan koneksi, juga membuat kita belajar banyak hal tentang dunia per-blog-an. Dari mulai cara menulis, desain blog, info giveaway dan lomba, hingga topik yang sedang hot-hotnya diperbincangkan.

  • Bergabunglah di komunitas blogger.


Apa yang saya tahu tentang B Blog?

B Blog adalah anak perusahaan dari Cyberbuzz yang merupakan anak perusahaan dari CyberAgent Inc, dimana sejak lima belas tahun telah menjadi salah satu grup internet terkuat di Jepang.

B Blog sendiri merupakan layanan terbatas antara anggota yang memberikan pengalaman menarik saat menyebarkan informasi melalui blog. Dengan bergabung di B Blog, kita bisa mendapatkan akses untuk berkolaborasi dengan premium advertiser.

Singkatnya si B Blog ini adalah perantara antara blogger dengan pihak pengiklan yang ingin produk, event, atau aplikasi (web) terbarunya di post oleh blogger. Para blogger biasanya mendapatkan free sample dan advertiser bisa promosi. Simbiosis mutualisme gitu deh, keduanya bakalan untung... Dan senangnya, blogger tetap bisa mengapresiasikan pendapatnya dengan bebas, gak harus memuji buta pada produk/event/aplikasi yang ia promosikan.

B Blog pun sering mengadakan lomba menulis yang akan melatih kemampuan kita dalam menulis dengan hadiah yang woooowwwww...

Salah satunya yang sedang saya ikuti ini, yang bertemakan B Blog’s, I A.M a Blogger



Ingin ikutan juga? Klik saja ya di sini berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger [3]

Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia (link : www.bblog.web.id) dan di sponsori oleh : @princess_butik (link : www.instagram.com/princess_butik)
@japansoftlens (link : www.instagram.com/japansoftlens)
@keziashop (link : www.instagram.com/keziashop)
@kissindonesia (link : www.instagram.com/kissindonesia)
@lumiere_corner (link : www.instagram.com/lumiere_corner)
@galerikuku (link : www.instagram.com/galerikuku)

You Might Also Like

2 comments

  1. paparannya keren dan manstab... maen-maen ke blog aku dong..

    ReplyDelete
  2. semoga bermanfaat, amin..

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad