Anne Frank dan Siklus Lingkaran Setan

1:58 pm


“Di mata dunia, kami dihukum, tetapi seandainya, setelah semua penderitaan ini, masih ada orang Yahudi yang tersisa, orang-orang Yahudi akan mengangkat kami sebagai sebuah contoh. Siapa yang tahu, mungkin karena agama kami akan mengajarkan pada dunia dan semua orang di dalamnya tentang kebaikan, dan itulah alasannya, hanya itu, mengapa kami harus menderita. Kami tidak akan pernah menjadi orang Belanda, ataupun orang Inggris, atau apa pun, kami akan selalu menjadi Yahudi. Dan kami harus tetap menjaga untuk menjadi Yahudi, dan kami akan mewujudkannya.

Berani! Ingat tugas kita dan laksanakan tanpa mengeluh. Akan ada jalan keluar. Tuhan tidak pernah meninggalkan orang-orang kami. Bertahun-tahun orang-orang Yahudi harus menderita, tetapi bertahun-tahun mereka tetap hidup, dan abad-abad penderitaan hanya membuat mereka semakin kuat. Yang lemah akan jatuh dan yang kuat akan tetap bertahan dan tidak terkalahkan!” _Anne Frank

Saat membaca Catatan Harian Anne Frank pada bagian ini, terlintas di benak saya, “Bagaimana perasaan Anne bila mengetahui bahwa sebagian besar orang-orang Yahudi yang ia percayai akan mengajarkan dunia dan semua orang di dalamnya tentang kebaikan malah berlaku, bertindak tak beda jauh dengan Hitler, dan Nazi itu sendiri?” Mereka menjajah kemudian mengusir penduduk Palestina dari kampung halaman mereka. Apa bedanya sebenarnya Nazi dan Zionis itu?

Lalu menilik kebelakang, Hitler membenci Yahudi karena suatu hal di masa lalu yang tak mengenakkan dengan seorang keluarga Yahudi. Dendam. Ya, dendam yang membuat semua ini terjadi. Hitler mendendam pada Yahudi, membantai keluarga-keluarga Yahudi yang tak bersalah, Hitler jatuh, bangsa Yahudi berkumpul dan menjajah suatu daerah dengan alasan kekuatan, atau mungkin eksistensi, Palestina menderita, umat muslim marah, dan dendam pada Yahudi. Menyamaratakan semuanya, beranggapan semua Yahudi bersalah dan harus dimusnahkan. Tak salah bukan bila kukatan ini sebuah siklus lingkaran setan?

Aku yakin diluar sana masih banyak umat Yahudi yang menentang ulah Zionis dan salah rasanya bila anak-anak kecil muslim diajarkan menyamaratakan semua Yahudi. Jangan sampai suatu hari nanti kita berlaku sama dengan Nazi dan Zionis itu, apa bedanya nanti kita dengan mereka? Dan kapan kita akan bisa keluar dari lingkaran setan ini?


You Might Also Like

2 comments

  1. tambah penasaran mau baca buku ini. penerbitnya apa?

    ReplyDelete
  2. Penerbitnya “Jalasutra”, sulit didapatkan disini.

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad