Belajar Teliti dan Sabar dari Menjahit

1:36 pm

Tak terasa sudah hampir dua minggu aku mengikuti les menjahit. Tak jarang banyak teman ku yang bertanya "Untuk apa?", dan untuk menjawab pertanyaan mereka saya malas. Malas menerangkan. Intinya saya ingin bisa membuat baju bahkan pernak-pernik unik sendiri. Bermula dari berkunjung ke blog orang-orang kreatif ini; Oma Anna, Mbak Puri, Sew Stories, dan Pojok Utak Atik, saya terinspirasi untuk berkarya :p Kagum saya dengan mereka-mereka ini. Nah, bermodalkan keinginan mencipta barang yang unik seperti mereka dan kebetulan sedang banyak waktu luang, maka mendaftarlah saya di sebuah tempat kursus menjahit.

Awal April aku memulai les ku yang pertama. Mengukur dan membuat pola adalah hal yang pertama kali diajarkan. Membuat pola ternyata tak semudah yang kubayangkan, terlebih pola untuk sebuah baju. Padahal aku baru membuat baju kecil sebagai contoh. Sangat banyak kesalahan yang ku lakukan. Mulai dari salah menggunakan skala, salah mengukur, salah menghitung pembagian pola, hingga salah menggunting. Kesal rasanya, tak jarang aku harus mengulang dari awal karena kurangnya ketelitian ku. Terkadang habis kesabaran ku, hingga ingin menangis.

 Ini dia peralatan menjahit ku :D Penjahit pemula :p

Sebenarnya aku memang orang yang paling tak bisa teliti di dunia ini. Semua pekerjaan yang kulakukan selama ini kukerjakan dengan cepat dan ringkas. Aku mudah bosan. Tak suka mengerjakan sesuatu tang monoton. Dalam hal kesabaran pun begitu. Lain hal dalam menyikapi hidup, aku bisa sabar. Tapi untuk mengerjakan pekerjaan yang lama, aku tak bisa. Tapi selama les ini, aku diajarkan bahkan dituntut untuk teliti dan sabar. Tak mudah awalnya, tapi berbuah manis setelahnya. Rasanya begitu membahagiakan bila pekerjaan ku tak salah lagi dan aku bisa melanjutkan ketahap selanjutnya.

Baju contoh dan polanya.



You Might Also Like

9 comments

  1. untuk menjahit baju, memang memerlukan kesabaran dan ketelitian yang lebih. tp yakin deh mba, hasilnya nanti pasti akan sebanding dengan pengorbanan mba mengikuti les menjahit.(saya juga ikutan kursus menjahit loh, tp blm terlalu mahir).
    T E T A P S E M A N G A T, MBA ^.^

    ReplyDelete
  2. waktu SD ada pelajaran menjahit di sekolah. Saya berhasil membuat satu celana loh kak dengan menggunakan mesin jahit. tapi akibatnya mesin jahitnya Omaku jadi rusak...hahaha..

    ReplyDelete
  3. aku suka kok menjahit..
    *kepriaannya dipertanyakan*

    sabar donk, nanti hasilnya memuaskan.. nagih deh.

    ReplyDelete
  4. Mbak Griya Hobi Fitria: Wahhh... kita sama ikutan les :p Ia mbak, makasih loh udah mampir :p SEMANGAT!!!

    Meike: Deh kalo sepuluh jahitan ko disuruh artinya sepuluh mesin jahit yang harus ko beli :p Hahaha...

    Greatqo: Menjahit bukan hanya untuk perempuan loh. Saya rasa bila ada cowok yang hobby menjahit itu sah-sah saja :)
    Makasih semangatnya :)

    ReplyDelete
  5. ntar di poskan, gimana bikin polanya ya...

    ReplyDelete
  6. Iaaaa... ~(^O^)~
    asalkan di ajarin terbang :p

    ReplyDelete
  7. Dmks tempat lesnya menjahitnya dmana ya ?? Mau dongg

    ReplyDelete
  8. Saya lesnya di Adhyputri yang sampingnya Catrinabooth. Ada juga yang di Jampea dan andalas. Masih banyak juga si sebenarnya :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad