Kitchen

10:46 pm

“Kalau manusia sama sekali tidak pernah merasa putus asa, kita tidak akan tahu bagian mana dari diri kita yang tak sanggup kita singkirkan. Lalu kita akan tumbuh dewasa tanpa benar-benar mengerti apa saja yang bisa membuat kita gembira.”
_Kitchen

Bagi yang sudah membaca bukunya Banana Yoshimoto; “Kitchen”, tentu sudah tidak asing lagi kan dengan kalimat diatas?!! Kalimat yang dikatakan oleh Eriko-san ini sejenak membuatku berfikir (merenung mungkin), tidak ada yang sia-sia di dunia ini, bahkan rasa putusasa pun mempunyai manfaat bagi diri kita. Novel ini segera membuat ku jatuh hati. Pertama membuka sampulnya yang berlatar putih dan hanya bergambar panci merah, kesan sederhananya sangat terasa, dan memulai membaca kata perkata kalimat yang terangkum membuatku… Bahagia? Hmmm… Aku tak bisa mendapatkan kata-kata yang tepat di sini. Membuat ku melayang mungkin, keindahan kata-kata yang dia pergunakan sungguh membuatku tak bisa melepaskan buku ini hingga selesai.

Dalam satu buku Kitchen ini, kita bisa membaca dua cerita yang keduanya sama bagusnya. Cerita pertama berjudul Kitchen (yang dijadikan judul buku ini) dan cerita ke dua berjudul Moonlight Shadow. Secara pribadi aku sangat menyukai cerita kedua, Moonlight Shadow, yang begitu menyentuh menurutku.

Seperti biasa aku malas menuliskan sinopsis suatu buku, sudah banyak kurasa yang menuliskan sinopsisnya, jadi aku cuma mengomentari buku ini. Kusarankan bagi pecinta karya sastra untuk membaca buku ini. Kitchen ini betul-betul berbeda dari karya sastra Jepang yang pada umumnya berakhir tragis (kecuali pada manganya, tapi apakah manga suatu karya sastra?).

“Satu karavan sudah berhenti, satu caravan lain akan berangkat. Aku akan berjumpa dengan orang-orang baru; aku tak akan berjumpa lagi dengan sebahagian orang lain. Ada orang yang kelak akan meninggalkanku, ada orang yang hanya akan berpapasan denganku. Bahkan bila kita telah bertukar sapa pun, perlahan-lahan kenangan akan hilang. Aku harus tetap berjalan, seperti aliran sungai di depan mataku.”
_Moonlight Shadow

You Might Also Like

0 comments

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad