Orang Katolik dan Orang Muslim

9:34 pm

"Saya mengobrol dengan seorang pastor Katolik dan seorang pria Muslim yang masih muda, sambil makan siang. Ketika pelayan datang membawa nampan, kami mengambil makanan, kecuali pria Muslim itu, sebab dia sedang berpuasa sesuai ajaran agamanya.
Setelah makan siang selesai dan orang-orang mulai beranjak, salah seorang tamu di situ berujar, "Kalian lihat betapa fanatiknya orang-orang Muslim itu! Untunglah kalian orang-orang Katolik tidak seperti mereka."
"Tetapi kami pun sama," sahut sang pastor. "Dia berusaha mematuhi Tuhan, sama seperti saya. Hanya saja kami mengikuti hukum-hukum yang berbeda." Dan dia mengakhiri ucapannya dengan berkata, "Sayang sekali orang-orang hanya melihat perbedaan-perbedaan yang memisahkan mereka. Seandainya kita memandang dengan rasa kasih yang lebih besar, kita akan lebih banyak melihat kesamaan-kesamaan di antara kita, dan sebagaian dari masalah-masalah di dunia ini akan terselesaikan.""
_Paulo Coelho, Seperti Sungai yang Mengalir

Nb: Saya percaya Tuhan itu satu. Saya yakin tiap agama mengajarkan kebaikan dan kasih sayang dan pada dasarnya kita menyembah Tuhan yang sama hanya cara dan nama yang kita gunakan memanggilnya berbeda. Saya percaya Tuhan menciptakan kita berbeda-beda untuk mengajarkan kita bertoleransi dan saling menyayangi. Tuhan ada dimana-mana dan semuanya, baik itu baik atau buruk datangnya dari Tuhan.
Lalu mengapa mengatas namakan Tuhan untuk berperang? Mengapa karena agama manusia saling membunuh? Padahal perbedaan itu indah~

You Might Also Like

3 comments

  1. Keren, perbedaan kadang yang dipandang orang terlebih dahulu, mereka hanya melihat sisi yang tampak, tanpa memandang apa yang sebenarnya yang menjadi tujuan. Tuhan yang satu tetapi disembah dengan berbagai cara. Best Post.

    ReplyDelete
  2. keren banget tulisannya. agama itu semuanya sama, sama2 baik tujuannya hanya saja caranya yang berbeda :D

    ReplyDelete
  3. Natalius & Devi: Ia :) Jika semua orang sudah menyadari hal itu, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik :) Amin!

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad