Kau Berubah, Tetapi Kau Tetaplah yang Dahulu

12:18 am

Ketika kau menengok kebelakang, kau mendapati banyak hal yang tak lagi sama. Ternyata kau pun bertumbuh. Gadis kecil yang dahulu pernah ada, kini menjelma sosok seorang perempuan. Kau bertambah tua, tubuhmu berubah, dan banyak hal yang awalnya kau anggap penting, kini terasa sama sekali tidak berarti lagi.

Begitu pun dengan mimpi-mimpimu...

Mimpi yang dulu kau susun sedemikian rupa hingga kau buat daftar kapan dan bagaimana kau akan menggapainya, kini tak lagi berarti. Mimpimu berubah, menjadi jauh-jauh lebih sederhana. Kau tidak akan menolak jika mimpi yang dahulu itu akhirnya kau capai. Tapi kau tak akan membiarkan dirimu bercucuran keringat dan air mata untuk menggapainya. Kau tak akan menghabiskan seluruh waktumu untuk berlari mengejar mimpi itu.

Mungkin orang-orang yang melihatmu akan mengira kau kini menjadi seorang pemalas yang tak memiliki ambisi, mungkin juga itu benar. Tapi apa pedulimu? Kau sama sekali tidak peduli pada pendapat mereka. Ya, sedari dulu kau memang tak pernah peduli pendapat orang-orang tentangmu. Dan kau pun menyadari, kau tetap lah orang yang sama dengan dahulu.

Kau berubah, bertumbuh, menjadi matang, dan dewasa. Tetapi kau tetap kau. Sebanyak apapun yang berubah pada dirimu, kau tetaplah kau. Tetaplah gadis kecil yang egois dan moddyan, yang akan ngambek jika apa yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan, yang selalu percaya pada keberadaan peri, makhluk gaib, makhluk fantasi, dan segala hal yang belum bisa dibuktikan ketidakberadaannya, yang memiliki harga diri sangat tinggi sehingga untuk meminta tolong pun kau malu, yang sangat mudah mengeluarkan air mata; disaat sedih, marah, senang, bahagia, terharu, atau pun bersimpati, tetapi sangat malu dan gengsi memperlihatkan air mata itu. Kau masih tetaplah gadis kecil itu.

Tapi kau pun berubah banyak, ada sosok perempuan di sana. Yang tahu bahwa tidak semua yang kau inginkan bisa terwujud, yang berusaha mengontrol moddyanmu, yang tahu bahwa terkadang kau pun butuh bantuan orang lain dan menebalkan mukanya untuk meminta tolong, yang tak lagi malu menumpahkan segala air matanya di depan seseorang. Kau kini memiliki sosok perempuan itu. Tetapi gadis kecil itu pun tetap ada.

Jadi kau berubah, berubah banyak. Tetapi ternyata kau pun tetap saja orang yang dahulu...

You Might Also Like

2 comments

  1. aku ga berubah sama sekali koq, masih sama seperti pertama kali kamu kenal aku
    #Modus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh bahaya dong :O kalo gak pernah berubah artinya gak pernah belajar :p nah loh

      Delete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad