Mengenyam pendidikan itu susah?

9:43 pm

Mengapa di Indonesia untuk mengenyam pendidikan yang bermutu sangat susah?

Mulai dari biaya pendidikan yang mahal, sistem pendidikan yang buruk, hingga bangunan-bangunan sekolah yang tidak layak pakai. Bahkan seorang guru yang kita kenal sebagai pendidik pun yang paling banyak mengambil andil dalam pembodohan siswa

Pendidikan Indonesia hanya untuk orang yang mampu membeli kursi kuliah dengan harga yang tinggi tanpa mementingkan kompetensi akademiknya”(Pembodohan siswa tersistematik,M Joko Susilo)
Bagai manakah nasip anak-anak yang terlahir dari orang tua yang tidak mampu? Sedangkan kita tahu, 49% rakyat Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan. Haruskah mereka putus sekolah?Padahal, Pasal 31 Amandemen UUD 1945 Ayat (1) menyatakan, Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, dan Ayat (2) menyatakan, Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Gedung sekolah yang rusak juga menjadi fenomenal yang biasa di Indonesia. Tidak jarang kita melihat banyak siswa yang terpaksa belajar di tenda-tenda darurat bahkan di kolong jembatan. Ironis memang, pemerintah bisa membiyai jalan tol bermilyar-milyar, tetapi tidak bisa memperbaiki sekolah-sekolah yang rusak.

Sekolah kita tidak hanya rapuh dari segi fisik (banyak sekolah proyek inpres mulai ambruk), tetapi juga rapuh berhadapan dengan kekerasan dari luar yang merengsek eksistensinya, mulai dari cara-cara yang halus melalui metode pembelian buku serta berbagai macam bisnis yang yang mengatas namakan kepentingan sekolah, sampai cara paling kasar, pengerahan massa, penggusuran sekolah, serta penutupan kegiatan belajar-mengajar dengan cara menembok jalan masuk sekolah.”(Pembodohan siswa tersistematis, M. Joko Susilo)

You Might Also Like

0 comments

Terimakasih atas komentarnya :) Maaf untuk yang meninggalkan komen dengan link hidup, terpaksa saya hapus.

Part of B Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Beautiesquad