C.M.B

2:40 pm

C.M.B
Motohiro Katou

“Untuk melihat apa yang ada setelah ini, akan dikenakan biaya.”
_C.M.B, Motohiro Katou

Zaman pejajahan. Era dimana benda-benda unik dan langka hasil temuan para penjelajah berkumpul di Eropa. Para bangsawan mengumpulkan barang-barang itu dan memamerkannya sebagai ‘koleksi’. WUNDER KAMMER (Kamar Keajaiban), demikianlah orang-orang menyebut ruang pameran tersebut. Tumbuhan, hewan, karya seni yang tak pernah dilihat sebelumnya... Dunia tak dikenal yang terbentang di hadapan mata itu membangkitkan antusiasme orang-orang.

Lalu di abad ke-18. Koleksi para bangsawan tersebut dikumpulkan, dan dari situ lahirlah apa yang dikenal dengan “The British Museum”. Memasuki abad ke-19, British Museum memulai penelitian barang-barang koleksi mereka. Monster tak dikenal selama ini tertidur di dalam kegelapan ‘Wunder Kammer’, mulai tersentuh oleh cahaya ilmu ‘pengetahuan’ dan diperlihatkan keseluruh dunia.

Ratu Charlotte, penguasa Inggris dimasa itu memilih tiga orang bijak yang ditugasi sebagai pelindung pengetahuan. Kepada mereka dianugerahkan gelar kesatria, serta cincin sebagai pelambangnya; C, M, dan B. Konon, cincin itu terus diwariskan secara turun-temurun oleh tiga orang bijak, kepada murid terbaik mereka.

200 Tahun kemudian… Jepang.

Di sebuah sekolah SMA swasta Meiyu tempat “Tatsuki Nanase” bersekolah terjadi kasus pembunuhan di ruangan Biologi. Penanggung jawab ruangan Biologi tersebut secara misterius menghilang dan akhirnya menjadi tersangka. Nanase yang emosional dan berjiwa keadilan berniat menyelidiki kejadian tersebut. Hal itu membawanya pada sebuah museum kecil yang terletak di tengah hutan, “Museum Shinra”. Disanalah dia bertemu dengan Shinra Sakaki, pemilik museum dan warisan penjaga ilmu pengetahuan, ketiga cincin, C, M, dan B. Maka dimulailah petualangan demi petualangan mereka.

Seperti komik Q.E.D karangan Motohiro Katou yang lainnya, komik ini pun merupakan cerita misteri. Tapi berlainan dengan Q.E.D yang lebih pada ilmu alam dan masalah sosial, C.M.B mengisahkan tentang misteri harta yang hilang, fosil, sejarah, mitologi, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan museum dan Arkeologi.

Komik ini berhasil membuat saya terpesona oleh fakta-fakta sejarah dan ilmu pengetahuan yang dengan cerdik disisipkan oleh si pengarang. Kita diajaknya menguak misteri piramid, menorah, tengkorak cristal, alien, dan hal-hal lainnya yang terkait. Yang berminat pada Arkeologi dan Sejarah saya rasa wajib membaca komik ini.


You Might Also Like

0 comments

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad