Untuk Gadis Kecil Sepuluh Tahun yang Lalu

7:40 pm

Dear Dwi…

Sepuluh tahun yang lalu, saat itu kau sedang memasuki dunia yang baru. Kau baru saja menamatkan SD dan segera akan masuk SMP. Kau akan berpisah dengan teman-teman mu yang selama enam tahun ini bersama belajar dan bermain. Entah kapan kalian bisa bertemu lagi. Aku tahu kau tidak sedikit pun merasa takut, kau malah begitu bersemangat memasuki dunia baru. Kau merasa itu sebuah petualangan yang mendebarkan.

Ya, benar, bersenang-senanglah. Nikmati petualanganmu. Temukan teman-teman terbaikmu di sana. Mengenai pelajaran, jangan terlalu memusatkan perhatianmu di sana, kau toh memang anak yang pintar, hanya tak suka ditekan dan didikte. Sedikit rahasia, nantinya kau akan bertemu, berteman, kemudian bersahabat dengan seorang anak yang berkepribadian unik. Dia akan menjadi salah satu sahabat terbaikmu, hingga sepuluh tahun mendatang, bahkan mungkin untuk selamanya. Saranku, ketika kau menunggu pete-pete, jangan ragu menyapa seseorang yang juga sedang menunggu pete-pete yang sama saat itu. Jika kau cukup malu untuk menyapa terlebih dahulu, tenanglah, bersiaplah tersenyum, anak ini akan menghampirimu duluan dan mengajakmu berkenalan. Lalu mengoceh tiada henti. Bersabarlah, lama-lama kau akan menyukai kecerewetannya itu. Namanya Sarah Setirah.

Selain Sarah, kau akan menemukan beberapa sahabat lainnya. Bertahap mereka akan bermunculan. Selain itu kau akan mulai menaksir teman cowokmu. Jangan malu dengan perasaan ini, toh sepuluh tahun mendatang, saat kau menuliskan surat ini dan mengingat kejadian tersebut kau akan menjadi sangat terhibur dan tertawa. Menertawakan cowok-cowok yang kau taksir dan mengapa kau menaksirnya. Menertawakan hayalan-hayalanmu jika kau berpacaran dengannya. Dan terutama menertawakan saat-saat perasaanmu tak berbalas, atau malah berbalas tapi kau malah terlalu malu untuk hanya sekedar menyapa.

Yang paling penting dari semua itu, teruslah menulis di buku harianmu dan di manapun kau ingin menulis sayang. Dan jangan lupa menamakan buku harianmu itu, “Ghaza”. Ghaza akan menjadi satu-satunya sahabat yang mengetahui rahasia dan ambisi terkelammu. Dia akan menemanimu melewati saat-saat tersulit dalam hidupmu. Dan membantumu mengenali, mengerti, dan memahami dirimu sendiri. Dengan adanya Ghaza kau akan tetap utuh, waras, dan ada saat menghadapi cobaan dua tahun mendatang. Berbahagialah dengan ketidaktahuanmu.

Dan terakhir Dwi, aku bangga kepadamu. Sangat bangga. Terimakasih karena telah menjadi anak yang tidak takut akan perubahan dan menikmati hal-hal baru. Terimakasih telah menghadirkan dalam kehidupanmu, kehidupanku, seorang Ghaza…

Makassar, Minggu 19 Februari 2012
Dwi Ananta

*Awalnya ini diniatkan untuk ikutan #dearyoungerme tapi karena suatu hal jadi baru bisa diposting sekarang

You Might Also Like

12 comments

  1. kenapa namanya Ghaza ?

    ReplyDelete
  2. Ummy: Hmm... Kenapa ya? ._. aku suka nama itu :p sudah lupa liatnya pertamakali dimana, jatuh cinta dengan namanya dan sudah dipersiapkan untuk nama anak nantinya V^^

    ReplyDelete
  3. yippiii.... ketemu pete lagi... :)

    ReplyDelete
  4. Makassar bisa tonji, hehe...

    ReplyDelete
  5. Froggy: hehehe... pete-pete itu sebutan untuk mobil angkutan di Makassar gy :)

    Nhinis: Hehehe ia :D

    ReplyDelete
  6. itu kan cerita dari sd ke smp, sekarang sudah kuliah, diceritain juga dong dwee ...

    ReplyDelete
  7. aku juga bingung. . . . semua manusia punya keistimwaan sendiri dlam hidup termasuk dweedy

    ReplyDelete
  8. Mbak Hany: Kapan-kapan deh mbak, kalo saya sudah merid :p

    Susu segar: :)

    ReplyDelete
  9. wah, met kenal. ijin follow ya

    ReplyDelete
  10. Ami: Met kenal juga Ami :)

    ReplyDelete
  11. Ah dwee, kamu memang berbakat menjadi seorang penulis. Tak sabar menunggu bukumu terbit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh makasih :) untuk buku saya sendiri si belum ada, tapi buku antologi dengan penulis lain sudah ada mas :)

      Delete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad