Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta

2:21 pm

-->
Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta
Oleh: Seno Gumira Ajidarma

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Ilustrasi Utama: Gendut Riyanto

Perwajah: Sofnir Ali

Berceritalah cintaku bukakan tubuhmu di atas sofa ini
Mengapa kau selalu berangkat dari kelam ke kelam
dari kecemasan sampai ke istirahat-dalam-kecemasan.
_Conrad Aiken

Buku ini memuat empat belas kisah pendek tentang sisi lain cinta. Cinta yang kita ketahui memiliki dua sisi, manis dan pahit, bahagia dan derita. Cinta yang tidak seperti kisah dongeng yang melulu berakhir dengan "Happly Ever After". Cinta yang tidak selalu pas. Dalam buku kumpulan cerita pendek ini, penulisnya merekam peristiwa cinta yang menghinggapi pasangan-pasangan yang tidak pas tersebut: antara seorang gadis dengan suami orang, antara seorang suami dengan isti orang lain, antara seorang istri dengan pria lain entah siapa, bahkan cinta antara pasangan sejenis. Namun, antara pasangan yang resminya pas, boleh, dan halal, ternyata cinta pun tidak dengan sendirinya beres. Selalu ada Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta dalam kehidupan nyata, bukan dongeng.

Sejujurnya ini kali pertama saya membaca karya Seno Gumira Ajidarma. Saya bahkan baru mengenal namanya saat membaca buku ini. Sudah barang tentu saya tidak dapat membandingkan dengan karya-karyanya yang lain. Di buku ini, Seno begitu mampu menggambarkan kejahanaman cinta. Cinta yang palsu dari kepenatan hiruk pikuk kota metropolitan. Saya menikmati setiap ceritanya.

Dan ada tiga  dari empat belas kisah yang paling saya sukai yakni: “Kasih & Sepatu Ballet”, “Dua Lelaki”, dan “Wanita di Muka Cermin”.

You Might Also Like

2 comments

  1. benar kan Seno bisa membuat kita menemukan cinta "yang lain" yang jauh dari dongeng2 merah muda...^^

    ReplyDelete
  2. Coba baca “Keindahan dan Kesedihan” karya Yasunari Kawabata deh. Sangat kelam. Cinta yang kelabu cenderung hitam malah.

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad