Arti Penting Sebuah Gelar

9:26 pm

"Saya ingat, tukang cukur saya bekerja siang-malam supaya anak perempuannya bisa lulus universitas dan memperoleh gelar. Akhirnya anak itu lulus, lalu mencari lowongan kerja ke mana-mana, dan akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai sekertaris di sebuah pabrik semen. Tetap saja tukang cukur saya berkata dengan sangat bangga, "Anak perempuan saya punya gelar."
Sebagian teman saya, dan sebagian besar anak-anak mereka, juga punya gelar. Tetapi belum tentu mereka berhasil mendapatkan jenis pekerjaan yang mereka inginkan. Sama sekali tidak. Mereka masuk universitas karena seseorang berkata--pada masa-masa ketika masuk universitas sangatlah penting--bahwa supaya bisa mendapatkan tempat yang mapan di dunia, orang mesti mempunyai gelar. Dengan demikian, dunia ini kehilangan kesempatan untuk memiliki orang-orang yang sebenarnya adalah tukang-tukang kebun yang hebat, tukang-tukang roti, pedagang-pedagang barang antik, pematung-pematung, dan penulis-penulis.
Barangkali inilah saatnya untuk merenungkan kembali keadaan tersebut. Para dokter, insinyur, ilmuan, dan pengacara memang perlu belajar di universitas, tetapi apakah setiap orang juga perlu berbuat demikian? Biarlah bait-bait puisi Robert Frost ini memberikan jawabannya:

Dua jalan bercabang di dalam hutan, dan aku...
Kupilih jalan yang jarang ditempuh,
Dan perbedaannya besar sungguh."

_Seperti Sungai yang Mengalir, Paulo Coelho

Ps: Membaca ini menyemangati perjalananku. Memantapkan langkahku  ^^ Thanks Meike atas pinjaman bukunya~

You Might Also Like

9 comments

  1. apapun yang dipilih.... asal yakin... maka jalanilah dengan baik...
    *Froggy ngigau*

    ReplyDelete
  2. Froggy: Hehehe ia gy, bener tuh yang kamu bilang :) gak apa ngigau asal jangan jalan sambil tidur aja :p

    Warna-warni: *Toss ^^

    ReplyDelete
  3. Gelar itu nggak penting menurut q.
    yang terpenting ntu belajarnya. Ilmu ilmu nya, sosialnya.

    tetapi kalo mau bekerja di perusahaan pemerintah ato swasta gelar itu penting..

    tapi tanpa gelar kita bisa membuat pekerjaan dan mempekerjakan mereka yang punya gelar..

    ReplyDelete
  4. setuju banget kanda, aku ijin nge-share ya :)

    ReplyDelete
  5. Rivai: Sepakat! Hehehe ^^ Masalahnya bagi sebagian besar orang, bekerja diperusahaan pemerintahan atau swasta itulah yang bergengsi, menjanjikan. Tapi mengapa harus pusing mikirin pendapat orang lainkan?!! :)

    Aksan: Okeh deh kanda ^^

    ReplyDelete
  6. aku suka kalimat: "dunia ini kehilangan kesempatan untuk memiliki orang-orang yang sebenarnya adalah tukang-tukang kebun yang hebat, tukang-tukang roti, pedagang-pedagang barang antik, pematung-pematung, dan penulis-penulis."

    agak terhenyak membaca kalimat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah '\(^-^)/' hidup Paulo Coelho ^^

      Delete
  7. waaaah
    keren keren keren
    aku suka tulisan ini

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad