Pilihan

3:46 pm

Dan tibalah hari dimana Hercules merasa sudah waktunya ia memutuskan bagaimana menggunakan kekuatan luar biasa yang diberikan para dewa kepadanya; untuk menentukan hal tersebut ia bersemedi seorang diri di tempat yang sepi dan terpencil di tengah hutan.
Saat sedang bersemedi itulah, tiba-tiba dua perempuan cantik muncul di hadapannya. Perempuan pertama tampil dengan sikap penuh tipu daya dan luar biasa, wajahnya dirias dan pakaiannya mencolok serta menarik perhatian; sedangkan perempuan kedua memiliki pembawaan mulia dan berpenampilan sederhana. Kedua perempuan itu adalah Vice (kejahatan) dan Virtue (kebenaran).

Vice melangkah ke depan dan berkata kepada Hercules: “Jika kau melangkah di jalanku dan menjadikan aku temanmu, hidupmu akan dipenuhi dengan kesenangan dan kenikmatan. Kau akan merasakan segala bentuk kenikmatan yang bisa didapat di dunia ini; makanan dan minuman anggur terbaik, tempat tidur termewah dan perempuan tercantik akan selalu tersedia untukmu, dan semua ini tersedia tanpa kau mengeluarkan keringat, baik secara fisik maupun mental.”

Kemudian Vitrue berbicara, ia berkata: “Jika kau mengikutiku dan menjadi temanku, aku akan menghadiakanmu hati nurani yang baik, serta cinta dan rasa hormat dari sesama  manusia. Aku tak bisa memenuhi jalanmu dengan bunga mawar, atau memberimu kehidupan penuh kemalasan dan kenikmatan, karena kau harus tahu bahwa para dewa takkan mengabulkan hal yang kau inginkan jika tidak dengan kerja keras. Dan apa yang kau tanam, itulah yang akan kau tuai.”

"Siapa yang akan diikuti oleh Hercules?"
"Ahhh... Aku tidak mengambil pusing apa yang akan dipilih oleh Hercules!"
"Lalu ini semua untuk apa?"
"Hanya tentang hidup itu sendiri... Suatu saat akan datang sebuah pilihan pada kita, pilihan berbuntut pada jalan manakah yang akan kita ambil, teman seperti Vice atau Vitrue-kah yang akan kita pilih untuk menjalani perjalanan kita."

Pada kenyataannya setiap manusia, tidak perduli dia seorang pahlawan atau bukan, suatu saat akan dihadapkan kepada dua pilihan tersebut. Bahkan tidak hanya sekali, berkali-kali Vice dan Vitrue akan mendatangi kita, menawarkan sebuah pilihan. Vice dan Vitrue, atau yang lebih umum, malaikat dan iblis, akan selalu bertarung di dalam diri manusia, berusaha mengumpulkan pengikut sebanyak mungkin. Lalu jalan apa yang akan kita ambil? Karena yang ku ketahui setiap manusia berpotensi menjadi jahat atau baik.

Jadi siapa yang akan kita pilih?

“Semuanya hanyalah masalah pengendalian diri. Dan pilihan.”
_The Devil and Miss Prym, Paulo Coelho


*Gambar diambil disini



You Might Also Like

4 comments

  1. nice thinking dwee, dan saat kita sampai pada saat menentukan pilihan itu semoga kita dapat memilih jalan yg paling tepat

    bdw aku blom baca novel coelho yg itu

    ReplyDelete
  2. Pilih mana ya? wajah timmy berhati serigala atau wajah leak berhati timmy? hihihi...

    ReplyDelete
  3. hhhmmmm.... kayaknya aku pernah nonton film hercules deh. . . .

    ReplyDelete
  4. Gerandis: Semoga saja ya kita bisa memilih jalan yang benar :)
    Baca deh, ceritanya simple tapi dalam makna, khas Paulo Coelho si :)

    Froggy: Hihihi... saya pilih wajah timmy berhati timmy deh gy :p

    Susu Segar: Oh ya? Bagus gak?

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad