Wanita-wanita yang Mengubah Dunia

2:59 am




Women Who Changed The World
By Rosalind Horton & Sally Simmons
Textcopyright @ 2006 by Quercus
First published by Quercus Publishing Plc
21 Bloomsbury Square, London, WCIA 2NS
All rights reserved.

Wanita-wanita yang Mengubah Dunia
Penerjemah: Haris Munandar, M.A
Editor: Audina Furi Nirukti, S.I.P
Daniel P. Purba, S,Sos.
Desain Cover: Yudi Nur Riyadi

Penerbit ESENSI, divisi Penerbit Erlangga
28 November 2007

“Kalau kalian memahami kekuatan pasukan yang tengah kita hadapi dan penyebab terjadinya perang ini, kalian akan paham bahwa dalam pertempuran, kalian harus menang atau kalian harus mati. Inilah tekadku, karena kalian punya pilihan, bisa tetap hidup menjadi budak.”
_ Boudicca (Awal abad pertama)

Memerintah lebih dari 400 juta orang di sebuah kekaisaran terbesar di sepanjang sejarah, atau menulis buku yang memicu perang.

Mengubah dunia kedokteran dan memenangi hadiah nobel dua kali, atau membuat sebuah bangsa berduka.

Semua itu bukan dilakukan oleh pria, melainkan oleh wanita-wanita luar biasa yang mengubah dunia.

“Kalau hak-hak pria yang abstrak itu memang ditopang diskusi dan penjelasan, maka hak-hak perempuan atas dasar logika yang sama, juga harus dikedepankan. Sayangnya pendapat yang ada di negara ini tidak begitu.”
_Marry Wollstonecraft 1759-1797

Buku Wanita-wanita yang Mengubah Dunia merupakan kumpulan kisah penuh inspirasi dari lima-puluh-lebih wanita yang menorehkan pencapaian luar biasa. Mereka telah menunjukkan keberanian dalam menghadapi kesulitan. Beberapa bahkan gigih membela keyakinannya sekalipun dengan tebusan nyawa. Pengaruh mereka sangat besar bagi dunia.

Sebagai perayaan atas pencapaian kaum perempuan, buku ini memberikan penghormatan kepada lebih dari lima-puluh wanita luar biasa yang telah memberikan pengaruh abadi bagi kehidupan kita.

Tokoh yang dibahas dalam buku ini beragam, mulai dari penguasa dan pejuang hingga atlet dan penemu, dari penulis dan seniman hinggah pahlawan dan tokoh revolusi. Buku ini merupakan cacatan menyentuh tentang perjuangan, tragedi, dedikasi, dan kejayaan.

Mengikuti alur sejarah, dari Cleopatra hinggah ke Madonna dan Diana, Putri Wales, setiap kisah diceritakan dengan latar belakang masa ketika mereka hidup dan berkarya. Dari setiap tokoh, kita belajar tentang pencapaian, latar belakang, karakter, dan detail-detail lainnya yang menjadikan mereka luar biasa.

Buku ini antara lain memuat kisah hidup Cleopatra, Boudicca, Joan d’Arc, Elizabeth I, Catherine yang Agung, Mary Wollstonecraft, Jane Austen, Ratu Victoria, Florence Nightingale, Emmeline Pankhurst, Marie Curie, Virginia Woolf, Simone de Beauvoir, Bunda Teresa, Rosa Parks, Eva Peron, Margaret Thatcher, Anne Frank, Mary Quant, Germaine Greer, Madonna, dan Diana, Putri Wales.

Dari Indonesia, kita akan melihat kisah Tjut Nja’ Dien sebagai pejuang wanita tanpa pamrih, Kartini sebagai pencetus emansipasi wanita, Megawati sebagai presiden wanita pertama di Indonesia, hinggah Titiek Puspa sang seniman sepanjang masa.

“Tidak akan ada persamaan kedudukan yang utuh sampai kaum perempuan sendiri ikut membuat hukum dan memilih para pembuat hukum.”
_Susan B. Anthon y 1820-1906

Anggapan kita tentang yang menjadikan seseorang hebat tentunya berbeda-beda, apalagi jika itu menyangkut kehebatan/tindakan luar biasa yang mempengaruhi dunia. Beberapa dari perempuan-perempuan yang kisahnya diceritakan di buku ini mungkin saja beberapa orang menganggapnya biasa saja, tidak hebat, dan ada perempuan lain yang lebih pantas di sertakan di dalam buku ini.

Bagi saya buku ini setidaknya menampung cerita hidup perempuan yang pantas untuk kita baca, renungkan, dan mengambil pelajaran dari pengalaman hidup mereka. Buku ini mampu menunjukkan bahwa perempuan sama saja dengan lelaki, mampu melakukan hal-hal yang diperbuat oleh lelaki, tindakan kepahlawanan maupun pembantaian. Buku ini menggambarkan dengan jelas bahwa pada dasarnya manusia itu sama, baik perempuan maupun laki-laki mampu menjadi pribadi yang baik maupun buruk.

Kurangnya buku ini karena ketebalannya hanya 232 halaman dan menceritakan tentang lima-puluh-lebih perempuan sehingga mustahil untuk menjelaskan pengaruh mereka dalam sejarah dengan lebih mendetail... Selebihnya saya menikmati membaca biografi mereka.

“Sepanjang waktu, dari hari ke hari, kita harus terus berjuang bagi kebebasan beragama, kebebasan berbicara, dan kebebasan dari berbagai kebutuhan- semua hal ini sama pentingnya di masa perang maupun di masa damai.”
_Eleanor Roosevelt 1884-1962

Ohh dan tetap saja saya tidak setuju bila dikatakan Kartini adalah pencetus emansipasi ataupun pahlawan di Indonesia ._. Apalagi dia dibuatkan hari khusus untuk diperingati seluruh rakyat Indonesia (_ _”)

“Kalau perempuan tidak dibiarkan berkembang, bagaimana dia tahu sejauh mana bisa berprestasi? Kalau ia tidak pernah melepas sepatu hak tingginya, bagaimana ia tahu seberapa jauh bisa berjalan atau seberapa cepat bisa berlari?”
_Germaine Greer 1939-sekarang

Makasih Kak Videl sudah meminjamkan bukunya ^^

You Might Also Like

2 comments

  1. Ulasan yang menarik mbak, tentang wanita wanita kreatif seperti dirimu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Eka: Makasih mas ^^ hehehe *tersipu-sipu dibilang kreatif* >.<

      Delete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad